Jenis Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

makanan untuk kulit sehat

makanan untuk kulit sehat

Kulit, merupakan salah satu organ pada tubuh kita yang sangat penting. Kulit berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari serangan bakteri, virus, bahan kimia serta perubahan cuaca.

Kulit juga mengandung pigmen melanin yang berfungsi untuk melindungi diri kita dari bahaya sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Mengingat begitu pentingnya fungsi dari kulit, maka kita perlu menjaga kesehatan kulit kita.

Kita bisa melakukan berbagai macam cara untuk menjaga kulit kita tetap sehat, salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan kulit. Ada begitu banyak jenis makanan yang diketahui mampu menjaga kulit tetap sehat, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, meliputi:

  • Ikan

Ikan merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin, mineral serta omega 3. Omega 3 merupakan komponen yang ikut berperan dalam meningkatkan elastisitas kulit serta mampu mengurangi keriput pada kulit wajah.  Asam lemak Omega 3 tidak diproduksi oleh tubuh kita, maka dari itu kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3.  Beberapa jenis ikan yang banyak mengandung omega 3, meliputi ikan salmon, sarden, tuna, herring serta makarel.

  • Kacang-kacangan
kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan vitamin A, E serta omega 3. Vitamin E akan membuat kulit kita tetap lembab, mencegah kekeringan serta membuat kulit kita tampak lebih muda. Vitamin E mampu memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit dengan cara melindungi kulit kita dari sinar ultraviolet. Mengkonsumsi kacang-kacangan akan membuat kulit kita tetap sehat serta menjaga kulit tetap kenyal.  Kacang almond, walnut, kenari serta pistachio mengandung banyak asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

  • Wortel

Wortel adalah rajanya sayuran. Wortel banyak mengandung vitamin A, yang selain baik untuk mata juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Bila anda tidak suka mengkonsumsi sayuran berdaun seperti bayam maupun brokoli, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi wortel demi menjaga kesehatan kulit.

  • Bayam

Bayam kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi bayam secara rutin akan membantu menghilangkan jerawat serta membuat kulit menjadi lebih sehat.

  • Kentang

Kentang mengandung vitamin C serta potassium yang akan ikut berperan dalam pembentukan kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat mengurangi keriput pada kulit serta mempertahankan kulit kita tetap kenyal.

  • Buah beri

Semua jenis buah beri, seperti blueberry, strawberry, blackberry dan lain sebagainya merupakan buah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas bisa terjadi karena berbagai macam hal dan untuk menangkal serangan radikal bebas, tubuh kita perlu antioksidan.

  • Alpukat
buah alpukat

buah alpukat

Alpukat memang mengandung lemak. Namun, lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak baik yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Alpukat juga kaya akan vitamin E yang berperan dalam menghambat penuaan serta membersihkan kulit kita. Mengkonsumsi alpukat setiap hari akan membuat kulit serta tubuh kita tetap sehat.

  • Serealia utuh

Serealia utuh seperti gandum utuh maupun beras merah sangat baik untuk kesehatan kita. Serealia utuh mengandung protein, vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Selain baik untuk kesehatan kulit, serealia juga ikut berperan dalam menurunkan kadar kolesterol serta mampu mencegah terjadinya penyakit jantung.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk kulit, rambut, kuku serta mampu menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.  Minyak zaitun adalah jenis makanan yang kaya akan antioksidan. Seperti yang kita ketahui bersama, lemak berfungsi untuk melarutkan berbagai vitamin, seperti vitamin A, C dan E yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Selain minyak zaitun anda juga bisa menggunakan minyak biji bunga matahari serta minyak wijen.

  • Teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan yang terdapat dalam teh hijau mampu membalikkan oksidasi serta mencegah terjadinya peradangan maupun keriput pada kulit. Agar kulit tetap sehat, cobalah untuk mengkonsumsi teh hijau secara rutin.

  • Air

Hampir 70% dari tubuh kita terdiri dari air. Kekurangan cairan atau dehidrasi mampu menyebabkan kulit menjadi kering serta tampak bersisik. Minum air paling tidak 8 gelas setiap hari akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan kencang.

  • Brokoli
sayuran kukus

sayuran kukus

Brokoli mengandung vitamin A yang sangat baik untuk meningkatkan proses pergantian sel-sel kulit. Sel-sel kulit yang mati akan langsung diganti dengan sel kulit yang baru. Jadi dengan mengkonsumsi brokoli, maka kulit kita akan tetap sehat serta menjadi tampak lebih segar.

  • Tomat

Tomat merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, kandungan likopen dalam tomat merupakan kandungan yang bersifat antioksidan. Kandungan likopen dalam tomat tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, namun juga dapat mencegah terjadinya kanker.

  • Anggur

Anggur kaya akan vitamin C. Vitamin C akan meningkatkan daya tahan tubuh serta mampu mengurangi masalah penuaan maupun keriput pada kulit.

  • Semangka

Semangka merupakan buah yang banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Daging buah  semangka kaya akan kandungan vitamin A, B, C dan air, sedangkan biji semangka kaya akan lemak baik, selenium, seng serta vitamin E. Baik daging buah dan bijinya dapat kita konsumsi untuk menangkal serangan radikal bebas serta mencegah penuaan dini.

  • Ubi

Ubi juga termasuk jenis makanan yang kaya akan vitamin A, B, C, potassium serta kalsium. Selain itu, ubi juga dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Ubi juga dapat mencegah terjadinya peradangan. Maka dari itu, mengkonsumsi ubi akan baik sekali untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Daging merah

Beberapa orang memiliki kulit yang tampak buruk karena kekurangan zat besi. Orang yang kekurangan zat besi, umumnya memiliki kulit yang tampak pucat. Daging merah merupakan jenis makanan yang kaya zat besi. Sebaiknya, konsumsilah daging merah secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan.