Jenis Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

sayur dan buah-buahan

sayur dan buah-buahan

Tubuh kita membutuhkan asupan makanan yang bergizi sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Tentunya, kita perlu mengetahui jenis makanan apa yang baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh kita.

Organ tubuh yang sehat tentunya akan membuat tubuh kita semakin sehat secara menyeluruh. Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja jenis makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan organ tubuh kita.

Berbagai jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh kita, adalah:

  • Mata

Untuk menjaga kesehatan mata, kita perlu mengkonsumsi wortel serta telur. Wortel merupakan sumber vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan organ mata. Sedangkan telur mengandung lutein, karotenoid, zeaxanthin serta antioksidan lain yang dapat membantu memperlambat proses penuaan organ mata.

Telur yang bagian kuningnya berwarna pekat mengandung banyak zeaxanthin serta lutein. Cukup konsumsi 1 butir telur setiap hari untuk mendapatkan segala manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata.

  • Otak
sayuran kukus

sayuran kukus

Brokoli, sawi putih, kembang kol serta sayuran lain yang mengandung asetilkolin akan snagat baik untuk menjaga kesehatan otak serta meningkatkan daya ingat.

Dengan mengkonsumsi sayuran seperti brokoli serta kembang kol akan memperlambat proses penurunan fungsi kognitif. Sebaiknya jangan dimasak terlalu matang karena semua kebaikkannya untuk menjaga kesehatan otak akan hilang.

  • Kulit

Jenis makanan yang baik untuk menjaga kulit adalah tomat serta semangka. Tomat memiliki antioksidan alami yaitu likopen yang baik untuk kesehatan kulit karena dapat mengurangi resiko sengatan matahari.

Likopen juga terdapat dalam buah semangka sehingga semangka juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Hidung

Jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan organ hidung adalah biji bunga matahari. Biji bunga matahari serta biji-bijian yang lain yang kaya akan vitamin E akan menjaga kesehatan organ hidung anda dan terhindar dari rhinitis.

Vitamin E merupakan antioksidan yang baik untuk melindungi kekebalan tubuh , sehingga anda akan tetap sehat dan tidak mudah sakit.

  • Bibir

Mengkonsumsi walnut secara rutin akan dapat melembabkan bibir yang kering. Walnut mengandung asam omega 3 yang baik untuk proses metabolism tubuh kita.

Selain dapat menjaga kesehatan bibir, walnut juga dapat menjaga kesehatan organ otak.

  • Mulut
buah kiwi untuk menjaga kesehatan

buah kiwi untuk menjaga kesehatan

Jenis makanan untuk menjaga kesehatan meliputi kiwi, jambu biji serta jeruk dan buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C.

Buah-buahan yang mengandung vitamin C akan menjaga kesehatan mulut dan menjauhkan anda dari masalah seperti gusi berdarah. Selain itu, vitamin C juga baik untuk melindungi gigi serta menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  • Kuku

Kuku memiliki banyak lapisan keratin. Agar kuku anda selalu sehat, tidak mudah pecah serta tetap berkilau sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung protein serta zat besi.

Makanan yang mengandung protein serta zat besi adalah daging sapi. Makanlah daging sapi untuk menjaga kesehatan kuku anda, namun sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan.

  • Payudara

Kembang kol merupakan jenis makanan yang dapat menjauhkan kita dari penyakit kanker, khususnya kanker payudara.

Kembang kol akan merangsang sekresi dalam tubuh kita untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C juga bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan payudara.

  • Jantung

Makanan yang kaya akan asam folat seperti pisang, alpukat serta bayam, akan baik untuk menjaga kesehatan organ jantung.

Asam folat berguna untuk mengurangi homostein yang merupakan suatu asam amino yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan yang nantinya akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung.

  • Paru-paru
apel merah

apel merah

Makanan yang baik untuk menjaga organ paru-paru meliputi buah serta sayuran. Buah yang baik untuk kesehatan paru-paru adalah apel.

Apel merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan alami. Apel bermanfaat untuk meningkatkan fungsi paru-paru serta membantu pengidap asma untuk dapat bernapas dengan lebih mudah. Sayuran seperti brokoli, kale, kubis serta kembang kol juga baik untuk kesehatan paru-paru. Sayuran seperti ini mengandung antioksidan untuk mencegah kanker paru-paru serta klorofil yang dapat membersihkan serta membuat darah kaya akan antioksidan

  • Pencernaan

Jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan meliputi tempe, tahu serta yoghurt. Selain itu makanan seperti sayuran serta buah-buahan yang mengandung serat juga baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Tempe dan tahu merupakan jenis makanan yang berasal dari kacang kedelai.

Kacang kedelai mengandung probiotik yang dapat memperbaiki fungsi pencernaan. Yoghurt juga mengandung probiotik yang juga memiliki manfaat yang sama. Sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat akan memperlancar keluarnya racun dalam tubuh kita menjadi kotoran.

  • Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, tubuh kita perlu magnesium. Makanan yang kaya akan magnesium serta kalsium. Makanan yang banyak mengandung magnesium adalah bayam serta alpukat, sedangkan makanan yang kaya akan kalsium adalah susu serta keju.

Cokelat juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang. Magnesium akan meningkatkan kepadatan tulang dalam tubuh kita sehingga tidak mudah keropos.

  • Ginjal
paprika

paprika

Jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan organ ginjal, meliputi paprika, putih telur, kembang kol, kubis serta ikan.

Paprika baik sekali untuk membersihkan darah sehingga nantinya akan mengurangi beban kerja ginjal. Putih telur merupakan sumber protein yang rendah fosfor. Kembang kol serta kubis berfungsi untuk menangkan racun serta menyingkirkan berbagai radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Mengkonsumsi kubis mentah baik untuk mereka yang memiliki masalah ginjal.

  • Otot serta persendian

Jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan otot serta persendian adalah ikan, minyak zaitun, alpukat serta kacang-kacangan seperti kacang kedelai. Makanan tersebut mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menjaga dan melindungi otot serta persendian dari kerusakan.