Jenis Makanan Yang Mampu Menyehatkan Rambut

rambut sehat

rambut sehat

Sama seperti kulit kita, rambut merupakan bagian dari tubuh kita yang sangat rentan sekali mengalami kerusakan. Kebanyakan orang menghabiskan waktu yang lama untuk mengatur rambut, namun tidak pernah memperhatikan kesehatan dari rambutnya.

Kita perlu memastikan kesehatan rambut untuk mencegah terjadinya berbagai ganguan pada rambut, seperti rambut rontok, rambut kering, rambut bercabang, pertumbuhan rambut yang lambat serta perubahan warna rambut.

Terkadang factor usia juga mampu memicu kerusakan pada rambut. Kebanyakan kerusakan pada rambut bisa dicegah dengan menjaga kesehatan rambut. Cara yang paling baik untuk menjaga kesehatan rambut adalah menjaga kondisi folikel rambut.

Folikel rambut yang selalu dalam kondisi sehat akan membuat rambut kita menjadi sehat dan kuat. untuk menjaga kesehatan rambut dan folikel rambut, maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung selenium, seng, biotin, zat besi, vitamin C, D, E dan juga asam lemak omega 3.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi untuk menyehatkan rambut, seperti:

  • Telur

Tanpa kita sadari, mengkonsumsi telur juga ikut membantu dalam hal menjaga kesehatan rambut. Telur merupakan makanan yang kaya protein, dan protein merupakan komponen yang paling utama dalam pembentukan rambut. Telur juga mengandung besi, seng, selenium dan sulfur. Zat besi akan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sedangkan seng akan ikut memperkuat rambut anda.

  • Tiram
tiram

tiram

Tiram merupakan jenis makanan yang kaya akan seng. Seng mampu mencegah terjadinya rambut rontok serta membuat rambut anda menjadi semakin kuat. Dengan begitu, rambut anda akan terus mendapatkan nutrisi dari kulit kepala dan membuatnya semakin sehat.

  • Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega 3. Omega 3 juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan rambut. Karena tubuh kita tidak mampu memproses omega 3, maka tubuh kita akan mengambil omega 3 yang terkandung dalam rambut. Hal inilah yang menyebabkan gangguan pada rambut, seperti rambut rontok. Asam lemak omega 3 akan menjaga kesehatan membrane sel yang banyak terdapat di kulit kepala. Membrane sel yang sehat di kulit kelapa akan menyokong kesehatan rambut. Selain salmon anda juga bisa mengkonsumsi makarel, ikan cod, telur dan juga kedelai.

  • Blueberry

Blueberry merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C merupakan vitamin yang bersifat antioksidan yang mampu melindungi kulit kepala dari berbagai radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen serta merangsang sirkulasi darah dan nutrisi di kulit kepala. Maka dari itu, untuk mendapatkan rmabut yang sehat, konsumsilah blueberry secara rutin.

  • Alpukat
buah alpukat

buah alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk menyehatkan rambut. Bila anda mengalami rambut cenderung kering, mudah patah dan bercabang, maka cobalah untuk mengkonsumsi alpukat. Alpukat kaya akan asam lemak omega 3 yang mampu menyehatkan dan melembabkan rambut. Selain dikonsumsi secara langsung, alpukat juga bisa digunakan untuk masker rambut. Hal seperti ini akan membuat rambut anda semakin sehat luar dalam.

  • Kacang kenari

Kacang kenari kaya akan vitamin B7 atau biotin. Biotin sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan juga kesehatan rambut. Selain itu, kacang kenari juga kaya akan asam lemak omega 3. Mengkonsumsi kacang kenari akan membuat kulit kepala menjadi lebih sehat serta menyehatkan dan memperkuat rambut.

  • Kacang lentil

Kacang lentil merupakan jenis kacang yang kaya akan protein. Dalam tubuh kita, protein ini nantinya akan dijadikan keratin yang nantinya digunakan untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut. Jika kita mengalami kekurangan protein, maka rambut kita akan tumbuh semakin lambat dan cenderung tipis. Selain itu, kacang lentil juga kaya akan zat besi yang nantinya akan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala yang nantinya akan ikut menjaga kesehatan folikel rambut.

  • Yoghurt

Mengkonsumsi vitamin B dipercaya mampu memperbaiki kerusakan dan kesehatan rambut. Vitamin B, khususnya vitamin B5 atau asam pantotenat sangat berkaitan dengan kesehatan rambut. Yoghurt merupakan jenis makanan yang mengandung asam pantotenat. Selain itu, yoghurt juga mengandung vitamin D yang mampu meningkatkan kesehatan folikel rambut. Mengkonsumsi yoghurt akan membuat rambut anda sehat dan kuat sampai tua.

  • Sayuran berdaun hijau
jus bayam

jus bayam

Berbagai jenis sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale, sawi, brokoli, kembang kol, dan lain sebagainya, kaya akan zat besi, vitamin C, asam dolat dan juga beta karoten.  Berbagai jenis nutrisi tersebut akan merangsang pertumbuhan rambut, membuat rambut tetap lembab, mempertahankan warna rmabut serta membuat rambut semakin berkilau. Berbagai sayuran berdaun hijau juga mengandung methylsulfonylmethane yang akan meningkatkan produksi keratin, yang nantinya akan membuat rambut anda semakin kuat dan lebat.

  • Yodium

Beberapa masalah pada rambut biasanya berkaitan dengan kondisi kelenjar tiroid, yang bertugas untuk mengatur system hormone dalam tubuh. Rambut tipis, pertumbuhan rambut yang cenderung lambat, rambut kering dan bercabang, kebanyakan merupakan gejala dari masalah hormonal. Yodium merupakan nutrisi yang penting untuk mengatur kerja kelenjar tiroid. Mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium, seperti rumput laut, kelp, susu, kerang, udang serta garam beryodium, mampu memperbaiki kerja kelenjar tiroid.