Jenis Minuman Dan Makanan Yang Buruk Untuk Tulang

tulang dan gigiBanyak orang yang telah merasa bahwa dirinya sudah melakukan yang terbaik untuk tulang mereka karena sudah minum susu secara rutin.

Susu, memang merupakan sumber kalsium yang baik. Namun, selain membutuhkan kalsium, kita juga masih memerlukan vitamin D yang fungsinya untuk menyerap kalsium secara lebih optimal.

Selain itu kita juga perlu menghindari rokok serta selalu berolahraga maupun melakukan aktivitas fisik secara rutin. Agar tulang kita tetap sehat, maka kita wajib untuk menjaga pola makan kita tetap seimbang serta menghindari beberapa jenis makanan tertentu yang merugikan untuk kesehatan tulang kita.

Bila anda memiliki riwayat penyakit osteoporosis dalam keluarga anda, maka sebaiknya anda perlu untuk mengurangi konsumsi beberapa jenis makanan maupun minuman tertentu seperti dibawah ini:

  • Kafein

Kebiasaan mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi maupun teh dapat mengganggu proses penyerapan kalsium. Semakin banyak jumlah asupan kafein anda, maka semakin banyak pula kalsium yang terbuang melalui air seni. Namun, dampak negatif dari konsumsi kafein akan semakin berkurang bila pola makan anda kaya akan kalium

  • Minuman bersoda
minuman bersoda dalam botol

minuman bersoda dalam botol

Minuman bersoda mengandung gula serta kafein yang dapat menyebabkan gangguan pada kekuatan tulang. Selain itu, penurut para ahli kesehatan, minuman bersoda mengandung agen perasa foforik yang disebut juga foforus yang dapat menganggu penyerapan kalium.

  • Garam

Semakin banyak kandungan garam dalam tubuh kita, maka akan semakin banyak pula kalsium yang terdapat dalam tubuh kita dibuang dengan sia-sia melalui air seni serta keringat.

  • Konsumsi alkohol secara berlebihan

Mengkonsumsi alkohol secara moderat,yaitu sekitar 1 gelas perhari untuk anita dan 2 gelas perhari untuk pria, dikatakan mampu memberikan kebaikan pada tubuh kita karena dapat melindungi tulang. Namun, kenyataan seperti ini terkadang menjadi salah kaprah, sehingga orang-orang akan beranggapan bahwa semakin banyak konsumsi alkohol akan semakin baik.Padahal, kebanyakan alkohol justru akan menyebabkan kekuatan tulang menjadi semakin menurun.

  • Kelebihan protein

Protein dalam jumlah tepat akan sangat baik bagi kesehatan serta kekuatan tulang.Pria memerlukan protein sebear 56gr perhari, sedangkan anita membutuhkan asupan protein sebanyak 46gr perhari. Jarang sekali ada kasus tentang kelebihan protein, namun kelebihan protein akan dapat mengganggu derajat keasaman dalam tubuh. Lingkukan yang terlalu asam dalam tubuh akan membuat tulang jutru semakin mudah kropos.

Susu, memang perlu untuk dikonsumsi sehari-hari untuk menjamin pertumbuhan tulang yang sehat. Namun pada kenyataannya, kalsium saja tidak akan cukup untuk menunjang pertumbuhan tulang dalam tubuh.

sumber magnesium

sumber magnesium

Dalam sebuah penelitian terbaru, menunjukkan bahwa biji-bijian, almond, cokelat hitam serta almond juga angat penting bagi kesehatan tulang, khususnya pada anak-anak.  Berbagai makanan tersebut sangat berguna bagi tubuh karena mengandung magnesium.

Hasil penelitian yang telah dibahas dalam pertemuan tahunan Pediatric Academic di ahington, menemukan bahwa makanan yang mengandung magnesium ternyata memiliki peranan  yang penting dalam membangun tulang yang kuat.

Steven Abrams, sebagai seorang profesor pediatric di Babylor College of Medicinedi Houton, menyatakan bahwa banyak nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tulang anak, salah satunya adalah magnesium.

Kalsium memang penting bagi tulang kita, namun pada remaja serta anak-anak yang konsumsi asupan kalsiumnya rendah, dapat diganti dengan pemberian makanan yang mengandung magnesium.

Bahkan, magnesium juga sudah diketahui sebagai suatu elemen yang penting bagi kesehatan tulang orang-orang dewasa. Namun, baru sedikit yang melakukan penelitian tentang efek dari magnesium pada kesehatan tulang anak-anak.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti melibatkan 63 anak-anak yang berumur 4 ampai 8 tahun. Anak-anak tersebut tidak diberi suplemen multivitamin maupun mineral apapun ketika menjalani uji coba dalam penelitian tersebut.

Selama menjalani penelitian tersebut, anak-anak diminta untuk mencatat makanan yang sudah dikonsumsi. Kemudian mereka dikarantina selama dua malam agar bisa mendapatkan makanan maupun minuman yang mengandung kalsium serta magnesium yang seuai dengan ukuran.

Selama menjalani karantina tersebut, kadar kalsium serta magnesium mereka diukur dengan menggunakan metode isotop stabil. Metode ini dilakukan dengan memberikan kalsium serta magnesium non radioaktif pada anak-anak terebut secara oral maupun intravena. Kemudian anak-anak diminta untuk menjalani tes urin.

Dengan mengukur isotop stabil dalam urin, para peneliti dapat mengetahui berapa banyak dosis kalsium serta magnesium yang terserap dalam tubuh anak-anak tersebut. Selain itu, para peneliti juga mengukur kepadatan mineral tulang dengan metode sinar .

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa, jumlah magnesium yang dikonsumsi serta diserap oleh tubuh merupakan pengukuran yang baik terhadap seberapa sehat tulang anak tersebut. Meskipun demikian, kalsium juga berhubungan secara signifikan terhadap kepadatan mineral tulang pada anak-anak.

Para ahli kesehatan percaya bahwa penting sekali adanya pola makan yang sehat dan seimbang bagi anak-anak dengan memperbanyak sumber mineral yang baik, termasuk kalsium serta magnesium untuk menunjang kesehatan serta kekuatan tulang anak-anak.