Jenis Obat dan Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Ketika tubuh kita sakit biasanya kita akan segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

Kemudian dokter akan segera melakukan diagnosa untuk memeriksa penyakit yang anda alami.

Setelah itu dokter akan memberikan resep obat yang harus anda patuhi aturan minumnya.

Biasanya dokter akan memberi nasehat supaya anda terlebih dahulu mengisi perut anda sebelum mengonsumsi resep obat yang telah diberikan oleh dokter anda.

Yang tidak kalah penting adalah anda juga harus memperhatikan jenis makanan serta jenis obat yang anda konsumsi alasannya adalah karena ada beberapa jenis obat-obatan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis makanan.

Jenis Obat dan Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Tentunya jika anda memaksakan diri untuk mengonsumsi suatu jenis obat dengan mengonsumsi makanan pantangannya secara bersamaan maka hal ini bisa berakibat fatal bagi kesehatan anda sendiri.

Berikut ini adalah Jenis Obat dan Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan diantaranya :

  • Bronchial spasmolytics Bahan Campuran Yang Berbahaya Untuk Kopi

Biasanya dokter akan memberikan resep obat albuterol serta theophylline pada penderita penyakit asma, bronkhitis serta penyakit lain yang berhubungan dengan organ paru.

Pada saat minum obat tersebut disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan kafein.

Obat albuterol serta theophylline akan memberikan stimulasi pada sistem syaraf maka dari itu supaya anda tidak mengalami rasa gugup dan cemas yang berlebihan maka hindari mengonsumsi kafein ketika minum obat tersebut.

Selain itu kafein juga bisa meningkatkan toksisitas sehingga ketika mengonsumsi theophylline anda harus benar-benar menjauhi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Disarankan juga untuk tidak mengonsumsi jenis makanan yang berlemak tinggi atau mengandung kolesterol karena bisa memicu overdosis karena lemak bisa meningkatkan kecepatan serta presentase theophylline yang diserap oleh darah.

 

  • Obat-obatan hipertensi

Biasanya dokter akan memberikan resep obat untuk jenis penyakit hipertensi misalnya seperti enalapril, captopril, dan ramipril dimana jenis obat ini digunakan untuk mengatasi masalah pada organ ginjal dan mencegah gangguan jantung.

Anda harus waspada pada saat mengonsumsi jenis obat hipertensi tersebut karena jenis obat tersebut tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang tinggi akan kandungan pottasium.

Kadar potassium dalam darah akan segera meningkat ketika anda mengonsumsi jenis obat hipertensi dimana hal ini bisa memicu dyspnea dan arrythmia jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang kaya akan potassium seperti kentang, pisang dan sayur bayam.

 

  • Obat antiaritmia permen thumbnail

Biasanya dokter akan memberikan resep obat digoxin untuk mencegah serta mengatasi gagal jantung.

Pada saat minum obat tersebut tidak disarankan untuk mengonsumsi licorice karena jika digoxin bercampur dengan kandungan asam glycyrrhizic maka hasilnya bisa mengakibatkan detak jantung mengalami gangguan, bahkan bisa meningkatkan resiko fungsi jantung menghilang secara mendadak.

Jenis makanan yang mengandung licorice biasanya ditemukan pada cake, permen, serta berbagai jenis makanan manis yang lain.

Mungkin dokter akan memberi nasehat pada anda untuk minum obat pada 2 jam sebelum atau setelah anda makan nasi, hal ini dikarenakan jenis makanan yang berserat seperti jenis padi-padian bisa menurunkan kemampuan penyembuhan obat.

 

  • Obat penurun kolesterol jahat

Sedangkan jenis obat-obatan yang bisa menurunkan kolesterol jahat seperti fluvastatin, atorvastatin, simvastatin, lovastatin, pravastatin dan rosuvastatin tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan buah-buahan grapefruit.

Jenis buah grapefruit bisa menurunkan fungsi penyerapan obat dengan cepat dimana hal ini bisa berakibat menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti resiko overdosis.

Perbandingannya adalah bila anda mengonsumsi segelas jus grapefruit bersamaan dengan 1 tablet obat penurun kolesterol jahat maka sebanding dengan anda mengonsumsi 20 butir tablet obat yang sama dengan air.

Hal yang sama juga bisa terjadi jika mengonsumsi obat penurun kolesterol jahat bersamaan dengan jenis buah sitrus seperti buah jeruk dan pomelo.

 

  • Obat pengencer darah

Untuk mencegah atau mengatasi masalah kesehatan penggumpalan darah maka biasanya dokter akan memberikan resep obat warfarin.

Selama masa pengobatan dengan menggunakan obat ini anda dilarang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih, cranberry, serta makanan dengan bumbu rempah seperti kayu manis, cabe rawit dan kunyit.

Berbagai rempah dan buah yang disebutkan di atas bersifat mengencerkan darah dimana jika dikonsumsi bersamaan dengan warfarin maka bisa menyebabkan pendarahan.

Di sisi lain kemampuan obat tersebut juga bisa berkurang jika disaat yang bersamaan pada masa pengobatan anda mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin K seperti brokoli, kubis, bayam dan turnip.

 

  • Obat tiroid 

    manfaat susu kedelai

    manfaat susu kedelai

Untuk pasien yang mengalami masalah tiroid biasanya dokter akan memberikan resep obat Levothyroxine.

Ketika berada dalam masa pengobatan yang menggunakan jenis obat ini dilarang untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman yang terbuat dari bahan kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai.

Jenis makanan dan minuman olahan kedelai tersebut bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap obat.

Selain itu makanan yang tinggi akan serat seperti chestnut juga bisa menimbulkan efek yang sama.

 

  • Antibiotik

Dokter akan memberikan resep obat antibiotik seperti penisilin, ciprofloxacin dan tetrasiklin untuk mengatasi infeksi bakteri.

Jika disaat yang bersamaan selama masa pengobatan anda mengonsumsi minuman susu terutama susu yang tinggi akan kandungan kalsium maka jenis obat tersebut akan sulit dikeluarkan oleh tubuh melalui BAB, selain itu daya efisiensi obat juga menurun dengan cepat.

 

  • Obat pereda nyeri

Jenis obat penghilang rasa nyeri atau painkiller seperti ibuprofen biasanya juga dikenal dengan nama lain seperti propinal, advil, genpril dimana berbagai jenis obat ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan jenis minuman yang manis dan minuman yang mengandung soda.

Minuman bersoda mengandung asam dan karbondioksida yang bisa meningkatkan konsentrasi darah dan meningkatkan daya serap obat sehingga kondisi ini bisa menyebabkan overdosis dan meningkatnya resiko tingginya racun dalam tubuh yang bisa membahayakan organ ginjal.

 

  • Obat Antidepresan ikan kemasan dalam kaleng

Obat antidepresan seperti nialamide, phenelzine, dan tranylcypromine cenderung mengandung penghambat enzim monoamine oxidase yang jika bercampur dengan tyramine bisa meningkatkan kecepatan tekanan darah.

Tyramine merupakan asam amino yang terbentuk pada jenis makanan yang tinggi akan protein yang disimpan dalam waktu yang lama seperti dendeng, keju lama, ikan atau daging, sosis kering serta ikan yang dikemas dalam kaleng.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika berada dalam masa pengobatan ada baiknya anda rutin berkonsultasi dengan dokter anda.