Jenis Olahraga Untuk Membantu Diet

Olahraga sangat penting untuk dilakukan karena selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, anda juga bisa mendapatkan manfaatnya yang lain seperti membantu menjaga kelancaran program diet.

Lagipula ada banyak pilihan olahraga yang bisa membantu kelancaran program diet dimana anda tidak harus mengeluarkan uang banyak, bahkan sebagian besar bisa anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya.

Latihan fisik atau olahraga diketahui bisa membakar lemak yang ada di dalam tubuh serta membantu menurunkan berat badan.

Maka dari itu anda bisa menjadikan olahraga sebagai salah satu pilihan alternatif untuk membantu menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah Jenis Olahraga Untuk Membantu Diet, diantaranya :

  • Lompat Tali lompat tali

Olahraga lompat tali merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan secara efektif dimana dengan melakukan lompat tali selama sekitar 1 jam maka kalori yang terbakar adalah sekitar 850 kalori.

Olahraga ini bisa anda lakukan hanya dengan menggunakan modal tali dengan panjang secukupnya, kemudian anda tinggal mengayunkan tali mengitari tubuh anda sambil melakukan gerakan melompat dengan waktu yang bersamaan.

 

  • Jalan Kaki jalan kaki untuk diet

Pada dasarnya olahraga jalan kaki hampir sama dengan gerakan jalan kaki biasa, hanya saja gerakannya lebih cepat dari jalan kaki biasa.

Olahraga ini bisa membakar kalori dalam tubuh dan anda bisa melakukannya dimana saja, bahkan mungkin anda tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk melakukan olahraga ini.

 

  • Aerobik aerobik untuk diet

Anda bisa melakukan olahraga aerobik untuk menurunkan berat badan dimana olahraga ini sangat baik untuk membantu mengencangkan perut dan bokong.

Ketika melakukan olahraga aerobik selama 1 jam dalam sehari maka anda telah membakar kalori dalam tubuh sebesar 680 kalori.

 

  • Berenang berenang untuk diet

Berenang telah dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang bisa membuat berat badan turun dengan efektif.

Bila anda menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk berenang maka jumlah kalori yang terbakar adalah sekitar 800 kalori.

 

  • Berlari berlari di sore hari

Bila selama ini anda telah mencoba berbagai usaha untuk diet namun masih tidak kunjung membuahkan hasil maka anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga, misalnya lari pada sore hari.

Olahraga lari bisa membakar kalori di dalam tubuh dan keuntungannya bagi kaum wanita adalah olahraga ini bisa memperlancar siklus menstruasi.

Bila anda menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk berlari maka jumlah kalori yang terbakar adalah sekitar 750 kalori.

 

  • Bersepeda bersepeda untuk diet

Olahraga sepeda juga bisa membantu menurunkan berat badan, dimana ada sekitar 1000 kalori yang terbakar jika anda bersepeda selama 1 jam.

Manfaat olahraga bersepeda selain bisa membantu menurunkan berat badan juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung, melatih otot kaki, menghilangkan stres dan meningkatkan stamina.

Kalaupun anda termasuk orang yang memiliki kesibukan yang sangat tinggi maka anda bisa mengakalinya dengan bersepeda setiap kali berangkat menuju ke tempat kerja.

 

  • Angkat Beban gerakan angkat beban

Angkat beban selama ini dikenal hanya untuk membentuk otot tubuh, padahal juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Belum ditambah manfaat lain seperti menghilangkan stres, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kekuatan tulang.

Anda bisa melakukan olahraga angkat beban sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu dengan durasi setidaknya 15-30 menit.

 

  • Menari (dance) gerakan menari

Salah satu cara diet yang paling menyenangkan adalah menari karena ketika melakukan tarian biasanya dilakukan sambil menyesuaikan antara gerakan tubuh dengan musik.

Ketika melakukan gerakan menari, hampir semua tubuh anda akan bergerak sehingga kalori yang terbakar juga pasti akan lebih banyak.

Jika anda tidak mau melakukannya karena tidak mau bila sendirian maka anda bisa mengikuti kelas menari yang biasanya ada di mall atau tempat umum yang lain, sehingga anda bisa melakukan tarian bersama dengan peserta yang lain.

 

  • Squat Jump gerakan squat jump

Olahraga squat jump dikenal bisa membuat otot perut dan kaki menjadi lebih kencang, selain itu olahraga ini juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Gerakan squat jump dilakukan dengan meletakkan kedua tangan di belakang kepala kemudian jongkok dan melompat.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal anda bisa melakukan setidaknya sepuluh kali lompatan setiap hari.

 

  • Push Up gerakan push up

Push up bisa menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

Gerakan push up juga bisa mengencangkan otot tangan, perut dan kaki, namun ada baiknya sebelum melakukan push up anda melakukan peregangan otot terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya anda bisa melakukan gerakan push up minimal 10-50 kali per hari, namun jangan terlalu dipaksakan jika kondisi fisik anda sudah lelah.

 

  • Yoga gerakan yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang memadukan antara meditasi dan ketenangan hati yang bis digunakan untuk membakar kalori dan lemak.

Anda bisa melakukan olahraga yoga setidaknya dua kali dalam seminggu untuk membantu menurunkan berat badan.

Namun disarankan untuk mengikuti kelas yoga dimana nantinya anda akan mendapatkan pengarahan yang profesional atau setidaknya bisa belajar dari video online.

 

  • Pull Up gerakan pull up

Olahraga pull up juga bisa anda lakukan untuk membantu membakar kalori dan melancarkan program diet anda, hanya saja anda membutuhkan tiang untuk bisa melakukan olahraga ini.

Olahraga pull up menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan untuk menyangga tubuh anda, kemudian gunakan kedua tangan anda untuk menahan tubuh anda untuk diangkat dengan gerakan naik-turun.

 

  • Squat Thrust gerakan squat thrust

Wajar saja jika olahraga squat thrust mirip dengan squat jump karena squat thrust memang olahraga yang gerakannya merupakan pengembangan dari squat jump dan push up.

Gerakan olahraga squat thrust dilakukan dengan cara berjongkok terlebih dahulu kemudian melompat yang tinggi.

Setelah tubuh anda turun anda bisa jongkok kembali namun posisikan kaki anda ke belakang lalu jadikan tangan anda sebagai tumpuan.

Kemudian anda bisa melakukan gerakan itu seperti di awal dan ulangi gerakan tersebut selama beberapa kali.

Olahraga squat thrust bisa membantu menurunkan berat badan, membentuk otot perut, serta membantu mengencangkan otot tangan dan kaki.

 

  • Plank gerakan plank

Gerakan plank hampir mirip dengan push up, namun plank lebih menitikberatkan pada tangan yang menahan beban tubuh.

Untuk masa-masa awal anda bisa menahan tubuh anda selama 1 menit namun jika anda sudah terbiasa melakukan olahraga ini maka biasanya anda akan kuat menahan tubuh anda hingga 5 menit lamanya.

Olahraga plank bisa membantu melatih keseimbangan tubuh, mengencangkan otot perut, tangan dan kaki.

 

  • Jumping Jack gerakan jumping jack

Olahraga jumping jack dilakukan dengan cara berdiri biasa kemudian melompat dan ketika turun, kaki dalam posisi terbuka sedangkan tangan berada di atas kepala, kemudian melompat lagi dan ketika turun posisi tubuh kembali seperti semula yaitu terlihat seperti berdiri biasa.

Untuk membantu melancarkan program diet disarankan untuk melakukan sepuluh kali lompatan yang bisa dilakukan tiga kali dalam sehari.