Jenis Penyakit Paru-paru Dan Penyebabnya

paru-paru yang terserang baksil TBC

paru-paru yang terserang baksil TBC

Sama seperti penyakit yang lain, penyakit paru-paru juga memiliki banyak jenis. Namun, hampir semua jenis penyakit paru-paru bersifat berbahaya. Karena paru-paru merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh manusia. Jadi tidak ada salahnya bila anda selalu menjaga agar organ paru-paru ada selalu dalam keadaan sehat.

Organ paru-paru dalam tubuh kita merupakan salah satu organ pernapasan yang memiliki fungsi sebagai tempat pertukaran karbondioksida yang ada di dalam dengan oksigen yang dari udara yang kita hirup.

Proses seperti ini dinamakan respirasi dengan menggunakan bantuan hemoglobin sebagai alat untuk mengikat oksigen yang kita hirup. Setelah oksigen di dalam darah di ikat oleh hemoglobin, maka nantinya akan dialirkan ke seluruh tubuh.

Dibawah ini adalah beberapa jenis penyakit yang sering menyerang organ paru-paru, meliputi:

  • Radang paru-paru atau Pneumonia

 

gejala pneumonia

gejala pneumonia

Radang paru-paru atau lebih dikenal dengan nama pneumonia merupakan jenis penyakit paru-paru yang sangat berbahaya. Radang paru-paru dapat terjadi di berbagai bagian dari paru-paru. Radang paru-paru lobar atau pneumonia lobar menyerang sebuah lobus atau potongan besar dari paru-paru. Pneumonia lobar merupakan bentuk radang paru-paru yang mempengaruhi area yang luas dalam paru-paru yaitu lobus secara terus menerus.

Selain pneumonia lobar ada satu lagi jenis radang paru-paru yang disebut bronkopneumonia yang merupakan radang paru-paru yang menyerang salah satu atau bahkan kedua jaringan paru-paru.

  • Legionnaries

Penyakit paru-paru ini masih sangat asing sekali di telinga kita. Legionnaries merupakan penyakit paru-paru yang lebih disebabkan oleh serangan bakteri legionella pneumophilia. Bentuk infeksinya hampir mirip dengan radang paru-paru

Bakteri legionella pneumophilia adalah bakteri yang memiliki bentuk seperti batang yang banyak ditemukan di sumber-sumber air. Bakteri ini dapat berkembang biak dengan berlipat ganda dengan cepat sekali. Biasanya bakteri ini banyak ditemukan di pipa ledeng maupun di genangan air.

Penyakit Legionnarie dijelaskan pertama kali di tahun 1976, setelah adanya wabah penyakit yang mirip dengan pneumonia pada para veteran perang di sebuah konvensi American Legion. Penyakit ini lebih sering menyerang pria daripada wanita.

  • Paru-paru basah atau Efusi Pleura

Panyakit paru-paru ini lebih disebabkan karena adanya cairan yang berlebihan di dalam membran berlapis ganda yang mengelilingi organ paru-paru. Dua lapis membran yang melapisi paru-paru atau disebut pleura dilumasi oleh cairan dalam jumlah yang sedikit yang membuat paru-paru dapat mengembang serta berkontraksi dengan halus dalam dinding dada. Karena adanya infeksi seperti pneumonia, tuberkulosis, gagal jantung serta beberapa jenis kanker juga dapat menyebabkan terkumpulnya cairan di antara pleura dalam jumlah yang banyak. Jumlah cairan yang ada bisa mencapai 3 literyang nantinya akan menekan organ paru-paru.

  • Tuberkulosis

Jenis penyakit paru-paru yang lainnya adalah tuberkulosis atau lebih dikenal dengan nama TBC. Penyakit tuberkulosis disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada jaringan paru-paru. Penyebab dari infeksi tersebut adalah serangan dari bakteri mycobacterium tuberculosis. Mayoritas orang memiliki mikroba tuberculosis dalam tubuhnya, namun bikroba ini hanya menyebabkan penyakit TBC pada beberapa orang saja. Biasanya TBC terjadi bila seseorang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

  • Pneumotoraks

Pneumotoraks merupakan jenis penyakit paru-paru yang sering terjadi pada bagian selaput paru atau pleura. Pneumotoraks terjadi bila salah satu atau kedua membran pleura tertembus serta udara memasuki rongga pleura sehingga menyebabkan paru-paru menjdai mengempis. Membran pleura dipisahkan oleh lapisan cairan pleura yang sangat tipis untuk merumasi pergerakan paru-paru. Keseimbangan tekanan antara dinding dada, lapisan pleura serta jaringan paru-paru memungkinkan paru-paru untuk terhisap ke dalam dinding dada.

Pada pneumotoraks, udara masuk ke dalam rongga pleura. Maka, keseimbangan tekanan pun jadi berubah lalu paru-paru jadi mengempis. Bila lebih banyak udara yang masuk kedalam rongga namun tidak dapat dikeluarkan , maka tekanan di sekitar paru-paru akan semakin tinggi dan dapat menyebabkan kematian secara mendadak.

Pneumotoraks spontan bisa terjadi akibat pecahnya alveolus yang membesar secara tidak normal di permukaan paru-paru atau akibat penyakit lain, seperti asma. Penyebab lainnya adalah karena adanya trauma pada bagian dada serta patahnya tulang rusuk.

  • Asma

gejala asmaAsma merupakan penyakit radang paru-paru yang menyebabkan sesak napas serta mengi yang terjadi secara berulang-ulang. Asma merupakan salah satu kelainan paru-paru yang paling banyak terjadi di masyarakat.

Otot dinding saluran udara berkontraksi seperti kejang, sehingga menyebabkan saluran udara menjadi menyempit. Maka terjadilah serangan sesak napas. Penyempitan yang terjadi diperburuk oleh adanya sekresi lendir secara berlebihan. Mayoritas kasus asma terjadi pada masa kanak-kanak dan umumnya berkaitan dengan penyakit yang didasari oleh alergi seperti eksema.

  • Penyakit Paru-Paru Obstruktif Kronis

Penyakit Paru-paru obstuktif Kronis atau PPOK, memiliki sifat seperti terbatasnya jalan napas tidaks epenuhnya reversibel. PPOK merupakan suatu kelainan jangka panjang yang disebabkan karena terjadinya kerusakan pada jaringan paru-paru secara progresif disertai dengan sesak napas yang semakin lama semakin berat. PPOK meliputi bronkitis kronis serta enfisema, yaitu dua kelainan paru-paru yang umumnya terjadi secara bersamaan.

  • Bronkitis kronis

Bronkitis kronis merupakan peradangan pada saluran udara di paru-paru secara kronis yang umumnya disebabkan oleh kebiasaan merokok. Jarang sekali ada kasus infeksi akut yanng terjadi secara berulang-ulang yang menimbulkan bronkitis kronis. Pada bronkitis kronis, bronkus yaitu saluran udara utama yang menuju ke paru-paru, mengalami peradangan sehingga terjadi pembengkakan dan menyebabkan terjadi penyempitan akibat dari iritasi yang disebabkan oleh asap tembakau, infeksi berulang maupun paparan zat polutan yang terjadi sangat lama. Saluran udara yang meradang akan menghasilkan dahak yang berlebihan, awalnya hanya akan menyebabkan batuk yang mengganggu bila udara disekitar menjadi lembab dan dingin. Kemudian akan berlanjut secara terus menerus dan semakin berat.

  • Emfisema

Emfisema merupakan salah satu jenis penyakit paru-paru obsturktif kronis yang disebabkan oleh  kerusakan pada kantung udara atau alveoli pada organ paru-paru. Akibatnya, tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen yang diperlukan. Emfisema membuat seseorang menjadi sulit bernapas. Pengidap enfisema mengalami batuk kronis serta sesak napas. Biasanya emfisema disebabkan oleh kebiasaan merokok.

  • Penyakit paru karena pekerjaan

Jenis penyakit paru-paru yang disebabkan karena pekerja umumnya disebabkan karena menghirup partikel-partikel halus yang mengiritasi serta menyebabkan peradangan pada jaringan paru-paru yang nantinya mengarah pada fibrosis atau penebalan pada paru-paru. Orang yang memiliki resiko tinggi mengalami penyakit paru-paru karena pekerjaan adalah para pekerja yang sering terpapar partikel beracun dalam waktu yang lama, seperti orang-orang yang bekerja di pertambangan.

Pada penyakit paru-paru karena pekerjaan, terdapat fibrosis atau penebalan yang terjadi secara perlahan pada jaringan paru-paru, yang nantinya akan menimbulkan terbentuknya jaringan parut.

1 comment for “Jenis Penyakit Paru-paru Dan Penyebabnya

  1. Pingback: orlando

Comments are closed.