Jenis Sayur-sayuran Untuk Terapi Kanker

macam-macam sayuran

macam-macam sayuran

Sebelumnya kami telah membicarakan tentang tata cara memasak sayuran.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya menurut ilmu botani, berbagai macam bagian tanaman yang dapat dimakan sebagai sayur merupakan bagian tanaman yang meliputi daun dan tangkai daun, bunga, pucuk, batang, umbi, akar serta buah.

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang jenis sayur-sayuran apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk terapi kanker.

Sayur-sayuran Berdaun (Cruciferae / Brassica)

Kelompok ini adalah kelompok sayuran yang paling umum yang dikonsumsi oleh orang-orang. Ini mencakup sayur-sayuran primer yang dianggap sebagai agen anti kanker yang mengandung banyak sekali zat gizi. Sayuran berdaun meliputi: brokoli, kai lan, kembang kol, kol daun (kubis) dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Brokoli

Sayuran ini bersifat netral. Tanaman ini merupakan bintangnya sayur-sayuran berdaun. Diyakini bahwa setengah mangkok brokoli sehari dapat melindungi seseorang dari kanker isofagus, perut, usus, paru-paru, pangkal tenggorokan, prostat, mulut dan tekak. Karena brokoli mengandung banyak sekali zat-zat fitokimia seperti sulforafan dan berbagai antioksidan lainnya. Sayuran ini juga mengandung betakaroten anda alfakaroten serta sanyawa amino-sulfur. Satu hidangan brokoli dikatakan mengandung 125% vitamin C lebih banyak daripada semangkok jus jeruk. Atas dasar volume ke volume, brokoli mengandung kalsium sebanyak yang terkandung dalam susu sapi.

  • Brussel Sprout
brussel sprouts

brussel sprouts

Memiliki sifat netral. Sayuran ini tampak seperti miniatur kubis. Jika anda memakannya untuk yang pertama kali, kemungkinan anda tidak menyukai rasanya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, anda akan belajar menikmatinya. Makanlah sayuran ini karena sayuran ini bergizi. anda dapat memasaknya dalam bentuk utuh atau mengirisnya menjadi dua atau empat bagian.

  • Kol (Kembang Kol)
sayuran kukus

sayuran kukus

Ada dua macam kol yang dijual dipasaran. Jenis hijau lebih umum dan memiliki sifat netral. Kol merah atau ungu bersifat menyejukkan.

Kol kaya akan dua antioksidan yaitu sulforafan dan flavonoid dan keduanya merupakan agen yang dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan enzim-enzim anti kanker.

Menurut Profesor Lee Wattenburg dari Unibersity on Minnesota Medical School, satu hidangan kol seminggu dapat menghilangkan kemungkinan anda terserang kanker usus sebesar 66%.

Dr. Garnett Cheney dari Stanford University mengatakan bahwa jus kol dapat membantu menyembuhkan sirosis hati, berbagai sindorm setelah menstruasi, infeksi jamur, anemia, serta radang dinding lambung dan radang usus dua belas jari. Seorang peneliti dari Finlandia, Dr. A. I. Vertanen, menyatakan bahwa semangkok jus kol sehari dapat menetralkan zat asam dalam tubuh.

  • Kol Daun (Kubis)

Memiliki sifat netral. Sayuran ini mengandung empat senyawa anti kanker, yaitu sulforafan, serat, vitamin C serta lutein, yaitu sejenis karoten anti kanker.

Bagi orang CIna, varietas kol yang berwarna hijau dan kol daun terasa manis dan bersifat astringen atau dapat mengencangkan jaringan tubuh. Kedua sayuran ini dapat mempengaruhi limpa dan perut. Keduanya dapat menyehatkan jantung selain menyehatkan serta memperkuat tulang.

  • Kol Cina

Memiliki sifat netral.  Ada dua macam kol Cina. Yang pertama berbentuk bulat sedangkan yang satunya berbentuk oval. Karena rasanya yang manis serta dapat mengencangkan jaringan tubuh, kol dapat mempengaruhi perut dan usus besar. Sifat penyejuknya menjadikannya sebagai pelepas dahaga yang mujarab. Makanan ini baik sekali bagi para penderita batuk panas dan dahak yang berlebihan. Osenglah sayuran ini dan makanlah untuk mendapatkan semua kebaikannya.

Peringatan: Para penderita asma tidak boleh menyantap sayuran ini karena makanan ini justru dapat memicu serangan asma.

  • Kale Cina (Kai Lan)
kai lan

kai lan

Memiliki sifat netral, manis dan sedikit bersifat astringen. Sayuran ini terkenal karena batangnya yang segar dan kering.

Daunnya sedikit bersifat astringen, licin serta seperti tertutup lilin. kale dapat mempengaruhi paru-paru dan dikatakan dapat menetralkan racun-racun, membersihkan tenggorokan serta melegakan sesak nafas.

Peringatan: orang-orang yang mengalami gangguan perut dingin atau muntah dahak bening, tidak diperbolehkan untuk memakan sayuran ini.

  • Mostar Cina (Kai Choi)

Bersifat menyejukkan, terasa pahit-manis dan bersifat astringen. Tangkai atau bagian-bagian pada pangkal daun kai choi biasanya dioseng. Daunnya yang berwarna hijau biasanya tidak dimakan karena rasa astringennya yang kuat. Kai choi lebih sering dijual sebagai sayuran yang diasamkan. Sayuran ini dapat berpengaruh pada paru-paru dan membantu mengeluarkan dahak, membangkitkan keringat dan aliran Qi.

Peringatan: Orang lemah serta kaum lanjut usia seharusnya tidak menyantap sayuran ini.

  • Sawi dan Sawi Kembang

sawi kembangBersifat netral, manis dan astringen. Sawi merupakan sayuran berdaun yang paling umum dijual di pasar. Sayuran ini biasanya memiliki tangkai daun berwarna hijau. Juga ada sawi putih atau sawi yang memiliki  tangkai putih. Karena Brassica juga merupakan sayuran timur yang penting, sekarang ada sejumlah cangkokan baru yang sedang diperkenalkan dan ditanam. Sayuran-sayuran tersebut banyak mengandung senyawa antikanker.

Sayuran Yang Tidak Berdaun

Sayur-sayuran berwarna hijau merupakan sumber vitamin A dan karoten, vitamin B-Kompleks dan C, folat, zat besi dan kalsium. Pada umumnya, semakin hijau dan semakingelap daunnya maka semakin tinggi kandungan vitamin A-nya. Bagian-bagian yang lebih hijau dapat mengandung vitamin lima puluh kali lebih banyak daripada bagian-bagian hijau yang lebih pucat. Pada sayuran-sayuran yang berwarna hijau kandungan zat besinya lebih tinggi pada ujungnya daripada pada bagian bawah yang berserat.

  • Selada

bersifat menyejukkan, pahit manis. Di Malaysia, selada dikenal karena kegunaannya dalam salad atau sebagai hiasan pada makanan yang terbuat dari daging maupun ikan. Selada yang paling sering dijual di pasar adalah jenis gunung es, yang berkepala bundar dan berwarna hijau pucat. Jenis ini adalah yang paling sedikit kandungan gizinya di antara semua varietas yang ada. Selada berdaun seperti cos, butter head atau Romaine memiliki daun yang lebih hijau dan oleh karena itu lebih banyak kandungan gizinya. Selada berpengaruh pada perut dan kandung kemih. Sayuran ini juga dapat mendinginkan perut yang terasa panas.

Ambillah selada segar dan kunyahlah mentah-mentah. Ini baik sekali bagi orang-orang yang tidak sedap nafasnya, orang-orang yang bekerja pada kondisi-kondisi yang sangat panas atau di dekat api, orang-orang yang mengalami kesulitan dalam buang air kecil dan orang-orang yang mengalami kencing darah.

Peringatan: Orang-orang yang mengalami gangguan perut dingin tidak boleh memakan sayuran ini.

Garland chrysanthemum (tang o)

tang o

tang o

Bersifat menghangatkan, manis astringen.

Sayuran ini termasuk keluarga chrysanthemums dan tumbuh di berbagai dataran tinggi bersuhu dingin. Tanaman ini dipanen bila telah mencapai ketinggian sekitar satu kaki. Seluruh tanaman dapat dimakan dan digunakan secara umum untuk kapal uap.

Sayuran ini berpengaruh pada ginjal dan liver serta dapat memperbaiki aliran Qi dal;am tubuh dan juga mengontrol aliran kencing.

  • Indian Pennywort (Pegagan atau Daun Kaki Kuda)

Bersifat menyejukkan, pahit manis. Tanaman ini pada umumnya digunakan sebagai ulam atau lalapan dan tidak dimasak. Tanaman ini juga umum digunakan untuk membuat jus segar dan dijual di kedai-kedai pinggir jalan. Pegagan berpengaruh pada jantung, perut dan kandung kemih. Sayuran ini dapat menurunkan panas, menetralkan racun, meningkatkan sir kencing, menghancurkan penyumbatan pembuluh darah dan meredakan rasa nyeri.

  • Seledri

Bersifat menyejukkan, manis pahit. Seledri berpengaruh pada perut dan liver. Tanaman ini baik untuk menyembuhkan liver yang mengalami peradangan serta dapat juga untuk membantu mengusir angin.

  • Bayam Sailon (Hong Tay Cai)

Bersifat  menyejukkan, manis dan lunak. Batang dan daun sayuran ini dapat mengeluarkan air dan seperti lumut bila diremas. Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang merambat dan tumbuh agak mudah pada pagar. Jenisnya ada dua: hijau dan ungu. Bayam Sailon berpengaruh pada usus besar dan usus kecil. Tanaman ini dapat menurunkan panas, menetralkan racun, melembabkan usus serta melemaskan perut.

Makanlah sayuran ini setiap hari jika anda mengalami sembelit, jika anda muang air besar disertai darah atau sering buang air kecil sedikit dan terasa sakit atau anyang-anyangen.

Peringatan: Orang-orang yang lemah dan memiliki sensasi yang kosong dalam perut dan limpa, hendaknya tidak memakan sayuran ini.

  • Bayam

Bersifat menyejukkan, astringen. Tanaman ini tumbuh di dataran tinggi yang sejuk. Tanaman ini merupakan sayuran yang terkenal digunakan di kapal uap. Jus segarnya baik untuk tonik darah. Bayam berpengaruh pada perut dan usus besar.

Bayam kaya akan zat besi. Sayuran ini menyehatkan darah serta membantu orang-orang yang terkena batuk kering, demam ringan pada sore atau petang hari, keringat dingin dan pusing-pusing.

  • Bayam Air / Kangkung.

kangkungBersifat menyejukkan dan hambar. Kangkung adalah sayuran yang umum dan banyak dikonsumsi. Biasanya sayuran ini dioseng, namun di Thailand, kangkung dihidangkan dengan kacang panjang dan kol serta dimakan mentah-mentah. Sayuran ini berpengaruh pada perut dan usus besar. Tanaman ini dapat menyembuhkan demam, menghentikan pendarahan serta mengusir racun-racun.

Jus kangkung segar baik sekali bagi orang-orang yang berak darah dan orang-orang yang keruh air kencingnya.

  • Seledri Air

Bersifat menyejukkan, pahit manis. Seledri air tumbuh dalam air yang mengalir. Orang Cina merebus seledri air untuk sup sedangkan di negara Barat, sayuran ini dimakan mentah dan dicampur dengan salad. Seledri air berpengaruh pada paru-paru dan kandung kemih. Sayuran ini dapat memurnikan dan membersihkan darah, melembabkan paru-paru, memperlancar keluarnya dahak dan menghentikan batuk di samping membantu memperlancar buang air kecil.

Peringatan: Orang-orang yang lemah dan kurang tenaga atau merasakan sensasi-sensai dingin yang kosong dalam perutnya tidak boleh memakan sayuran ini.

  • Rumput Laut
kelp kering

kelp kering

Rumput laut adalah makanan yang bergizi pada semua bagiannya dan memberikan berbagai mineral, vitamin, protein serta karbohidrat. Makanlah rumput laut jika anda memiliki kesempatan. Sayangnya, tidak mudah untuk mendapatkan pasokan rumput laut segar.

Rumput laut kering dan olahan lebih umum tersedia. Di bawah kondisi seperti ini, belilah jenis-jenis kering yang masih mentah dan belum diolah. Rumput laut merupakan makanan yang sangat baik larena mengandung mineral-mineral basa yang dapat membantu menetralkan keasaman darah, dengan demikian dapat memurnikannya. Asam alginik yang ditemukan di dalam rumput laut dapat membantu menghilangkan racun unsur-unsur logam dalam usus kedalam garam-garam yang tidak berbahaya yang kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh.

Rumput laut yang pada umumnya kita kenal adalah agar-agar. Namun, memiliki nilai gizi yang agak rendah. Nori, yang digunakan dalam membungkus shushi atau bola-bola beras Jepang merupakan jenis rumput laut lainnya. Kelp merupakan ganggang laut yang besar dan berwarna coklat, yang dijual dalam bentuk kering di berbagai toko makanan Jepang. Basuhlah dan keringkan. Begitu kering gilinglah hingga menjadi tepung halus dan gunakan sebagai pengganti garam. Anda tidak perlu memasak kelp.

Sayuran yang Berupa Akar, Akar Umbi, Umbi dan Buah.

  • Asparagus

Bersifat menyejukkan, manis pahit. Ada dua jenis asparagus berwarna putih dan hijau. Umumnya yang tersedia di pasaran berwarna hijau. Jangan menggunakan asparagus beku atau kalengan. Asparagus kaya akan vitamin A, C dan K.

Sayuran ini mengandung asam amino yang dapat membantu amonia dalam tubuh yang menyebabkan kelelahan dan kelemahan seksual. Asparagine yang terdapat dalam asparagus baik sekali untuk kelenjar prostat. DI samping itu, pektin dan seratnya dapat merendahkan kolesterol darah dan mengatur gerakan-gerakan tubuh. Zat ini juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagi orang CIna, asparagus dapat menurunkan panas, meningkatkan sirkulasi darah serta membantu proses detoksifikasi.

  • Bit
akat bit

akat bit

Bersifat menyejukkan dan manis. Sayuran ini tidak umum di Malaysia dan Indonesia. Pada tahun 1919, seorang ahli farmakologi Jerman menunjukkan bahwa ekstrak dari bit dapat menghambat pertumbuhan kanker. Mungkin ini karena sayuran ini kaya akan zat besi serta antioksidan.

Bit manis rasanya karena memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Baik daun maupun akarnya dapat dimakan. Bagi orang CIna, bit dapat menyuburkan darah, menguatkan jantung, melumasi usus serta membersihkan liver. karena berbagai khasiatnya, bit disebut-sebut sebagai agen yang efektif bagi kondisi-kondisi tekanan darah rendah, kecanduan alkohol, sirosis hati, hepatitis serta gangguan pencernaan.

Sayuran ini dapat meremajakan organ tubuh, khususnya kandung kemih, liver, perut besar dan juga sistem pencernaan dan sistem getah bening. Tanaman ini juga merupakan makanan yang baik bagi otak dan merupakan agen anti lelah.

Peringatan: Orang yang memiliki riwayat terkena batu ginjal harus menghindari bit karena kandungan asam oksalatnya.

  • Terong

Bersifat menyejukkan, manis dan astringen. Sayuran ini berpengaruh pada limpa, perut dan usus. Terong dapat  meredakan demam, meringankan nyeri dan menghilangkan bengkak-bengkak. Terong mampu mengikat LDL  atau kolesterol jahat dalam aliran darah dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Terong juga mengandung zatn antioksidan, yaitu terpenes, yang merupakan agen antikanker. Di samping itu, terong mengandung potasium, yaitu mineral yang penting untuk jantung. Terong juga bersifat diuretik atau melancarkan kencing serta laksatif atau memudahkan buang air besar.

Peringatan: Orang-orang yang mengalami radang senditidak boleh mengkonsumsi terong sekaligus sayur-sayuran lainnya yang termasuk dalam keluarga yang sama seperti tomat, cabe hijau dan tembakau. Demikian juga dengan orang-orang yang menderita batuk yang membandel atau mengalami perasaan dingin pada paru-parunya diharuskan untuk menjauhi sayuran-sayuran ini.

  • Labu Pahit

Bersifat menyejukkan dan pahit. Labu pahit berpengaruh pada jantung, liver dan paru-paru. Sayuran ini dapat membersihkan api jahat dalam jantung, memperbaiki penglihatan dan menetralkan racun. Baik untuk orang-orang yang terkena jerawat, bintik-bintik, bisul, berbagai penyakit kulit, tekanan darah tinggi, kolesterol dan diabetes.

  • Lokio Cina (Kucai)

Bersifat menghangatkan, manis dan pedas. Tanaman ini mempengaruhi jantung, liver, perut dan ginjal. Kucai mengatur aliran Qi, menyebarkan dan menetralkan keracunan dalam darah.

  • Wortel

Bersifat netral dan manis. Wortel berpengaruh pada paru-paru, memperkuat limpa dan menghilangkan kemacetan makanan. Oleh karena itu, makanan ini baik sekali untuk mengatasi kelainan pencernaan ringan dan batuk. Karena kandungan vitamin A dan folat nya yang tinggi, wortel dapat menjadi makanan yang baik bagi orang-orang yang mengalami gangguan-gangguan pernafasan. Makanan ini menyediakan keseimbangan rasio antara mineral, sodium dan potasium yang baik sekali untuk tubuh. Di samping itu, wortel juga kaya akan zat besi dan fosfor.

  • Ketimun

Bersifat menyejukkan dan manis. Ketimun berpengaruh pada limpa, perut dan usus besar. Ketimun dapat menyejukkan tubuh yang panas, mengusir dahaga serta meningkatkan buang air besar.

  • Bawang Prei

Bersifat menghangatkan dan pedas. Bagi orang Cina, bawang prei sangat baik bagi orang yang mengalami sistem darah dingin. Tanaman ini dapat mengencerkan dahak dan meningkatkan keringat.

  • Loofah

Bersifat netral dan manis. Loofah berpengaruh pada jantung, limpa dan perut. Tanaman ini dapat merangsang aliran darah menstruasi, demam tinggi dan mengubah bentuk dahak.

  • Akar Teratai

Bersifat menyejukkan dan astringen. Akar tanaman ini berpengaruh pada jantung, limpa dan perut. Akar teratai dapat menyejukkan darah dan membersihkan keracunana dalam darah.

  • Bawang

Bersifat menghangatkan, manis dan pedas. Bawang dapat menenangkan liver dan melembabkan usus.

  • Kentang

Bersifat netral dan manis. Kentang mentah sedikit menyejukkan. Kentang dapat memperkuat limpa dan perut, menetralkan racun dan memperkuat Qi.

  • Labu

Bersifat menyejukkan dan manis. Buah labu menyehatkan limpa dan berbagai organ dalam serta menghangatkan perut.

Peringatan: Orang-orang yang terserang demam dan lemas seharusnya tidak mengkonsumsi buah ini.

  • Lobak

Bersifat menyejukkan, pahit dan manis. Lobak baik untuk paru-paru dan perut. Tanaman ni dapat mengurangi perasaan malas, menurunkan panas dan demam, mengencerkan dahak menghangatkan organ-organ dalam dan menetralkan racun.

  • Bengkuang

Bersifat menyejukkan dan manis. Bengkuang berpengaruh pada perut, membantu mengeluarkan air liur dan menghentikan dahaga.

  • Ubi Rambat
ubi rambat

ubi rambat

Bersifat netral dan manis. Ubi rambat mentah bersifat sedikit menyejukkan. Makanan ini berpengaruh pada limpa dan perut, memperbaiki aliran Qi, merangsang keluarnya air liur, dan melembabkan perut dan usus.

Daun ubi rambat terasa manis dan bersifat sedikit menyejukkan. Sayuran ini dapat melembabkan paru-paru dan perut serta membantu mengatasi berbagai gangguang buang air kecil dan juga nanah.

Makanan ini baik sekali bagi orang-orang yang menderita sembelit dan perasaan kering dalam usus.

Peringatan: Orang-orang yang mengalamo nyeri perut dan perut asam harus menghindari ubi rambat.

  • Tomat

Bersifat netral, manis dan asam. Di samping wortel dan brokoli, tomat menduduki tempat penting ketiga dalam hal kandungan licopen – yaitu sebuah zat antioksidan yang dapat melindungi orang dari kanker serviks, kanker kandung kemih dan kanker pankreas. Tanaman ini kaya akan vitamin A, beta dan alfa karoten. Bagi orang Cina, tomat baik sekali baik perut. Tomat dapat meningkatkan keluarnya air liur, mengusir dahaga dan membantu pencernaan.

Peringatan: Orang yang merasa perut dan ususnya panas serta lembab tidak boleh mengkonsumsi tomat.

  • Kenari air

Bersifat menyejukkan dan manis. Kenari segar mengandung banyak air dan dimakan segar sebagai camilan, dibuat jus ataupun dioseng. Orang yang terkena jerawat, ruam-ruam, bisul, eksim, dan lain sebagainya akan merasakan bahwa memakan kenari air sangat baik bagi kondisi mereka. Kenari air disebut dapat menurunkan panas, mengurangi dahak, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan air liur.

 

 

1 comment for “Jenis Sayur-sayuran Untuk Terapi Kanker

  1. Pingback: wade

Comments are closed.