Jenis Sayur Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Apakah belakangan ini anda sedang berusaha menurunkan berat badan dengan cepat namun tidak kunjung membuahkan hasil yang positif ?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk membantu menurunkan berat badan, semua tergantung kepada selera anda.

Namun di antara sekian banyak cara yang bisa anda terapkan untuk menurunkan berat badan dengan cepat, disarankan untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat misalnya dengan sering berolahraga dan lebih memilih untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran daripada junkfood.

Adapun di luar sana terdapat banyak jenis sayur yang bisa anda konsumsi untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Berikut ini adalah Jenis Sayur Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat, diantaranya :

  1. Brokoli brokoli

Sayur brokoli termasuk jenis sayur yang masuk ke dalam suku kubis-kubisan, mengandung mineral, vitamin, serat dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

Dari suatu penelitian disebutkan bahwa dalam setiap 100 gr sayur brokoli hanya terdapat sekitar 34 kalori saja, dimana tentunya hal ini bisa menjadi kabar gembira bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badannya dengan cepat.

Dalam sayur brokoli terdapat serat yang disebut dengan pektin yang bisa berfungsi mengikat asam empedu, sehingga akan membuat jumlah kolesterol yang beredar di aliran darah menjadi semakin berkurang.

Karena tinggi akan kandungan serat maka dengan mengonsumsi brokoli maka akan menjaga jumlah kolesterol dalam tubuh, akibatnya semakin mengurangi resiko penyakit jantung.

 

  1. Kol atau Kubis

Sayur kol atau kubis kaya akan kandungan serat, vitamin C, antioksidan, rendah lemak dan kolesterol, adapun untuk bisa mendapatkan manfaat nutrisinya maka disarankan untuk mengonsumsinya secara langsung sebagai sayur lalapan.

Dalam setiap 100 gr sayur kol terdapat energi sebesar 103 kJ, karbohidrat 5,8 gr, kalsium 40 mg, protein 1,28 gr, lemak 0,1 gr, gula 3,2 gr, diet serat 2,5 gr, besi 0,47 mg, magnesium 12 mg, fosfor 26 mg, kalium 170 mg, seng 0,18 mg, dll.

 

  1. Kembang Kol

Kembang kol merupakan sayur sumber vitamin C (asam askorbat), folat, vitamin K (phylloquinone) dan vitamin B-6. Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), dan sejumlah kecil vitamin E (alfa-tokoferol).

Dalam kembang kol juga terdapat mineral penting seperti fosfor, kalsium, magnesium, kalium dan mangan tidak terdapat kandungan kolesterol yang berbahaya.

Kembang kol juga tinggi akan kandungan serat namun tidak banyak mengandung gula alami dan di antara sekian banyak jenis kembang kol terdapat beberapa jenis kembang kol yang bisa dibedakan menurut warnanya misalnya seperti kembang kol putih, hijau, ungu dan oranye.

 

  1. Romaine Lettuce Romaine Lettuce

Sayur Romaine Lettuce mirip dengan sawi putih padahal berbeda dan jenis sayur ini biasanya disajikan berupa dalam menu salad.

Sayur Romaine Lettuce mengandung fosfor, iodium, zat besi, seng, kobait, tembaga, vitamin, mangan, kalsium, potasium dan sebagainya.

Dengan mengonsumsi jenis sayur ini secara rutin maka bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat karena sayur ini rendah akan kalori dan kaya akan serat.

 

  1. Bayam

Sayur bayam dikenal sebagai salah satu jenis sayur yang kaya akan zat besi, asam folat dan berbagai vitamin seperti A, B, C, E, K.

Dalam setiap 100 gr sayur bayam terdapat kandungan kalori sebesar 23 kal, di sisi lain sayur ini juga mengandung serat yang sangat baik untuk kesehatan.

 

  1. Mentimun

    jus untuk menjaga kesehatan saat hamil

    jus untuk menjaga kesehatan saat hamil

Mentimun merupakan jenis sayur yang bisa tumbuh dengan mudah di berbagai negara meskipun negara tersebut memiliki iklim yang sangat panas.

Mentimun bisa dipanen walaupun masih hijau, dan ketika dikonsumsi biasanya terasa agak manis, lembut dan dingin.

Biasanya mentimun dikonsumsi langsung sebagai lalapan, bisa juga diolah menjadi jus mentimun yang biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit sembelit.

Dalam setiap 100 gr mentimun hanya terdapat kalori sebesar 15 kal, dengan demikian sayur ini rendah akan kalori dan sangat baik untuk dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

 

  1. Seledri

Sayur seledri mengandung kalium yang bisa membantu proses pemecahan kabohidrat, folat yang bisa membantu memecah protein, kalsium yang bisa menjaga kesehatan gigi dan tulang, antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, dan serat yang berfungsi untuk membantu menurunkan berat badan dan mencegah sembelit.

Dalam setiap batang sayur seledri yang biasanya disajikan berupa salad, bahan sup, dan jus hanya terdapat 6 kalori saja.

 

  1. Paprika macam-macam paprika

Paprika memiliki banyak pilihan warna misalnya saja hijau, kuning, merah dan oranye dimana masing-masing perbedaan warna ini menunjukkan bahwa setiap buah/sayur paprika tersebut memiliki kandungan vitamin A yang lebih banyak contohnya yaitu paprika merah daripada yang berwarna hijau biasa.

Karena tingginya kandungan antioksidan pada paprika maka dengan mengonsumsi 1 buah saja maka kebutuhan vitamin C dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang anda butuhkan sudah terpenuhi sekitar 200% sedangkan vitamin A terpenuhi sekitar 75%.

Dalam setiap 1 buah paprika (sekitar 120 gr) terdapat 37 kalori, karbohidrat 7 gr, gula 5 gr, protein 1 gr, serat 2 gr, sodium 5 gr, vitamin C 152 mg, vitamin K 5,9 mcg, niasin 1,2 mg.

Disarankan untuk mengonsumsi paprika sebagai cemilan daripada mengonsumsi snack lain jika anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

 

  1. Lobak sayur lobak

Lobak adalah jenis sayur yang biasanya diolah menjadi sayur yang dikonsumsi dengan cara mengolah bagian umbinya.

Lobak identik dengan lobak putih namun di luar itu sebenarnya masih terdapat lobak ungu dan lobak merah.

Di dalam lobak putih terdapat kandungan berbagai vitamin seperti A, B1, B2, C, E, beta karoten, niasin, mangan, kolin, fosfor, zat besi, kalsium, asam oksalat dan serat.

Sebenarnya lobak putih bisa dikonsumsi secara langsung, mirip dengan jika kita mengonsumsi wortel mentah hanya saja biasanya lobak putih lebih sering disajikan ke dalam bentuk makanan sup.

Dengan mengonsumsi lobak putih maka bisa memberikan efek kenyang lebih cepat terhadap perut sehingga bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Dan sudah bukan rahasia umum bahwa dengan sering mengonsumsi lobak putih maka bisa membantu kesehatan jantung sehingga anda akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke.