Kandungan dan Manfaat Buah Duku


Kandungan Nutrisi Buah Duku

Buah duku adalah jenis buah yang berbuah selama setahun sekali dan termasuk jenis tanaman yang bisa hidup dengan subur di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Tanaman duku termasuk jenis tanaman anggota jenis buah Meliaceae yang berasal dari Asia Tenggara bagian barat.

Ciri buah duku yaitu memiliki bentuk buah yang hampir mirip dengan buah pisitan, langsat dan sejenisnya.

Adapun buah duku memiliki banyak nutrisi dimana dalam setiap 100 gr buah duku, terdapat kandungan nutrisi seperti berikut ini :

  • kalori sebesar 7 kkal
  • karbohidrat 13 gr
  • protein 1 gr
  • zat besi 0,9 gr
  • mineral 0,7 gr
  • lemak 0,2 gr
  • dan sebagainya

Meskipun memiliki bentuk buah yang kecil, namun jika dibandingkan dengan buah yang lebih besar seperti apel dan jeruk ternyata buah duku memiliki kandungan nutrisi yang lebih besar.

Buah duku juga kaya akan kandungan vitamin C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan dan juga bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Buah duku biasanya dikonsumsi sebagai jenis buah pencuci mulut atau digunakan sebagai puding, isian dari selai, dan sebagainya.

Buah duku yang masih berwarna hijau kekuningan biasanya rasanya masam, sedangkan yang berwarna kuning rasanya manis dan menandakan bahwa buah tersebut sudah matang.

Sebenarnya ada pula buah duku yang rasanya pahit, namun sebenarnya rasa pahit itu berasal dari biji buah duku yang digigit.

 

Manfaat Kesehatan Duku buah duku

Berikut ini merupakan manfaat kesehatan dari buah duku, diantaranya :

  • Sumber Antioksidan

Kandungan vitamin C pada buah duku menjadikan buah ini berfungsi sebagai sumber antioksidan yang juga bisa berfungsi untuk mencegah resiko tubuh mengalami kerusakan yang disebabkan oleh serangan radikal bebas.

Kerusakan yang disebabkan oleh serangan radikal bebas biasanya dipengaruhi oleh proses pencernaan makanan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh.

Dengan demikian kandungan antioksidan di dalam buah duku menjadikan buah ini bisa berfungsi menjaga tubuh dari mengalami kerusakan akibat serangan akibat zat beracun atau serangan radikal bebas.

 

  • Mencegah Penuaan Dini

Manfaat duku yang lain yaitu bisa membantu mencegah seseorang untuk mengalami penuaan dini dimana hal ini juga bisa dipicu oleh serangan radikal bebas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa buah duku tinggi akan kandungan vitamin C yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan radikal bebas.

Adapun vitamin C juga memiliki fungsi lain yaitu untuk melindungi asam nukleat, protein lipid, serta karbohidrat yang diakibatkan oleh kemungkinan mengalami kerusakan yang disebabkan oleh racun atau polusi dari serangan radikal bebas.

 

  • Menguatkan Gigi

Buah duku bisa membantu meningkatkan kekuatan gigi karena buah duku tinggi akan kandungan fosfor di dalamnya.

Dengan demikian maka dengan mengonsumsi buah duku secara rutin, maka dampaknya dalam jangka waktu yang lama bisa menjaga kekuatan gigi.

 

  • Menjaga Kesehatan Gusi

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh maka secara tidak langsung Anda menjaga kesehatan gusi Anda, dimana buah duku tinggi akan kandungan vitamin C.

 

  • Meningkatkan Sistem Imun

Semua orang membutuhkan asupan vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuhnya dari ancaman penyakit.

Adapun buah duku tinggi akan kandungan vitamin C yang bisa membantu menjaga melindungi tubuh dari ancaman penyakit atau bisa juga membantu meningkatkan masa pemulihan terhadap suatu kondisi penyakit.

 

  • Menurunkan Berat Badan Kandungan dan Manfaat Buah Duku

Anda bisa menggunakan buah duku untuk membantu menurunkan berat badan atau membantu program diet Anda.

Buah duku mengandung Carnitine yang bisa mengarahkan molekul lemak pada sebuah jaringan pembakaran lemak.

Siapapun yang ingin berat badannya bisa turun dengan sukses maka dirinya harus memperhatikan molekul lemak tersebut, karena jika Anda kekurangan molekul lemak ini maka dampaknya akan membuat Anda mudah merasa lelah dan seperti kekurangan energi.

Dengan demikian bilamana tubuh Anda kekurangan carnitine maka akan mengakibatkan terjadinya penimbunan lemak.

 

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Tingginya kandungan serat pada buah duku menjadikan buah ini bisa bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Buah duku juga bisa berfungsi untuk mencegah saluran pencernaan terkena kanker.

Bahkan jika dibandingkan dengan jenis buah jeruk manis ataupun apel maka kandungan kalori, zat besi dan mineral pada buah duku lebih banyak dari kedua jenis buah tersebut.

 

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan rutin mengonsumsi jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin E, maka dampaknya akan membuat kesehatan kulit Anda terjaga dengan baik.

Salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin E adalah buah duku, dimana vitamin E di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari sinar ultraviolet, mencegah penuaan dini, melembutkan serta menghaluskan kulit, melembabkan kulit dan meningkatkan masa pemulikan luka pada kulit.

 

  • Mengendalikan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi buah duku secara rutin diketahui bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

  • Mengatasi Diare dan Demam

Anda bisa mengonsumsi buah duku untuk membantu mengatasi diare, menurunkan panas atau demam yang tinggi.

Adapun ramuannya terdiri dari biji buah duku secukupnya kemudian ditumbuk sampai menjadi halus, lalu dicampur dengan air dan minum ramuan tersebut tiap hari 1 kali.

 

  • Mengusir Nyamuk

Selain memiliki rasa buah yang manis dan nikmat, kulit buah duku juga bisa Anda manfaatkan untuk mengusir serangga atau nyamuk.

Caranya cukup mudah yaitu bakar kulit buah duku untuk mengusir nyamuk atau serangga yang mengganggu.

 

  • Pengobatan Masalah Kesehatan Kulit 

    menjaga kesehatan kulit

    menjaga kesehatan kulit

Selain bisa dikonsumsi, buah duku juga memiliki berbagai manfaat kesehatan misalnya digunakan untuk mengatasi gatal-gatal dengan cara menggosok-gosokkan kulit duku pada kulit yang gatal.

Bisa juga digunakan untuk mengatasi jerawat dengan cara mengoleskan kulit duku pada kulit yang terdapat jerawat.