Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

jambu biji

jambu biji

Jambu biji merupakan buah yang memiliki warna yang eksotis. Jambu biji memiliki nama ilmiah Pridium guajava serta termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Jambu biji banyak disukai oleh masyarakat di Asia termasuk di Indonesia. Karena banyak ditanam dan dibudidayakan di berbagai wilayah di Indonesia, jambu biji memiliki banyak nama seperti jambu siki maupun jambu klutuk. Di Jawa jambu biji disebut jambu klutuk karena saat dimakan, bijinya akan berbunyi ‘klutuk klutuk’ saat dikunyah di dalam mulut.

Jambu biji termasuk tanaman yang cocok untuk iklim tropis seperti di benua Asia. Jambu biji disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki kulit buah yang berwarna hijau dengan daging buah yang berwarna putih, namun ada juga yang daging buahnya berwarna merah. Banyak yang suka dengan jambu biji karena memiliki rasa yang eksotis yaitu perpaduan antara manis dengan asam.

Meskipun jambu biji memiliki rasa manis asam yang membaur menjadi satu, namun buah ini tetap saja digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Selain itu, buah jambu biji memiliki biji yang bentuknya kecil namun jumlahnya banyak dan keras sekali. Tapi sekarang sudah ada buah jambu biji unggulan yang memiliki rasa yang manis serta bijinya tidak terlalu banyak seperti jambu biji varietas biasa.

Jambu biji banyak mengandung vitamin terutama vitamin C dan vitamin A yang baik sekali untuk menjaga kondisi tubuh kita agar tetap sehat. Bahkan, kandungan vitamin C dalam jambu  biji memiliki kadar yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan jeruk yang kandungan vitamin C nya ‘hanya’ 49 mg/100 gram. Dan, kandungan vitamin C dalam buah jambu biji lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah kiwi sehingga buah jambu biji sering disebut sebagai rajanya vitamin C.

Vitamin C yang terkandung dalam buah biji banyak terdapat pada bagian kulit serta daging buah bagian luarnya yang tebal. Dan umumnya, kandungan vitamin C dalam buah jambu biji akan semakin bertambah saat buah jambu biji mulai masak.

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, buah jambu biji juga mengandung banyak serat yang disebut pectin yang merupakan jenis serat yang larut dalam air. Pectin yang terkandung dalam buah jambu biji ini bermanfaat sekali bagi tubuh kita untuk menjaga kesehatan organ pencernaan serta mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita dengan cara mengikat kolesterol yang berlebihan dalam tubuh kita bersama dengan asam empedu di dalam tubuh dan membuangnya dari dalam tubuh kita.

guavaSelain mengandung vitamin C, vitamin A serta pectin, jambu biji juga mengandung banyak mineral seperti magnesium dan mangan, asam amino esensial yaitu tryptophan, juga mengandung senyawa fitokimia yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti asam alegat, asam korbigen maupun asam linoleat.

Dalam buah jambu biji juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B1 serta air.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah jambu biji, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah jambu biji untuk menjaga kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Menyembuhkan infeksi dalam tubuh

Dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, buah jambu biji akan meningkatkan sistem imunitas tubuh kita sehingga tubuh kita lebih kebal dari serangan penyakit maupun infeksi . Dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara langsung maupun mengkonsumsi jus buah jambu biji daat kita mengalami radang tenggorokan maupun flu, maka akan mempercepat proses penyembuhan dari penyakit tersebut.

  • Mencegah serangan kanker

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi ditambah dengan adanya senyawa flavonoid daalam buah jambu biji, maka membuat buah jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat dan mampu menghambat produksi nitrosamin yang merupakan zat yang dapat memicu munculnya kanker dalam tubuh kita. Vitamin C yang cukup dalam darah nantinya akan mendorong kinerja selenium untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat maupun kanker colon. Kandungan likopen dalam buah jambu biji nantinya akan menghambat oksidasi lemak dalam tubuh kita sehingga kita jauh dari serangan kanker.

  • Mencegah terjadinya jantung koroner

Kandungan kalium dalam buah jambu biji ternyata lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan kalium dalam buah pisang. Kalium dalam buah jambu biji dapat membantu denyut jantung agar tetap stabil. Selain itu kandungan asam alegat, asam korbigen serta serat dalam buah jambu biji juga mampu mengikat lemak berlebihan dalam tubuh sehingga kita terhindar dari pembentukan plak dalam pembuluh darah atau aterosklerosis yang bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner.

  • Mencegah diabetes
jus jambu biji

jus jambu biji

Pectin yang terkandung dalam buah jambu biji akan berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah sehingga buah ini sangat cocok sekali untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap diabetes.

  • Menurunkan kondisi hipertensi

Selain mencegah timbulnya aterosklerosis yang bisa menyebabkan jantung koroner, kandungan kalium dalam buah jambu biji juga dapat menstabilkan tekanan darah. Kondisi hipertensi dapat diturunkan dengan cara mengkonsumsi jambu biji secara rutin, agar tekanan darahnya menjadi tetap stabil.

  • Antivirus serta antiinflamasi

Vitamin C dalam buah jambu biji akan ikut berperan dalam pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk mempercepat kesembuhan luka. Selain itu, kandungan senyawa flavonoid dalam buah jambu biji memiliki sifat antiinflamasi, antialergi serta antivirus. Jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah jambu biji agar kita terhindar dari serangan virus dan mencegah munculnya inflamasi.

  • Antibakteri serta desinfektan bagi tubuh

Jambu biji kaya akan astringent yang sifatnya basa serta memiliki sifat antibakteri serta desinfektan yang alami bagi tubuh kita. Berbagai penyakit khususnya seperti diare maupun disentri yang umumnya lebih disebabkan oleh adanya pertumbuhan mikroba dalam tubuh akan dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi buah jambu biji.

  • Menjaga kesehatan organ otak maupun saraf

Kandungan vitamin B dalam buah jambu biji berperan penting dalam menjaga kesehatan organ otak. Jambu biji mengandung vitamin B serta B6 yang cukup tinggi. Vitamin B3 yang biasa disebut niasin berfungsi untuk merangsang fungsi otak serta meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak. Sedangkan vitamin B6 yang biasa disebut pyridoxine, merupakan vitamin yang menting untuk organ otak serta untuk menjaga fungsi saraf.

  • Sumber antioksidan

Vitamin C yang tinggi dalam buah jambu biji dapat memenuhi semua kebutuhan tubuh akan vitamin C harian. Vitamin C yang tinggi akan menjadi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini, mencegah serangan radikal bebas serta berbagai penyakit lainnya. Vitamin C dalam buah jambu biji terdapat pada bagian kulitnya.

  • Memperlancar pencernaan

Buah jambu biji kaya akan pectin yang baik sekali untuk memperlancar pencernaan. pectin, nantinya akan melindungi membran usus dengan cara mengurangi efek buruk dari racun dan mengikat bahan kimia penyebab kanker di bagian usus besar.

Selain itu, daun jambu biji ternyata memiliki manfaat yang lain untuk kesehatan tubuh kita, yaitu dapat membantu menaikkan kadar trombosit bagi orang yang mengidap penyakit demam berdarah. Buah jambu biji yang dijus dan diberikan pada pengidap demam berdarah sebenarnya tidak berkhasiat untuk menaikkan kadar trombosit, namun sebagai upaya untuk memenuhi ke butuhan cairan dalam tubuh sebagai akibat dari menurunnya trombosit.

2 comments for “Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

  1. Pingback: Alex
  2. Pingback: Joe

Comments are closed.