Kandungan Dan Manfaat Buah Kesemek

manfaat buah kesemek

manfaat buah kesemek

Kesemek, sering disebut sebagai apel jawa karena bentuknya yang mirip dengan buah apel. Namun ternyata buah kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan butuh kita.

Buah kesemek memiliki kandungan gizi yang tidak kalah hebatnya dengan apel. Bahkan kesemek memiliki kandungan gizi yang lebih lengkap dan lebih banyak sehingga mengkonsumsi 1 buah kesemek sama dengan mengkonsumsi 2 buah apel sekaligus.

Buah kesemek yang masih muda mengandung zat tanin yang biasanya dinamakan dengan tanin-kaki, yang dapat menimbulkan efek rasa sepat pada buah kesemek. Namun, zat tanin ini akan semakin berkurang seiiring dengan matangnya buah.

Tanin-kaki ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pengawet berbagai macam kerajinan tangan, membantu dalam proses pembuatan arak beras di Jepang maupun sebagai bahan campuran untuk metode pengobatan penyakit hipertensi.

Berdasarkan riset yang pernah dilakukan, ternyata kesemek memiliki banyak kandungan zat-zat sangat bermanfaat. diantaranya adalah senyawa banyak antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah munculnya kanker serta menghambat proses penuaan dini.

buah kesemek

buah kesemek

Selain itu, mengkonsumsi 1 butir kesemek setiap hari akan dapat mencegah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena kesemek dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Dengan adanya kelenturan pembuluh darah serta tekanan darah yang tetap stabil, maka organ jantung anda akan tetap terjaga kesehatannya.

Buah kesemek mengandung karbohidrat, vitamin A, kalsium, fosfor, retinol, vitamin A dan C, polifenol, kalium serta asam askorbat.

Kesemek dapat menjaga kesehatan organ paru-paru, memperkuat organ limpa serta menghilangkan haus karena kandungan airnya yang cukup banyak. Buah kesemek dapat dimakan secara langsung maupun diolah sebagai makanan selingan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan polifenol di dalam buah kesemek dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga lemak-lemak jahat yang ada dalam tubuh kita menjadi berkurang. Selain itu kesemek juga mengandung kalori, lemak yang baik serta kaya akan serat sehingga dapat menjaga organ pencernaan.

kesemekKandungan flavonoid dan senyawa antioksidan seperti catecin serta gallocatechin ditambah dengan senyawa antikanker yaitu asam betulinic dalam kesemek sangat penting sekali peranannya bagi kesehatan tubuh kita.

Senyawa catechin dalam buah kesemek merupakan agen yang memiliki kemampuan sebagai antiinfeksi, anti peradangan, serta mencegah pendarahan dari pembuluh darah.

Buah kesemek juga mengandung vitamin A, betakaroten, likopen lutein, zeaxanthin serta cryptoxanthin yang memiliki fungsi untuk mempertahankan diri dari serangan radikal bebas yang memiliki peranan aktif dalam berbagai macam penyakit degeneratif dan penuaan dini.

Kandungan zeaxanthin dalam kesemek dapat diserap dengan baik oleh retina di dalam mata sebagai cara untuk melindungi organ mata dari terserang  kebutaan dan penyakit mata seperti katarak.

Di samping itu, buah kesemek juga mengandung zat-zat seperti asam folat, piridoksin serta thiamin. berbagai zat tersebut berperan sebagai agen ganda untuk menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara menjaga daya tahan dan kekebalan tubuh kita.

Buah kesemek yang masih segar mengandung berbagai mineral penting seperti kalium, tembaga, mangan serta fosfor. Mangan merupakan agen yang dapat bermutasi sebagai enzim superoksida yang dapat memusnahkan radikal bebas yang kuat sekalipun.

Mineral tembaga dalam kesemek merupakan komponen penting dalam pembentukan enzim yang nantinya akan bergabung dengan mangan dan seng dalam menghandurkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Selain itu, tembaga juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk memproduksi sel-sel darah merah.

2 comments for “Kandungan Dan Manfaat Buah Kesemek

  1. Pingback: Adam
  2. Pingback: Allan

Comments are closed.