Kandungan Dan Manfaat Buah Nangka


Selain bisa dikonsumsi langsung seperti jenis buah-buahan yang lain, buah nangka juga bisa diolah atau dimasak menjadi masakan sayuran.

Jenis buah yang memiliki ciri khas aroma wangi yang menyengat ini juga memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari yang kecil seukuran kepala manusia hingga yang besar.

Rasa buahnya manis dan enak, sedangkan biji buahnya juga masih bisa diolah menjadi makanan lain.

pohon nangka

Kandungan Buah Nangka

Hampir sama dengan buah durian, buah nangka juga tinggi akan kandungan kalori akan tetapi berupa kandungan gula yang sederhana seperti glukosa dan fruktosa yang bisa dirubah langsung menjadi energi.

Buah nangka bisa dikonsumsi setiap hari sebagai menu buah harian karena didalamnya terdapat vitamin A, B, C dan mineral seperti fosfor, kalium, magnesium, seng dan kalsium.

Berikut ini adalah Kandungan Dan Manfaat Buah Nangka, diantaranya :

Pada setiap 100 gr buah nangka terdapat kandungan kalori sebanyak 95 kalori.

Buah daging nangka mudah dicerna, lembut dan memiliki kandungan gula sederhana seperti sukrosa dan fruktosa. jus nangka

Bilamana Anda mengonsumsi buah nangka maka energi Anda akan langsung terisi ulang dan tubuh Anda akan segera terevitalisasi.

Namun jangan mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak karena akan menimbulkan banyak gas dalam perut.

Buah nangka bisa Anda jadikan sebagai obat pencahar karena buah ini tinggi akan kandungan serat makanan.

Kandungan serat di dalamnya bisa membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara menghilangkan dan mengikat bahan kimia penyebab kanker usus besar.

Pada buah nangka segar terdapat sejumlah kecil vitamin A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, cryptoxanthin-b dan lutein.

Senyawa tersebut secara bersamaan memiliki fungsi penting sebagai antioksidan dan mengoptimalkan penglihatan mata.

Tubuh juga membutuhkan vitamin A untuk menjaga integritas membran lendir dan kulit.

Buah-buahan alami yang kaya akan kandungan vitamin A dan karotenoid telah menunjukkan bahwa memiliki manfaat seperti menjaga paru-paru dan melindungi tubuh dari kanker rongga mulut.

Bukan hanya itu saja karena buah nangka juga kaya akan kandungan antioksidan vitamin C dimana terdapat sekitar 23% dari RDA atau 13,7 mg.

Mengonsumsi bahan makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C seperti buah nangka bisa membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya.

Vitamin C juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melawan sel degenaritif yang bisa menjadi pemicu munculnya gejala kanker sebagaimana manfaat buah apel dan lemon.

Buah nangka juga kaya akan kandungan vitamin B-kompleks, misalnya seperti pyridoxine (vitamin B-6), riboflavin, niasin dan asam folat.

Buah nangka tinggi akan kandungan mangan, kalium, magnesium, dan besi.

Adapun kalium adalah komponen yang penting dari cairan dan sel tubuh yang bisa membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

 

Manfaat Biji Nangka biji nangka

Buah nangka memang termasuk jenis buah yang menggoda, namun pada saat sedang asyik mengonsumsinya biasanya tanpa kita sadari kita membuang bijinya, padahal kandungan protein dan nutrisi pada bijinya termasuk tinggi.

Biji nangka atau biasa disebut beton bisa diambil dari buah nangka yang telah matang, setelah itu jemurlah di tempat yang panas untuk beberapa saat sebelum akhirnya direbus.

Berikut ini adalah manfaat biji nangka, diantaranya :

  • Tinggi protein

Biji nangka tinggi akan kandungan protein dimana buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa juga ditambahkan ke dalam berbagai masakan sebagai menu masakan yang berbeda.

Anda bisa mengonsumsi biji nangka sebagai makanan cemilan pengganti kacang.

 

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Anda bisa mengolah biji nangka menjadi bentuk bubuk untuk digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan.

Caranya yaitu biji nangka kering digiling sampai menjadi bentuk bubuk, atau cara termudahnya Anda bisa membelinya di pasaran.

 

  • Menyehatkan Rambut

Biji nangka bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah yang sehat dan lancar, dimana hal ini sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan biji nangka untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

 

  • Mencegah kerusakan rambut

Karena biji nangka tinggi akan kandungan vitamin A, maka Anda bisa mengonsumsinya untuk mencegah rambut Anda mengalami kekeringan dan kerapuhan.

 

  • Melawan Keriput

Caranya cukup mudah yaitu ambil biji nangka kemudian celupkan ke dalam susu dingin untuk beberapa saat.

Setelah itu giling dan terapkan pada kulit Anda yang mengalami kekeriputan dengan lembut.

Dengan melakukan perawatan ini secara rutin setiap hari sekali selama 1 bulan maka kulit Anda yang keriput akan menghilang.

 

  • Mendapatkan kulit mulus

Biji nangka kering direndam dengan menggunakan kombinasi manfaat madu dan susu.

Setelah itu semua bahan tersebut digiling sampai menjadi pasta halus, lalu terapkan pasta tersebut pada kulit wajah Anda secara merata.

Setelah kering, bilas wajah Anda dengan menggunakan air bersih.

 

Selain buah dan biji buah nangka, batang pohon nangka biasanya dimanfaatkan sebagai bahan furniture atau mebel karena dikenal kuat dan tidak mudah lapuk.

 

Pemilihan dan Penyimpanan Nangka

Buah nangka adalah tanaman asli Asia Tenggara yang dijual di pasar untuk seluruh dunia dan juga diekspor ke Amerika Serikat dan Eropa.

Selain diolah menjadi bahan masakan atau dikonsumsi langsung, buah nangka biasanya juga diolah menjadi kripik, selai dan sirup, dimana produk-produk ini telah banyak diekspor keluar negri dan menjadi salah satu kebanggaan produk dalam negri.

 

Kandungan Dan Manfaat Buah Nangka

Klasifikasi Buah Nangka

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus: Artocarpus
Spesies: Artocarpus heterophyllus