Kandungan Dan Manfaat Buah Rambutan


Rambutan merupakan salah satu jenis buah yang biasanya tumbuh subur di negara-negara yang beriklim tropis, misalnya di Indonesia.

Hingga seiring dengan berkembangnya zaman, tanaman rambutan makin tersebar di negara-negara lain seperti negara di Afrika, Amerika Tengah, Kamboja, Thailand, Sri langka, negara-negara Karibia dan Filipina.

Buah rambutan termasuk jenis buah yang tumbuh subur di musim-musim tertentu, sehingga Anda bisa menemukan buah rambutan dengan mudah di pasaran jika sudah tiba musimnya di pasaran.

Jenis-Jenis Buah Rambutan

Nama buah rambutan berasal dari daging buah yang dibungkus dengan kulit yang memiliki rambut dan agak kaku jika disentuh.

Adapun buah rambutan memiliki beberapa jenis, sehingga tidak heran jika Anda menemukan ada beberapa jenis buah rambutan yang berbeda di pasaran.

  • Rambutan Rapiah rambutan rapiah

Rambutan rapiah merupakan salah satu jenis buah rambutan yang paling disukai oleh masyarakat karena memiliki daging buah yang tebal, rasa yang sangat manis dan agak kenyal jika dikunyah.

Salah satu kelebihan jenis rambutan rapiah dari jenis rambutan yang lain, yaitu memiliki biji yang “ngelotok” dari daging buah sehingga Anda bisa menikmati seluruh daging buah rambutan.

 

  • Rambutan Si Nyonya Rambutan si nyonya

Nama rambutan “si Nyonya” berasal dari tampilan jenis rambutan yang terbilang cantik dan menarik untuk dipandang.

Buah yang lebat dan berwarna merah membuat jenis rambutan ini semakin menarik untuk dipandang.

Jenis rambutan ini disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan unik.

 

  • Rambutan Binjai Rambutan binjai

Jenis rambutan lain yang bagus dan enak di pasaran yang lain adalah rambutan Binjai.

Jenis rambutan binjai berasal dari Binjai, Sumatera Utara dimana jenis rambutan ini dibudidayakan oleh masyarakat dan petani dikarenakan memiliki tingkat produktifitas buah yang sangat tinggi.

Jenis rambutan binjai memiliki bentuk yang agak lonjong dan agak panjang, rambut kasar dan jarang, serta memiliki warna merah dengan sebagian ujung rambut yang berwarna hijau.

Mengenai rasa, jenis rambutan binjai memiliki rasa yang hampir sama dengan jenis rambutan Rapiah yaitu renyah dan manis, namun memiliki kadar air yang lebih sedikit.

Rambutan binjai memiliki produktifitas yang sangat tinggi, yaitu 1200-2000 buah per tahun.

Jumlah tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan tingkat produktifitas jenis rambutan Rapiah yaitu sebanyak 1000-1600 buah atau 18-30 kg dalam setahun.

Meskipun jenis rambutan binjai memiliki tingkat produktifitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis rambutan Rapiah, namun tetap saja tiap jenis-jenis rambutan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Masa panen dari musim rambutan biasanya jatuh pada 120 hari setelah masa dari mekarnya bunga pada pohon rambutan.

Panen bisa dilakukan dengan cara memotong tandan buah atau tangkai buah, dimana biasanya jatuh pada bulan Desember sampai Februari.

Membudidayakan buah rambutan hampir sama dengan membudidayakan jenis tanaman yang lain, yaitu dibutuhkan kesediaan waktu untuk merawat tanaman supaya bisa menghasilkan buah yang baik dan maksimal.

Salah satu contoh dari perawatan tanaman rambutan yaitu membersihkan gulma yang ada pada daerah sekitar tanaman, menyiram tanaman dan pemberian pupuk yang tepat.

 

  • Rambutan Si Bongkok Rambutan Si bongkok

Jenis rambutan si bongkok berasal dari Sungai Luhut, Kalimantan Selatan.

Jenis rambutan si bongkok adalah salah satu jenis rambutan yang dibanggakan oleh masyarakat Kalimantan Selatan.

Salah satu ciri dari jenis rambutan si bongkok adalah memiliki warna merah tua agak coklat, bentuknya lonjong dengan rambut yang agak halus, daging buah bening putih agak kering dan daging buahnya ngelotok dengan kulit biji yang agak lengket.

Rambutan si bongkok memiliki rasa yang manis tapi memiliki aroma yang kurang tajam dengan ukuran biji yang termasuk kecil dengan bentuk bulat panjang dan ujungnya agak bengkok.

Ukuran buahnya termasuk besar dengan berat rata-rata sekitar 51 gr per buah.

Mengenai produktifitas buah, biasanya tumbuh sekitar 3.500-4.500 buah atau 175-225 kg dalam setiap tahunnya.

 

  • Rambutan Si Batuk Ganal Rambutan Si batuk Ganal

Jenis rambutan si batuk ganai berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan dan memiliki ciri buahnya yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis rambutan yang lainnya dengan warna kulit merah kekuningan.

Bila daging buahnya sudah matang maka daging buahnya akan mudah terlepas dari bijinya.

Kandungan air pada buah rambutan si batuk ganai termasuk banyak dengan rasa buah yang manis dan segar.

Sebenarnya masih ada banyak jenis rambutan yang lainnya, namun jenis-jenis rambutan yang telah disebutkan tadi merupakan jenis rambutan yang paling sering dijual di pasaran.

 

Kandungan Nutrisi Rambutan

Dalam setiap 100 gr buah rambutan biasanya terdapat sekitar 69 kalori, 58 mg vitamin C dan 18,1 gr karbohidrat.

Buah rambutan termasuk salah satu jenis buah yang tinggi akan kandungan serat yaitu 2 gr dalam setiap 100 gr buahnya sehingga buah ini mudah untuk dicerna dan cocok untuk membantu program diet.

Pada dasarnya berbagai jenis rambutan memiliki gizi yang tinggi sehingga buah ini baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Manfaat Buah Rambutan

Berikut ini merupakan manfaat buah rambutan, diantaranya :

  • Menangkal Radikal Bebas

Berdasarkan laman Times of India, disebutkan bahwa pada kulit buah rambutan terdapat beberapa senyawa organik seperti asam galat.

Senyawa organik ini berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas atau membantu menjaga tubuh dari ancaman kerusakan oksidatif.

 

  • Penambah Stamina

Buah rambutan baik dikonsumsi oleh para atlet yang baru saja selesai melakukan latihan yang melelahkan karena buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa mengembalikan stamina yang hilang.

Ekstrak kulit dan buah rambutan diketahui bisa membantu memulihkan tenaga yang hilang.

 

  • Melindungi Ginjal

Buah rambutan mengandung fosfor yang bisa membantu menjaga kesehatan ginjal dengan cara mengeluarkan kotoran yang mengendap di dalam ginjal.

Selain itu kandungan kalsium dan fosfor juga bisa membantu menjaga tulang dari resiko pengeroposan.

 

  • Obat Diabetes

Selain ekstrak kulit manggis yang dikenal sangat efektif untuk mengatasi penyakit diabetes, buah rambutan juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah (glukosa).

Di negara kawasan Asia Tenggara buah rambutan dikenal bisa membantu mengatasi tekanan darah tinggi, diabetes dan berbagai penyakit yang lain.

Adapun kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan di dalam buah rambutan bisa membantu Anda yang sedang menjalani program diet.

 

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi jika dibiarkan bisa memicu resiko penyakit yang lain seperti stroke dan serangan jantung.

Mengonsumsi buah rambutan diketahui bisa membantu Anda untuk menghaluskan kulit dan mengurangi tekanan darah tinggi.