Kandungan Dan Manfaat Dari Dong Quai

manfaat dong quai untuk kesehatan

manfaat dong quai untuk kesehatan

Dong quai memiliki nama ilmiah Angelica sinensis. Dong quai merupakan anggota keluarga Apiaceae. Jadi mereka masih berkerabat dengan wortel, peterseli, maupun seledri.

Dong quai sering digunakan dalam ilmu pengobatan China untuk mengobati gangguan kesehatan pada wanita. Maka dari itu, dong quai juga disebut “ginseng wanita”

Dong quai banyak tumbuh di Asia, khususnya China, Jepang hingga Korea. Akar dong quai biasanya dipotong kecil-kecil kemudian dikeringkan. Setelah kering akar tersebut di tumbuk sampai menjadi bubuk.

Selama berabad-abad, dong quai digunakan sebagai bahan dalam mengobati gangguan kesehatan pada wanita. Karena dong quai mengandung banyak senyawa yang sangat baik sekali untuk kesehatan, khususnya kesehatan wanita.

Ada lebih dari 70 senyawa alami yang terkandung di dalam dong quai, seperti ferulic acid serta berbagai macam sakarida. Berbagai manfaat dari dong quai untuk kesehatan, meliputi:

  • Menjaga keseimbangan hormonal

Selama berabad-abad, dong quai dipercaya mampu menjaga keseimbangan hormonal bagi para wanita. Esktrak dong quai akan memperbaiki profil hormone estrogen dan membuat semua system tubuh bekerja secara normal. Kondisi seperti ini nantinya juga akan membantu memperbaiki kondisi menstruasi pada wanita.

  • Detoksifikasi darah

Salah satu factor penyebab munculnya penyakit adalah adanya penumpukan racun serta zat-zat berbahaya dalam darah. Ekstrak dong quai mampu mengurangi kadar racun serta zat-zat berbahaya yang ada dalam darah. Sebab, dong quai juga kaya akan biotin, asam folat serta vitamin B12 yang sangat baik untuk membersihkan segala jenis racun dalam darah maupun racun-racun yang menumpuk dalam tubuh.

  • Meningkatkan sirkulasi darah
teh dong quai

teh dong quai

Dong quai mengandung zat besi yang nantinya mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Zat besi merupakan komponen yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi mampu menyebabkan seseorang mudah mengalami anemia yang sering ditandai dengan gejala, seperti sakit kepala, lemah otot, kelelahan kronis, serta berbagai gangguan fungsi kognitif. Dengan meningkatnya sirkulasi darah keseluruh tubuh, maka akan terjadi peningkatan energy yang nantinya juga akan membantu mempercepat penyembuhan maupun untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Masalah menstruasi

Dong quai sering disebut sebagai ginseng wanita karena sering digunakan sebagai ramuan untuk masalah menstruasi maupun menopause pada wanita. Dong quai memiliki sifat antispasmodic yang nantinya akan mengurangi kram, perubahan mood, serta rasa tidak nyaman saat menstruasi. Selain itu, mengkonsumsi ekstrak dong quai akan ikut menjaga kondisi darah serta kondisi tubuh selama masa menstruasi. Konsumsi ekstrak dong quai juga akan membuat siklus menstruasi anda menjadi lebih teratur.

  • Mencegah stress

Mengkonsumsi ekstrak dong quai juga mampu mencegah dan mengobati stress pada wanita dan juga pria. Berbagai senyawa yang terkandung dalam dong quai akan membantu mengatur system hormonal dalam tubuh yang nantinya akan mengurangi terjadinya perubahan suasana hati serta meredakan pikiran.

  • Mencegah depresi

Dong quai dipercaya memiliki sifat menyegarkan dan membangkitkan mood. Hal seperti ini nantinya akan mampu mengurangi terjadinya depresi serta dampak buruk dari depresi pada kesehatan tubuh kita. Berbagai senyawa dalam dong quai mampu membantu pelepasan hormone serotonin yang nantinya akan membuat tubuh kita menjadi merasa nyaman dan senang.

  • Mengandung antioksidan

Dong quai memiliki banyak sekali senyawa alami yang efeknya baik sekali untuk kesehatan tubuh kita, termasuk mencegah radikal bebas merusak system organ dan menyebabkan berbagai jenis penyakit kronis. Jadi, dong quai memiliki potensi untuk mencegah terjadinya penyakit jantung bahkan kanker, karena mengandung banyak senyawa yang bersifat antioksidan.

  • Menjaga kesehatan jantung
akar dong quai

akar dong quai

Dong quai akan ikut membantu dalam hal menjaga kesehatan jantung dengan berbagai cara. Pertama, dong quai akan ikut menjaga tekanan darah tetap stabil. Kemudian dong quai juga akan ikut menjaga kestabilan irama detak jantung karena memiliki sifat antispasmodic. Dong quai juga akan berperan dalam mengurangi kelebihan trombosit yang menumpuk pada arteri dan pembuluh darah, yang merupakan salah satu penyebab terjadinya aterosklerosis, penyakit jantung maupun stroke.

  • Menjaga kesehatan kulit

Berbabagi senyawa yang bersifat antioksidan yang terkandung di dalam dong quai akan menjaga kulit tetap sehat dan menjadi tampak awet muda. Selain itu, dong quai juga memiliki senyawa yang bersifat anti-inflamasi serta antibakteri yang nantinya akan ikut menjaga kulit anda terhindar dari alopecia, eksim maupun psoriasis.

Meskipun memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan, namun sebaiknya tetap mengkonsumsi dong quai secara bijaksana. Wanita yang mengidap kanker payudara, pria yang mengidap kanker prostat, wanita yang sedang hamil maupun wanita menyusui sebaiknya jangan mengkonsumsi ekstrak dong quai.

Selain itu, dong quai juga memiliki seifat sebagai antikoagulan. Sebaiknya orang-orang yang memakai obat tekanan darah tidak mengkonsumsi dong quai, karena nantinya dapat menyebabkan terjadinya pendarahan hebat.

Karena dong quai termasuk herbal yang sangat kuat, sebaiknya tanyakan pada para ahli kesehatan tentang penggunaan dong quai.