Kandungan Dan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

bentuk daun pepaya

bentuk daun pepaya

Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang umumnya diolah ketika masih muda. Daun pepaya sering dijadikan masakan yang lezat serta dipercaya memiliki nilai gizi yang tinggi.

Disamping sering dijadikan sebagai bahan masakan, daun pepaya juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Daun pepaya memiliki bentuk yang menyerupai tangan manusia. Jika daun pepaya dilipat tepat pada bagian tengahnya, maka akan tampak bahwa daun pepaya memiliki bentuk yang simetris.

Daun pepaya banyak digunakan untuk mengobati serta mencegah berbagai masalah kesehatan, khususnya masalah pada saluran pencernaan, infeksi parasite pada bagian usus serta sebagai obat penenang dan obat diuretic atau peluruh air seni.

Selain itu, daun pepaya juga bisa digunakan untuk mengobati neuralgia atau nyeri saraf serta mencegah terjadinya elephantoid. Elephantoid merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan pada anggota tubuh karena adanya gangguan pada system limfatik. Elephantoid disebabkan oleh serangan cacing parasit

Daun pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin A, B1, C, protein, kalori, lemak, karbohidrat, kalsium dan juga air. Daun pepaya juga mengandung banyak senyawa seperti carposide yang berfungsi untuk membasmi berbagai macam cacing.

Enzim papain banyak terdapat dalam daun pepaya yang menyebabkan rasa pahit pada daun pepaya. Enzim papain menyebabkan adanya rasa pahit pada daun pepaya namun memiliki sifat sebagai stomakik atau meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, daun pepaya juga mengandung banyak senyawa lain yang baik untuk kesehatan, seperti tocophenol, fenolik, lisozom serta khimoprotein.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi maupun senyawa yang baik dalam daun pepaya, maka daun pepaya bisa kita gunakan untuk menunjang kesehatan kita, seperti:

  • Menghancurkan batu ginjal

Berbagai senyawa alami yang terdapat dalam daun pepaya mampu mengobati serta mencegah terjadinya batu ginjal. Cara dengan merebus daun pepaya dengan air dan meminum air rebusannya, setelah itu minumlah air kelapa muda. Namun sebaiknya orang-orang yang mengidap hipertensi tidak melakukan cara seperti ini.

  • Mengurangi nyeri haid

Berbagai kandungan nutrisi dalam daun pepaya mampu mengurangi nyeri haid. Ambillah beberapa helai daun pepaya dan ditumbuk dengan asam jawa, kemudian peraslah campuran dan disaring. Minumlah air saringan dari ramuan tersebut saat haid.

  • Mencegah demam berdarah
daun pepaya untuk mencegah demam berdarah

daun pepaya untuk mencegah demam berdarah

Daun pepaya dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah terjadinya demam berdarah. Rebuslah daun pepaya dengan air, kemudian minumlah air rebusan daun pepaya secara rutin. Cara seperti ini akan membuat anda terbebas dari penyakit demam berdarah.

  • Gangguan pencernaan

Berbagai nutrisi dan enzim yang terkandung dalam daun pepaya mampu mengobati serta mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

  • Mengobati masuk angin

Daun pepaya dapat digunakan untuk mengobati masuk angin. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan merebus daun pepaya, jinten, daun sembung, serai, jahe dan gula jawa. Saringlah air rebusan tersebut kemudian minumlah dalam keadaan hangat.

  • Mencegah diabetes

Daun pepaya juga bisa digunakan untuk mencegah diabetes. Daun pepaya mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah, sehingga selalu dalam keadaan stabil. Kadar gula dalam darah yang tetap stabil akan menjauhkan kita dari bahaya diabetes.

  • Mencegah kanker

Daun pepaya memiliki kemampuan untuk mencegah kanker. Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu memiliki kemampuan dalam mencegah serta melawan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker leher rahim, serta kanker pancreas tanpa menimbulkan efek samping. Kemampuan daun pepaya dalam mencegah serta melawan kanker dengan cara mengatur T-sel serta meningkatkan respon system kekebalan tubuh.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lain yang menakjubkan dari daun pepaya adalah kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu. Kemampuan daun pepaya dalam meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan cara mempercepat proses regenerasi trombosit serta sel darah putih. Selain itu, berbagai vitamin yang terkandung dalam daun pepaya, seperti vitamin A, C dan E akan semakin meningkatkan system kekebalan tubuh.

  • Menyehatkan rambut

manfaat daun pepaya  untuk rambutKarena berlimpahnya vitamin, mineral dan enzim, ekstrak daun pepaya juga bisa digunakan dalam perawatan rambut. Banyak shampoo serta kondisioner yang menambahkan ekstrak daun pepaya untuk menyehatkan rambut, memperkuat rambut, mencegah kebotakan, serta mampu mengatasi ketombe.

  • Menjaga kesehatan kulit

Daun pepaya juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan senyawa carpain dalam daun pepaya memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme maupun racun yang banyak menempel pada kulit kita. Dengan begini, maka kita akan terlindung dari berbagai masalah kulit, seperti noda pada kulit, noda di wajah maupun jerawat.