Kandungan Dan Manfaat Grape Skin (Kulit Anggur)

Pada halaman ini kami hanya menerangkan mengenai kandungan dan manfaat dari kulit anggur. Bila anda ingin mengetahui mengenai kandungan dan manfaat dari buah anggur, anda bisa klik di sini.

Grape skin atau kulit anggur mengandung serat dan resveratrol yang merupakan salah satu sumber antioksidan, yaitu flavonoid. Flavonoids terdiri dari  quercetin, prosianidin, katekin, dan antosianin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa resveratrol sangat bermanfaat bagi kesehatan karena bisa mencegah resiko kanker dan membuat awet muda.

Untuk mencegah aksidasi atau kerusakan sel tubuh akibat terpapar polusi dan zat-zat beracun, maka tubuh memerlukan antioksidan. Sedangkan kulit anggur mempunyai kandungan antioksidan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan antioksidan pada vitamin C. Maka dari itu bila anda mengonsumsi buah anggur, sebaiknya anda jangan membuang kulitnya. Walaupun kulit anggur lokal memiliki kulit yang lebih tipis bila dibandingkan dengan anggur impor, namun kulit anggur lokal juga mempunyai kandungan oksidan yang sangat tinggi.

Namun sebelum mengonsumsinya, sebaiknya anda cuci terlebih dahulu buah anggur dengan air bersih yang mengalir. Hal ini untuk membersihkan sisa-sisa pestisida yang masih menempel pada kulit buah anggur. Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya anda lebih sering mengonsumsi buah anggur. Buah ini aman untuk dikonsumsi setiap hari.

 

Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari kulit anggur, yaitu :