Kandungan Dan Manfaat Graviola (Sirsak)

Buah sirsak (Annona Muricata), yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai soursop adalah jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Biasanya buah yang mempunyai rasa yang khas manis keasaman ini dibuat sebagai minuman jus.

Buah yang mempunyai duri yang lunak ini biasanya juga dibuat sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan penyakit cacingan dan menurunkan hipertensi (darah tinggi).

Menurut berbagai penelitian di seluruh dunia, buah ini ternyata mempunyai banyak manfaat lain yang belum pernah dimanfaatkan sebelumnya. Yaitu sebagai obat herbal untuk membantu proses penyembuhan penyakit pembunuh nomer satu di dunia, yaitu penyakit kanker.

Bila dibandingkan dengan metode penyembuhan medis modern, misalnya kemoterapi. Buah sirsak ini mempunyai kemampuan yang jauh lebih hebat daripada kemoterapi.

Karena daun sirsak mengandung zat anti kanker (Annonaceous Acetogenin)  yang dapat membunuh sel-sel kanker tanpa harus membunuh sel-sel lain yang sehat seperti halnya kemoterapi.

Sebenarnya dulu pernah ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa buah pohon graviola dapat membunuh sel kanker. Penelitian ini dilakukan untuk kepentingan mereka sendiri. Yaitu mereka berencana membuat obat herbal yang terbuat dari sirsak, lalu menjual dan mengekspornya ke seluruh dunia. Tentunya dengan harga yang jauh lebih mahal daripada sekarang.  

Kemudian farmasi dan kedokteran dari Korea dan Jepang meneliti ulang tanaman sirsak ini. Pada akhirnya  mereka berhasil membuktikan bahwa sirsak adalah solusi yang efektif untuk membasmi dan mencegah sel kanker.

Selain itu mereka menemukan bukti bahwa teknik pengobatan menggunakan sirsak tidak mempunyai efek samping yang merugikan pasien seperti halnya kemoterapi.

Kemudian ada penelitian sama yang dilakukan oleh Health Sciences Institute dan Catholic University dari Korea Selatan.

Penelitian ini  berhasil membuktikan bahwa sirsak adalah pohon pembunuh sel kanker alami, meningkatkan kekebalan tubuh pasien, mampu mencegah infeksi, aman dan tanpa memiliki efek samping.

Sebagai perbandingan, keampuhan pengobatan herbal menggunakan sirsak 10.000 kali lebih ampuh daripada kemoterapi dan  adriamycin dalam membasmi sel-sel kanker.

Beberapa industri farmasi sempat kecewa karena tidak berhasil membuat hak paten untuk metode pengobatan herbal ini. Hal ini dikarenakan seluruh bahan aktif pengobatan ini murni berasal dari tumbuhan di alam.

Sirsak mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya :

  • Mampu membunuh sel-sel kanker dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.
  • Kandungan zat anti kanker pada sirsak hanya membunuh sel-sel kanker saja, sedangkan sel-sel yang sehat dipastikan aman.
  • Mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh penderita kanker sehingga sangat membantu proses penyembuhan dan perawatan penderita kanker.
  • Mampu mencegah infeksi.
  • Dunia medis menyatakan bahwa sirsak memiliki kemampuan 10.000 kali lebih ampuh dalam membasmi dan mencegah pertumbuhan sel kanker bila dibandingkan dengan metode pengobatan modern, misalnya kemoterapi.