Kandungan Dan Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

manfaat jagung untuk kesehatan

manfaat jagung untuk kesehatan

Jagung adalah salah satu tanaman pangan yang sangat popular di Indonesia. Selain enak untuk dibuat berbagai macam makanan, jagung juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Umumnya, jagung muda lebih baik untuk kesehatan jika dibandingkan dengan jagung yang sudah tua.

Jagung memiliki nama ilmiah Zea Mays ssp. Mays, merupakan salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain padi serta gandum. Bagi penduduk di Amerika tengah serta Amerika Selatan, bulir jagung merupakan makanan pokok, seperti sebagian penduduk di Afrika maupun beberapa daerah di Indonesia.

Saat ini, jagung juga sudah menjadi salah satu komponen penting untuk pakan ternak. Penggunaan lain dari jagung adalah sebagai sumber minyak pangan serta bahan baku tepung maizena.  Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai macam produk industry. Beberapa diantaranya adalah industry kimia, bioenergy, farmasi serta kosmetik.

Jagung, mengandung berbagai macam nutrisi yang penting bagi kesehatan kita, seperti vitamin A, B1, kalori, protein, lemak, karbohidrat, kaslium, fosfor, ferrum serta air. Selain itu, tongkol dan rambut jagung juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Tongkol dan rambut jagung yang masih muda diolah dengan cara direbus, dan airnya diminum. Air rebusan tongkol dan rambut jagung umumnya digunakan untuk pengobatan hipertensi, batu empedu serta batu ginjal.

Jagung manis merupakan varietas yang lebih enak untuk dikonsumsi sebagai sayuran. Berbeda dengan jagung pada umum, jagung manis umumnya dipanen ketika masih muda karena kandungan gula di dalamnya lebih cepat terkonversi dengan pati.

Jagung merupakan tanaman asli Amerika Tengah, yang kemudian diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia oleh orang-orang Spanyol. Tanaman jagung manis merupakan salah satu tanaman komersial yang penting bagi banyak negara sub tropis maupun negara tropis.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari jagung untuk kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Kaya serat

Jagung memiliki banyak kandungan gizi yang penting bagi kesehatan, seperti serat makanan, vitamin, antioksidan serta mineral. Jagung manis merupakan sumber makanan kaya akan serat. Serat akan memperlambat usus untuk mencerna karbohidrat dan gula. Sehingga gula darah tidak cepat naik.

  • Mengandung antioksidan
jagung muda

jagung muda

Warna kuning pada bulir jagung berasal pigmen fenolik yang mengandung flavonoid tinggi. Senyawa ini bersifat antioksidan dan diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit serta penglihatan. Selain itu flavonoid juga akan melindungi kita dari kanker paru serta kanker rongga mulut.

  • Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Mengkonsumsi jagung selama masa kehamilan akan mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf janin. Karena, jagung menyediakan asam folat. Kekurangan asam folat pada masa kehamilan nantinya akan mempengaruhi kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan.

  • Menjaga kesehatan mata

Senyawa lutein serta zeaxanthin dalam jagung merupakan senyawa yang bersifat karotenoid, yang nantinya akan membentuk pigmen kuning pada retina serta menyerap sinar biru atau ultraviolet pada sinar matahari. Dengan mengkonsumsi jagung anda akan terhindar dari bahaya seperti katarak serta macula degenerative.

  • Memenuhi kebutuhan vitamin B

Jagung, khususnya jagung manis mengandung vitamin B kompleks, seperti thiamin, niacin, folat, riboflavin, serta piridoksin. Berbagai vitamin tersebut sangat penting sekali artinya dalam proses metabolism.

  • Mengontrol kadar kolesterol

jagung thumbnailBerbagai vitamin seperti vitamin C, karotenoid serta bioflavonoid yang terkandung dalam jagung akan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kita. Dengan kadar kolesterol yang tetap terkontrol maka organ jantung kita akan tetap sehat.

  • Memperbaiki pencernaan

Dengan adanya serat pada jagung maka kesehatan system pencernaan kita akan tetap terjaga. Dengan system pencernaan yang baik, maka kita akan terhindar dari berbagai masalah, seperti sembelit, wasir maupun kanker colon.

  • Kaya akan mineral penting

Jagung mengandung berbagai mineral penting, seperti magnesium, zat besi serta fosfor yang sangat diperlukan oleh tubuh kita dalam hal menjaga kesehatan tulang. Nutrisi penting tersebut tidak hanya menjaga tulang kita tetap kuat, tapi juga dapat meningkatkan fungsi ginjal.

  • Mencegah anemia

Anemia merupakan suatu kondisi dimana berkurangnya jumlah sel darah merah karena kekurangan zat besi. Jagung mengandung zat besi serta asam folat yang akan mencegah kita mengalami anemia.

2 comments for “Kandungan Dan Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

  1. Pingback: Tommy
  2. Pingback: Lonnie

Comments are closed.