Kandungan Dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

manfaat jahe untuk kesehatan

manfaat jahe untuk kesehatan

Jahe memiliki nama ilmiah Zingiber officinale, merupakan tanaman rimpang yang sangat popular sebagai rempah, bahan obat maupun jamu. Rimpang jahe berbentuk seperti jari-jari yang menggembung di ruas-ruas bagian tengah.

Jahe memiliki rasa pedas karena adanya kandungan  senyawa keton bernama zingeron. Umumnya, jahe digunakan sebagai rempah maupun bahan pelengkap bumbu masakan tertentu. Namun, jahe juga sangat dikenal oleh masyarakat sebagai bahan minuman penghangat tubuh. Sebab, rasa jahe yang pedas sangat cocok untuk menghangatkan tubuh. Selain itu rasa pedas jahe memiliki sensasi rasa yang khas di lidah.

Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada juga sebagian orang yang percaya bahwa jahe berasal dari China Selatan. Jahe dibawa dari India dan di jual di Asia Tenggara, China, Jepang  sampai ke Timur Tengah. Pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa pedas dan hangat ditubuh menjadi komoditi yang popular di Eropa.

Selain untuk bumbu masakan dan bahan baku minuman penghangat, jahe juga sering dikonsumsi untuk meredakan masuk angin serta bahan tambahan obat-obatan herbal untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

minuman ginger ale

minuman ginger ale

Orang barat menggunakan jahe sebagai bahan baku ginger ale, minuman hangat yang sangat digemari di sana. Sementara orang Jepang dan China menggunakan jahe sebagai bahan dasar asinan jahe . Jahe juga sering dijadikan bahan baku semacam sirup untuk menghangatkan tubuh di China, Eropa maupun Jepang.

Di Indonesia sendiri, jahe digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan bandrek, sekoteng maupun wedang jahe yang merupakan minuman khusus untuk menghangatkan tubuh di tempat-tempat seperti pegunungan yang hawanya dingin.

Rimpang jahe mengandung minyak atsiri, mineral sineol, damar, fellandren, borneol, kamfer, zingiberin, gigerol, zingiberol, zingeron, lipidas, asam amino, vitamin A, B1, C, niacin serta protein. Minyak jahe berwarna kuning dengan tekstur yang kental. Minyak jahe mengandung fellandren, terpen, dextrokamfen, bahan sesquiterpen, zingeron damar, zingiberen serta pati.

Aroma khas dari jaheakan menghangatkan hidung kita. Aroma jahe yang khas tersebut berasal dari minyak atsiri yang terkandung di dalam jahe. Minyak atsiri yang terkandung dalam jahe bersifat mudah menguap.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari jahe untuk kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, meliputi:

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Setelah kita mengkonsumsi jahe, nantinya akan merangsang pelepasan adrenalin serta dapat memperlebar pembuluh darah. Dengan begitu, maka aliran darah akan semakin cepat serta lebih lancar dan tentu saja akan meringankan kerja organ jantung dalam memompa darah.

  • Menjaga system pencernaan
ekstrak jahe

ekstrak jahe

Tidak banyak yang tahu bahwa jahe juga mengandung enzim protase serta lipase. Enzim ini berfungsi untuk mencerna protein serta lemak dalam tubuh kita. Jad dengan mengkonsumsi jahe, maka kerja organ pencernaan kita menjadi lebih ringan.

Selain itu konsumsi jahe juga akan membersihkan usus besar, membersihkan gas berlebihan dalam perut serta meningkatkan produksi cairan dalam sistem pencernaan kita.

  • Mencegah penyumbatan darah

Jahe mengandung senyawa gingerol yang memiliki sifat antikoagulan atau mencegah penggumpalan darah. Darah kita akan tetap encer setelah kita mengkonsumsi jahe. Hal ini akan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung maupun stroke.

  • Mencegah rasa mual

Jahe memiliki kemampuan dalam mengurangi kadar serotonin berlebih dalam tubuh kita. Serotonin mampu menyebabkan terjadinya kontraksi di perut yang nantinya dapat menyebabkan mual. Berbagai macam mual akan dapat dicegah termasuk mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness maupun mabuk dalam perjalanan.

  • Membuat lambung lebih nyaman

Dengan mengkonsumsi jahe maka lambung kita akan merasa nyaman. Jahe akan meringankan gejala kram perut serta membantu mengeluarkan gas atau angin yang berlebihan dalam lambung.

  • Menghangatkan tubuh serta mengobati batuk
minuman wedang jahe

minuman wedang jahe

Jahe memiliki sifat antitoksin yang dapat mencegah serta mengobati batuk serta hidung tersumbat serta memberikan rasa hangat pada tubuh. Jahe mengandung gingerol yang memang berfungsi untuk mengurangi demam serta batuk.

  • Mencegah penyakit kanker

Ekstrak dari jahe mampu membantu dalam hal menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker. Jadi dengan cara mengkonsumsi jahe maka akan mencegah kita mengalami penyakit kanker, seperti kanker usus besar.

  • Mengurangi pembengkakan serta rasa sakit

Jahe juga memiliki sifat antiinflamasi. Jadi, bila anda mengalami bengkak serta sakit karena rematik, anda bisa mengobatinya dengan cara mengkonsumsi jahe secara rutin.

  • Meredakan sakit gigi

Jahe memiliki sifat antijamur serta anti bakteri, sehingga jahe sering digunakan dalam meredakan sakit gigi. Orang-orang jaman dulu sering mengobati sakit gigi dengan cara menggigit jahe.

2 comments for “Kandungan Dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

  1. Pingback: lester
  2. Pingback: Vincent

Comments are closed.