Kandungan Dan Manfaat Jamur Untuk Kesehatan

hidangan jamur

hidangan jamur

Berbagai jenis makanan dengan bahan baku jamur sepertinya bukanlah suatu hal yang asing lagi bagi kita sekarang ini. Jamur merupakan tumbuhan yang kaya akan protein serta rendah kandungan kalori. Selain itu jamur juga kaya akan zinc, zat besi, vitamin, mineral dan juga serat yang baik untuk tubuh kita.

Jamur dipercaya memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan banyak penyakit dalam ilmu kedokteran tradisional di Cina sejak ratuan dan bahkan ribuan tahun silam. Dalam tradisi penyembuhan kuno tersebut, terdapat lebih dari 200 spesies jamur yang bisa kita gunakan untuk penyembuhan penyakit tertentu.

Selain berbagai penyakit yang ringan, jamur juga dipercaya mampu mencegah bahkan menyembuhkan berbagai penyakit berat. Karena ada beberapa jenis jamur yang dapat kita konsumsi untuk mencegah serta mengobati penyakit tumor.

Sebenarnya, semua jenis jamur memiliki kandungan zat atau senyawa yang berfungsi sebagai agen untuk membersihkan tubuh. Dari sebuah penelitian telah terungkap bahwa jamur mengandung zat germanium. Germanium yang terkandung dalam jamur merupakan zat atau senyawa yang mampu meningkatkan efisiensi oksigen dalam tubuh kita.

Selain itu, germanium juga dapat membantu tubuh kita untuk menghadapi paparan racun dari lingkungan di sekitar kita serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita untuk melawan berbagai jenis penyakit.

jamur

jamur

Senyawa polisakarida yang terkandung dalam jamur merupakan senyawa yang baik untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Senyawa ini memungkinkan jamur untuk meningkatkan kekuatan tubuh serta dapat menghambat pertumbuhan tumor. Selain itu, jamur juga mengandung berbagai macam asam amino, riboflavin, vitamin B, vitamin C, vitamin K serta asam pantotenat.

Kita bisa mengkonsumsi berbagai macam jamur yang menyehatkan dengan cara mengolah jamur menjadi makanan atau memasukkan jamur sebagai bahan tambahan dalam masakan kita sehari-hari. Bahkan beberapa jenis jamur sudah dijual bebas di pasaran dalam bentuk suplemen.

Sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi berbagai suplemen jamur tentang keamanan dari konsumsi suplemen jamur. Khususnya jika diminum bersamaan dengan obat dari resep dokter.

Beberapa jenis jamur yang baik untuk kesehatan kita, meliputi:

  • Jamur maitake
jamur maitake

jamur maitake

Jamur maitake telah lama dikenal memiliki khasiat dalam memperkuat serta memperbaiki kesehatan secara keseluruhan. Jamur maitake dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menghentikan pertumbuhan tumor dalam tubuh seseorang.

Jamur maitake juga dapat memperbaiki kadar gula darah sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh para pengidap diabetes. Selain itu, jamur maitake juga dapat menurunkan tekanan darah, mengecilkan tumor serta menghancurkan sel-sel kanker, khususnya kanker protat. Mengkonsumsi jamur maitake secara rutin juga dapat mengurangi stres fisik serta memperbaiki emosi seseorang sehingga cocok juga untuk orang-orang yang mudah stres dan depresi.

Karena jamur maitake dapat mencegah serta membasmi sel-sel kanker, maka mengkonsumsi ekstrak atau mengkonsumsi jamur maitake secara langung dapat membuat obat kemoterapi bekerja secara lebih optimal.

  • Jamur reishi

Jamur reishi biasanya disebut dengan obat untuk kaisar karena jamur ini sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang dialami oleh kasiar serta keluarganya di kerajaan. Tradisi penyembuhan ala Cina menggunakan jamur reishi sebagai obat antibakteri, antiradang serta untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

jamur reishi

jamur reishi

Selain mengandung beta glukan, jamur reishi juga mengandung senyawa yang dapat mengurangi peradangan, infeksi, lemak darah serta menstabilkan tekanan darah.

Jamur reishi juga mengandung germanium yang berfungi untuk menstimulasi peredaran darah dalam tubuh serta meningkatkan kapasitas tubuh kita dalam menyerap oksigen. Maka dari itu, umumnya jamur reishi digunakan untuk menjaga kesehatan jantung serta kesehatan pembuluh darah.

Dalam sebuah penelitian, jamur reishi juga memiliki senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan prostat serta dapat membasmi sel-sel kanker. Pertumbuhan sel kanker pada pengidap kanker prostat akan dihambat hanya dengan cara yang mudah sekali yaitu cukup dengan dikonsumsi secara rutin.

Karena memiliki sifat antiradang, maka jamur reishi juga cocok untuk pencegahan arthritis. Mengkonsumsi jamur reishi juga akan membuat kita menjadi lebih tenang serta dapat tidur dengan nyenyak, maka dari itu cocok untuk orang-orang yang mengalami insomnia.

  • Jamur shiitake
jamur shiitake

jamur shiitake

Hidangan yang berasal dari jamur shiitake merupakan suatu hidangan yang lezat serta banyak manfaat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Dalam metode penyembuhan ala Timur, jamur shiitake sudah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun silam dan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan, memperbaiki peredaran darah serta mencegah terjadinya stroke.

Selain mengandung berbagai zat dan senyawa yang menyehatkan, jamur shiitake juga mengandung lentinan, yaitu zat yang efektif untuk mengatasi kerusakan kromosom yang disebabkan oleh metode pengobatan antikanker. Bahkan di Jepang, lentinan yang telah dimurnikan merupakan obat yang baik dalam metode pengobatan kanker serta untuk mengatasi efek samping dari kemoterapi.

Lentinan tidak hanya berguna dalam hal pengobatan kanker saja. Lentinan murni juga baik untuk mencegah hipertensi, infeksi serta hepatitis.

Jamur shiitake juga mengandung eritadenine, yaitu suatu zat yang diperkirakan memiliki kemampuan yang tinggi untuk mengurangi kadar kolesterol dengan cara menggelontor kolesterol yang berlebihan dalam tubuh kita.

Namun, jamur shiitake memiliki efek amping jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Berbagai efek samping dari jamur shiitake adalah diare serta iritasi kulit. Selain itu, orang-orang yang mengkonsumsi obat pengencer darah juga perlu berkonsultasi pada ahli kesehatan sebelum mengkonsumsi jamur shiitake, karena jamur shiitake juga mengandung senyawa yang bersifat antipembekuan darah.

1 comment for “Kandungan Dan Manfaat Jamur Untuk Kesehatan

  1. Pingback: daniel

Comments are closed.