Kandungan Dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

jeruk nipis untuk kesehatan

jeruk nipis untuk kesehatan

Jeruk nipis memiliki nama ilmiah Citrus aurntifolia merupakan tanaman yang telah dikenal sejak lama memiliki banyak sekali manfaat. Jeruk nipis memiliki rasa yang pahit, asam serta sedikit dingin. Air perasan jeruk nipis dapat digunakan untuk membersihkan segala macam kotoran berlemak, mencegah gejala influenza bahkan bisa juga digunakan sebagai bahan tambahan untuk masker wajah.

Jeruk nipis atau terkadang juga disebut jeruk limau merupakan sejenis tanaman perdu yang memiliki buah dengan nama yang sama. Buah dari jeruk nipis berbentuk bulat dengan diameter antara 3 sampai 6 cm serta memiliki rasa yang hampir mirip dengan jeruk lemon.

Jeruk nipis mengandung banyak sekali vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk nipis lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis jeruk yang lainnya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari jeruk nipis.

Selain mengandung banyak vitamin C, jeruk nipis juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan anda. Jeruk nipis juga mengandung karbohidrat, fosfor, zat besi, sulfur, kalsium,  glikosida, asam sitrat, asam amino serta minyak atsiri.

Berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah jeruk nipis, adalah:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

jeruk-nipisDengan tingginya kandungan vitamin C, maka dengan cara mengkonsumsi air perasan jeruk nipis maka tubuh kita akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Kita akan terhindar dari berbagai jenis penyakit dari yang ringan sampai penyakit yang berat karena daya tahan tubuh kita akan semakin meningkat.

  • Mengurangi gejala flu

Jika anda merasakan gejala sakit flu seperti batuk-batuk, cobalah untuk minum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit madu serta air putih. Jika batuk anda berdahak, anda bisa mencoba untuk minum air perasan jeruk dipis yang dicampur dengan kecap untuk mengeluarkan dahak yang membandel.

  • Masker wajah

Air perasan jeruk nipis dapat juga digunakan sebagai masker wajah. Bila pada bagian wajah anda mulai terlihat ada noda hitam, oleskan air perasan jeruk nipis pada bagian noda hitam di wajah anda. Selain noda hitam pada wajah anda akan memudar, kulit wajah anda juga akan terlihat semakin lembut.

  • Baik untuk diet

Jeruk nipis merupakan buah yang mengandung sedikit kalori. Kandungan kalori dalam jeruk nipis sekitar 43 kalori. Maka dari itu, buah jeruk nipis sangat cocok sekali untuk dikonsumsi sebagai menu diet untuk mengurangi berat badan yang berlebihan.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Jeruk nipis mengandung falvonoid yang dapat meningkatkan produksi cairan empedu serta cairan pencernaan. Cairan ini nantinya berguna untuk mengeluarkan semua racun yang terkumpul dalam tubuh kita. Selain itu, jeruk nipis akan membuat perut anda menjadi tenang untuk orang-orang yang sering mengalami mual, muntah-muntah maupun diare.

  • Mengandung banyak mineral

Jeruk nipis mengandung banyak sekali mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Jeruk nipis mengandung kalium sebesar 490 mg. Selain mengandung kalium, jeruk nipis juga mengandung kalsium, tembaga, fosfor juga zat besi.

  • Obat darurat
manfaat jeruk nipis

manfaat jeruk nipis

Usahakan untuk selalu menyediakan jeruk nipis di rumah anda, karena jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat darurat untuk mengobati hampir semua penyakit ringan. Dalam berbagai penelitian, jeruk nipis memiliki sifat anti septik serta anti virus.

  • Menjaga kecantikan

Selain untuk menghilangkan noda di wajah, jeruk nipis juga memiliki manfaat yang lain untuk menjaga kecantikan wajah anda. Jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk menhilangkan jerawat, memutihkan kulit wajah serta merawat kulit wajah anda sehingga anda akan semakin cantik. Untuk menghilangkan jerawat anda cukup minum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air dan sedikit madu.

Untuk perawatan wajah, anda bisa menggunakan air perasaan jeruk nipis dan dioleskan langsung ke bagian kulit wajah anda. Akan lebih baik lagi bila ditambah dengan sedikit madu agar anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  • Menurunkan kolesterol

Jeruk nipis dapat mengurangi atau menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga anda tidak mengalami kelebihan kolesterol yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang berat, seperti hipertensi. Cobalah untuk mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air putih setiap hari secara rutin. Maka niscaya kadar kolesterol dalam tubuh anda akan menurun.