Kandungan Dan Manfaat Kolang-kaling

Buah kolang-kaling (Arena Pinnata) atau biasa disebut dengan buah atap merupakan salah satu jenis buah yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Buah kolang-kaling memiliki ciri fisik bentuk lonjong, berwarna putih dan terasa kenyal jika digigit.

Buah kolang-kaling mengandung air yang sangat banyak dan buah ini memiliki tampilan yang menggoda.

Anda bisa mendapatkan buah kolang-kaling di pasar tradisional terdekat dimana pada saat bulan puasa tiba jumlah pedagang kolang-kaling bisa menjadi lebih mudah ditemui. es kolang kaling

Tentu saja hal ini dikarenakan buah kolang-kaling merupakan salah satu jenis buah favorit masyarakat untuk dijadikan menu buka puasa.

Kolang-kaling biasanya disajikan ke dalam menu es campur, es cendol dan sebagainya.

 

Kandungan Buah Kolang-kaling

Kandungan air pada buah kolang-kaling sangat tinggi, yakni sekitar 93%.

Dalam setiap biji kolang-kaling terdapat kandungan protein sebesar 0,69 gr dan karbohidrat sebesar 4 gr.

Bukan hanya itu karena buah kolang-kaling juga mengandung besi, potassium, kalsium, vitamin A, B, C dan gelatin.

 

Manfaat dan Khasiat Buah Kolang Kaling

Selain memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang lezat, buah kolang kaling juga memiliki bentuk yang unik dan menarik.

Bukan hanya itu karena buah kolang kaling juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan kita.

Misalnya kandungan mineral yang ada di dalam kolang-kaling seperti kalsium, zat besi dan protasium yang bisa meningkatkan kelancaran proses metabolisme tubuh sehingga tubuh senantiasa segar dan bugar. Kandungan Dan Manfaat Kolang-kaling

Berikut ini merupakan manfaat kesehatan kolang-kaling diantaranya :

  • Untuk memperkuat tulang

Susu tinggi akan kandungan kalsium dan baik untuk dikonsumsi terutama pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Namun sayangnya biasanya susu tinggi akan kalori sehingga jika anda terlalu banyak mengonsumsi susu maka anda akan beresiko tinggi untuk mengalami kegemukan.

Sebagai perbandingan, dalam setiap 100 gr susu sapi murni terdapat 125 mg kalsium sedangkan dalam setiap 100 gr kolang-kaling terdapat 91 mg kalsium.

Dengan demikian kolang-kaling bisa anda jadikan sebagai alternatif lain dari sumber kalsium yang aman selain susu sapi.

 

  • Sebagai makanan diet

Dalam setiap 100 gr kolang-kaling terdapat karbohidrat 4 gr, abu 1 gr, serat kasar 0,95 gr dan protein 0,69 gr.

Dalam buah kolang-kaling terdapat gelatin yang bisa memberikan efek kenyang, dengan demikian kolang-kaling sangat baik untuk dikonsumsi jika anda sedang dalam program diet.

Buah kolang-kaling baik untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa karena buah ini bisa memberikan efek kenyang dimana hal ini bermanfaat sebagai pengganti rasa lapar yang anda tahan selama seharian.

Selain itu dengan mengonsumsi kolang-kaling akan menghilangkan nafsu makan yang berlebihan.

 

  • Sebagai obat radang sendi

Mengonsumsi kolang-kaling bisa mengurangi rasa sakit pada radang sendi karena buah ini mengandung zat galaktomanan.

Disarankan untuk mengonsumsi kolang-kaling setidaknya 100 gr dalam sehari untuk mengatasi radamg sendi.

Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya disarankan untuk mengonsumsi buah tersebut tanpa menggunakan gula ataupun bahan pewarna.

 

  • Buah Kolang kaling kaya akan kandungan serat diet

Karena kolang kaling tinggi akan kandungan serat dan air maka buah ini sangat aman bagi kesehatan organ pencernaan bahkan buah ini dikenal bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan susah buang air besar.

Untuk mengatasi masalah diare anda cukup mengonsumsi sekitar 5-10 butir buah kolang kaling tiap hari dimana buah ini bisa disarankan untuk seseorang yang sedang menjalani program diet.

 

  • Buah kolang kaling berkhasiat untuk memperkuat tulang

Buah kolang kaling ini memiliki manfaat dan khasiat yang berguna untuk kesehatan tulang dan mencegah terjadinya tulang keropos.

Dimana didalam buah kolang-kaling terdapat kandungan kalsium sebesar 91 mg kalsium dalam setiap 100 gr kolang-kaling, dimana jumlah sebesar itu sudah terbilang cukup dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, dan berita baiknya adalah anda bisa menjadikan buah kolang kaling ini sebagai alternatif sumber kalsium pengganti susu.

 

  • Kaya akan kalsium

Buah kolang kaling tinggi akan kandungan kalsium dengan demikian buah ini sangat baik dikonsumsi untuk  mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang berkaitan dengan masalah kesehatan tulang, gigi ataupun persendian tubuh yang memiliki gangguan pada fungsinya.

Kandungan kalsium pada buah kolang kaling termasuk cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian, dengan demikian hal ini merupakan kabar gembira bagi mereka yang selama ini memiliki alergi pada susu sapi.

Dalam sehari anda cukup mengonsumsi sekitar 100-200 gr untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anda, namun disarankan untuk mengonsumsi buah kolang-kaling tanpa menggunakan bahan pewarna buatan ataupun bahan pemanis buatan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal termasuk untuk pengobatan dan pencegahan masalah pada radang persendian.

 

  • Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat kasar pada buah kolang-kaling termasuk tinggi yakni sekitar 39% dan hal ini menjadikan buah ini bisa berfungsi sebagai sumber makanan yang bisa membantu kelancaran saluran pencernaan.

Sedangkan kandungan karbohidrat dan serat pada buah kolang-kaling termasuk cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan mengonsumsi buah kolang-kaling maka anda bisa terhindar dari masalah kegemukan atau obesitas, serta membantu kelancaran dalam buang air besar.

 

  • Sebagai Obat gatal-gatal

    rasa gatal pada kulit

    rasa gatal pada kulit

Selain memiliki rasa yang lezat jika dikonsumsi ternyata getah dari buah kolang-kaling juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit.

Namun untuk penggunaan getah kolang-kaling sebagai obat gatal kulit disarankan untuk mendapatkan pengawasan atau pengarahan dari orang yang berpengalaman di bidang kesehatan.

 

  • Untuk mengatasi masalah perut

Bila perut anda terasa panas maka anda bisa minum minuman dengan buah kolang kaling untuk mengatasi rasa panas pada perut.

Bukan hanya itu karena minuman tersebut juga bisa mengatasi dehidrasi pada tubuh serta menggantikan mineral yang hilang dari tubuh.

Dengan demikian buah kolang-kaling bukan hanya bisa dikonsumsi sebagai minuman penghilang dahaga namun juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang bermanfaat.

 

Tips Tambahan kolang-kaling

Sedikit tips tambahan yakni anda bisa memilih cara pengolahan buah kolang-kaling antara direbus atau dibakar, dimana kedua cara ini harus dilakukan untuk menghilangkan getah yang ada di dalam buah kolang-kaling, dimana getah kolang-kaling tersebut bisa menyebabkan kulit terasa gatal.

Setelah itu siapkan sebuah baskom berisi air kapur untuk merendam buah kolang kaling dan diamkan selama 3 hari.

Hal ini penting untuk dilakukan supaya kotoran yang menempel pada biji buah aren bisa lebih mudah untuk dilepaskan.