Kandungan Dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

manfaat labu siam untuk kesehatan

manfaat labu siam untuk kesehatan

Labu siam memiliki nama ilmiah Sechium edule, merupakan salah satu tumbuhan dari suku labu atau Curcubitaceae. Buah dan pucuk muda labu siam dapat dimakan. Tumbuhan ini merambat di tanah dan biasanya dibudidayakan di pekarang, seperti dekat kolam. Buahnya menggantung dari tangkai dan daunnya berbentuk seperti segitiga dan berbulu pada bagian permukaannya.

Pada awalnya labu siam di budidayakan oleh suku Maya dan Aztec di kawasan Amerika Tengah, kemudian menyebar ke seluruh dunia setelah masa penaklukan Spanyol. Costa Rica merupakan pengekspor utama labu siam di dunia. Di Indonesia sendiri, labi siam merupakan sayuran sekunder namun mudah sekali ditemukan di pasaran.

Buah dari labu siam umumnya direbus sebentar untuk menghilangkan getahnya lalu dikonsumsi dengan sambal terasi sebagai lalap atau bahan campuran sayur bening maupun sayur bobor. Kadang buah labu siam dirajang kecil-kecil maupun dijadikan bahan campuran untuk melunakkan siomay.

Pucuk labu siam yang masuh muda biasa direbus dan dibuat cah. Buah labu siam merupakan sayuran yang penting dalam masakan Meksiko. Di Australia buah labu siam diiris memanjang, dibalut dengan tepung panir, kemudian digoreng.

Di Indonesia labu siam dulunya didatangkan dari Thailand. Jaman dahulu, orang Indonesia menyebut Thailand dengan nama Siam. Labu Siam didatangkan dari Thailand oleh orang-orang Belanda. Orang Sunda menyebut labu siam dengan nama lèjèt sedangkan orang Jawa menyebut labu siam dengan nama manisa atau jipang.

buah labu siam

buah labu siam

Ternyata berbagai kandungan nutrisi dalam labu siam sangat baik sekali untuk kesehatan. Labu siam dilaporkan mampu mengurangi masalah kesehatan akibat dari hipertensi serta atherosclerosis. Untuk anda yang memiliki masalah seperti batu ginjal yang masih berukuran kecil bisa dihancurkan hanya dengan mengkonsumsi labu siam.

Berbagai suku di Amerika Tengah secara tradisional menggunakan labu siam untuk melarutkan batu ginjal serta mengobati berbagai gangguan kemih lainnya.  Suku Aztec merebus daun labu siam dan meminum air rebusannya untuk mengobati batu ginjal.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa labu siam mampu menyembuhkan batu ginjal, asam urat serta masalah metabolic lainnya, karena adanya sifat diuretic pada buah maupun daun labu siam.

Labu siam mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk menunjang kesehatan kita. Labu siam mengandung vitamin A, B1, B2, C, serta vitamin E. Sedangkan kandungan mineral pada labu siam, meliputi potassium, kalium, magnesium, kalsium, fosfor, serta zat besi. Kandungan lain yang penting, meliputi karbohidrat, serat dan protein.

Labu siam merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C, rendah kalori, rendah sodium, tidak mengandung kolesterol serta kaya akan serat yang penting untuk kesehatan.

Dengan banyaknya vitamin serta mineral yang terkandung di dalamnya, maka labu siam dapat kita konsumsi untuk menunjang kesehatan kita, seperti:

  • Baik untuk ginjal

Mengkonsumsi labu siam maupun mengkonsumsi jus labu siam secara teratur akan baik sekali pagi orang yang mengidap masalah pada ginjalnya. Masalah seperti batu ginjal dapat disembuh tanpa operasi hanya dengan mengkonsumsi labu siam maupun jus labu siam secara teratur.

  • Bagus untuk detoksifikasi racun
labu siam rebus

labu siam rebus

Mengkonsumsi labu siam maupun jus labu siam bagus sekali untuk detoksifikasi racun dalam tubuh. Semua racun yang ada dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin. Labu siam memiliki sifat sebagai obat diuretic alami.

  • Menjaga kesehatan jantung

Labu siam memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat atau LDL serta membersihkan arteri dari timbunan lemak yang dapat membahayakan organ jantung. Selain itu labu siam juga ikut berperan dalam menjaga kestabilan tekanan darah serta menjaga kelancaran detak jantung. Seseorang yang memiliki masalah pada organ jantungnya sebaiknya sering mengkonsumsi labu siam.

  • Menjaga kesehatan kulit

Labu siam memiliki zat yang bersifat antiinflamasi yang nantinya akan ikut menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi jus labu siam mampu menghilangkan bekas jerawat serta membuat kulit menjadi semakin bersinar. Jus labu juga bisa digunakan untuk mengobati masalah seperti abses maupun kulit terbakar.

  • Kaya akan vitamin B

Vitamin B sangat penting bagi kesehatan kita. Labu siam mengandung banyak vitamin B serta asam folat. Asam folat sangat penting dalam proses pembelahan sel tubuh serta proses sintesis DNA. Asam folat juga penting artinya bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya cacat pada bayi.

  • Baik untuk pengidap diabetes

Labu siam baik untuk pengidap diabetes. Labu siam dapat dijadikan pengganti sumber karbohidrat yang baik untuk para pengidap diabetes. Selain itu kandungan serat dalam labu siam akan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

  • Mencegah konstipasi
jus labu siam

jus labu siam

Labu siam juga dapat kita konsumsi untuk melancarkan system pencernaan. Mengkonsumsi labu siam maupun jus labu siam baik sekali untuk melancarkan kerja system pencernaan serta mengatasi masalah konstipasi. Konsumsilah labu siam sebelum tidur serta sesudah bangun tidur secara teratur.

  • Mencegah serta mengatasi hipertensi

Labu siam dapat dikonsumsi untuk mencegah serta mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Labu siam mengandung kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah. Selain itu, kandungan alkaloid dalam labu siam juga ikut melancarkan peredaran darah.

  • Mengatasi depresi

Ketika anda merasa stress serta depresi, cobalah untuk mengkonsumsi labu siam. Labu siam mengandung L-tryptophan yang mampu menghilangkan depresi serta dapat meningkatkan mood seseorang. Umumnya depresi terjadi karena berkurangnya kadar L-tryptophan dalam tubuh.

  • Mengatasi gusi berdarah maupun sariawan

Karena tingginya kandungan vitamin C dalam labu siam, maka labu siam bisa digunakan untuk mengatasi gusi berdarah maupun sariawan. Caranya cukup dengan mengkonsumsi jus labu siam dan dicampur dengan sedikit madu.

  • Mengatasi asam urat

Labu siam memiliki sifat diuretic sehingga baik sekali untuk mengatasi asam urat. Mengkonsumsi labu siam akan melancarkan buang air kecil sehingga kristal-kristal asam urat akan ikut terbuang dalam urin.