Kandungan Dan Manfaat Lobak Untuk Kesehatan

manfaat lobak untuk kesehatan

manfaat lobak untuk kesehatan

Lobak memiliki nama ilmiah Raphanus sativus. Lobak merupakan tanaman umbi-umbian yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Lobak merupakan keluarga family Cruciferae. Bentuknya seperti wortel namun memiliki daging serta kulit yang berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari China serta telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman lobak mudah ditanam di mana saja.

Tidak banyak kuliner di Indonesia yang menggunakan lobak. Lobak biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap pada masakan seperti soto Bandung serta mi rica-rica Manado. Namun di China, Jepang, serta Korea lobak merupakan salah satu makanan yang paling digemari.

Tidak banyak yang menyukai lobak. Karena lobak memiliki rasa yang agak pedas serta bau khas yang agak menyengat. Rasa yang agak pedas pada lobak disebabkan oleh adanya kandungan senyawa glikosinolate.

Dalam ilmu pengobatan China dan India, lobak digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, memperlancar pembuangan gas, peluruh urin, membersihkan ginjal, mengobati batuk, sampai menjaga kesehatan kulit. 

Lobak memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin A, B1, B2, C, kolin, serat, kalsium, zat besi, fosfor, asam oksalat, niasin serta kalium. Sedangkan pada daun lobak banyak terkandung minyak atsiri, vitamin A dan vitamin C. selain itu lobak juga banyak mengandung senyawa yang bersifat antibakteri, antioksidan dan antiinflamasi.

Ada begitu banyak manfaat dari lobak untuk kesehatan tubuh kita, meliputi:

  • Mengatasi asma

Lobak dipercaya mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi serta antioksidan yang baik sekali untuk meringankan serta mengatasi asma. Cobalah untuk mengkonsumsi lobak bila anda mengidap penyakit asma.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Lobak termasuk salah satu jenis makanan yang kaya akan serat pangan. Maka dari itu, mengkonsumsi lobak akan baik sekali untuk meningkatkan kinerja system pencernaan, menjaga kesehatan usus halus serta kesehatan usus besar.

  • Memperkuat system kekebalan tubuh
sayuran lobak

sayuran lobak

Selain baik untuk pencernaan, lobak juga bisa dikonsumsi untuk memperkuat system kekebalan tubuh. Sebab, lobak mengandung vitamin A dan C yang baik untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Selain itu lobak juga mengandung kalium yang baik untuk menjaga fungsi saraf dan otot.

  • Menyehatkan kulit

Mengkonsumsi jus lobak snagat baik untuk menjaga kesehatan kulit, sehingga anda akan terhindar dari masalah kulit kering. Selain itu jus lobak juga mampu mencegah masalah kulit lainnya.

  • Membuat tekanan darah tetap stabil

Mengkonsumsi lobak mampu membuat tekanan darah tetap stabil. sebab, lobak mengandung vitamin B serta magnesium yang mampu menjaga kestrabilan tekanan darah.

  • Baik untuk jantung

Lobak juga dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang baik untuk jantung. Selain dengan adanya senyawa antiinflamasi, lobak juga mengandung vitamin B dan asam folat yang nantinya mampu meningkatkan kesehatan organ jantung.

  • Mencegah kanker

Lobak mengandung banyak antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kanker. Lobak juga mengandung glikosinolate yang memiliki kemampuan dalam menekan pertumbuhan sel penyebab kanker. Hampir semua jenis kanker mampu dicegah dengan mengkonsumsi lobak.

  • Baik untuk mata

Lobak juga kaya akan karotenoid yang nantinya akan menjaga kesehatan mata serta mencegah terjadinya gangguan pada mata, seperti penyakit katarak. Selain itu lobak juga mengandung lutein yang baik sekali untuk menutrisi otak.

  • Baik untuk tulang

Lobak juga baik untuk tulang sehingga kita akan terhindar dari osteoporosis. Lobak mengandung kalsium, potassium serta fosfor yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang serta pertumbuhan tulang.

  • Menjaga berat badan

lobak thumbLobak dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet untuk mengurangi berat badannya. Sebab, lobak kaya akan serat dan rendah kalori. Dengan mengkonsumsi lobak, maka metabolism tubuh menjadi semakin baik.

  • Melancarkan system pencernaan

Kandungan serat dalam lobak akan melancarkan system pencernaan. Selain itu lobak juga akan ikut membantu dalam menjaga kesehatan usus.

  • Detoksifikasi alami

Antioksidan dalam lobak akan mempermudah proses pengeluaran racun dalam tubuh yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Selain dapat membersihkan racun dalam tubuh, lobak juga mampu melancarkan peredaran darah.

  • Mengurangi nyeri sendi

Lobak juga mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang dan persendian. Vitamin K sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang proses pertumbuhan sel-sel tubuh serta mampu mengurangi nyeri pada bagian persendian.

  • Mengatasi batuk

Kandungan senyawa baik dalam lobak juga dapat digunakan untuk mengatasi batuk. Buatlah jus lobak dan campur dengan sedikit air jeruk nipis dan minumlah secara rutin. Cara seperti ini mampu memperlancar keluarnya dahak serta melegakan tenggorokan.