Kandungan Dan Manfaat Sayuran Oyong Untuk Kesehatan

manfaat oyong untuk kesehatan

manfaat oyong untuk kesehatan

Oyong atau sering disebut dengan nama gambas, memiliki nama ilmiah Luffa acutangula. Oyong termasuk salah satu anggota family Curcubitaceae. Oyong merupakan komoditi sayuran minor. Oyong juga masih satu kerabat dengan sayuran belustru.

Kebanyakan oyong ditanam di pekarangan maupun di ladang yang sudah tidak digunakan untuk menanam tanaman lain. Oyong di panen buahnya saat masih muda dan biasanya digunakan sebagai sayur.

Oyong memiliki rasa yang lezat dan sering digunakan sebagai sayuran alternative yang kaya akan nilai gizi. Biasanya oyong digunakan sebagai bahan dalam membuat sayur bening maupun sup yang kebanyakan disajikan dalam keadaan masih hangat.

Orang-orang tua jaman dahulu sering berkata bahwa selain kaya akan nilai gizi, oyong juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa penyakit serta mampu menurunkan panas atau demam pada anak-anak maupun orang dewasa.

Sepertinya apa yang dikatakan orang-orang tua jaman dahulu itu memang benar adanya. Selain lezat, oyong juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ada begitu banyak kandungan yang baik bagi kesehatan dalam oyong, seperti serat, vitamin dan mineral.

Oyong kaya akan vitamin, seperti vitamin A, B serta vitamin C, meskipun kadar vitamin C nya memang tidak begitu banyak. Sedangkan kandungan mineral dalam oyong, meliputi zat besi, seng, magnesium, riboflavin, thiamin dan masih banyak lagi.

Sayur oyong

Sayur oyong

Oyong juga mengandung berbagai senyawa kimia yang baik untuk kesehatan, seperti saponin, luffein, cucurbitacin, citruline dan masih banyak lagi. Kandungan bahan kimia alami yang baik untuk kesehatan ini banyak ditemukan pada bagian bijinya. Jadi sebaiknya konsumsi oyong sekaligus dengan bijinya.

Orang-orang Barat sering meminum jus oyong untuk mencegah serta mengobati pilek. Ramuan seperti ini juga baik untuk masalah pada saluran pernapasan lainnya. Selain itu ramuan seperti juga baik untuk meredakan nyeri otot, nyeri artritis, serta nyeri dada.

Oyong juga sering diolah menjadi bubuk dan ditambahkan ke dalam berbagai produk perawatan kulit untuk mengurangi masalah pembengkakan serta untuk mendetoksifikasi kulit.

Ada begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi oyong, seperti:

  • Tonik pembersih darah

Mengkonsumsi oyong secara teratur akan baik sekali untuk membersihkan darah dari berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Selain itu, darah yang bersih akan meningkatkan kesehatan organ hati serta mampu mengurangi kadar racun berlebihan dalam tubuh.

  • Melancarkan system pencernaan

Oyong diakui mampu melancarkan system pencernaan sertadapat digunakan sebagai obat pencahar alami yang baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi oyong secara rutin akan mencegah masalah sembelit, serta mampu mencegah terjadinya penumpukan penyakit dalam tubuh. Selain itu, konsumsi oyong juga mampu meningkatkan kerja system pencernaan.

  • Obat alami untuk sakit kuning
sayuran oyong

sayuran oyong

Oyong dipercaya memiliki hubungan dengan penyembuhan sakit kuning. Jus oyong dapat digunakan untuk mengobati sakit kuning. Selain pemberian jus oyong, pengidap sakit kuning akan lebih cepat sembuh bila diberi makan sayuran oyong.

  • Baik untuk pengidap diabetes

Sayuran oyong sangat baik untuk pengidap diabetes. Oyong dipercaya memiliki enzim peptide yang hampir mirip dengan insulin yang nantinya akan mengurangi kadar gula dalam darah yang berlebihan menjadi urin. Selain itu kadar insulin dalam tubuh tidak akan berkurang bila mengkonsumsi oyong secara teratur.

  • Menurunkan berat badan

Seperti sayuran lainnya, oyong termasuk rendah lemak jenuh, rendah kolesterol, rendah lemak serta rendah kalori. Selain itu kandungan air, serat, vitamin serta mineral dalam oyong akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, setelah mengkonsumsi oyong.

  • Antiradang serta antibiotic alami

Tidak banyak yang mengetahui bahwa oyong memiliki sifat antiradang serta antibiotic. Dengan adanya sifat antiradang serta antibiotic, maka oyong dapat digunakan untuk mengurangi serta membasmi senyawa-senyawa yang beracun dalam tubuh, bahkan mampu mencegah terjadinya keracunan.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh
oyong atau gambas

oyong atau gambas

Mengkonsumsi  jus oyong juga akan meningkatkan system kekebalan tubuh. Dengan adanya sifat antibiotic dalam oyong, maka anda akan terbebas dari infeksi bakteri serta membuat tubuh kita lebih kuat dari serangan penyakit. Jus oyong mampu meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh sehingga tubuh lebih kuat dari serangan bakteri maupun virus.

  • Baik untuk perawatan kulit

Oyong yang sudah dikeringkan sering digunakan untuk menggosok tubuh saat mandi. Spon dari oyong memiliki sejarah tersendiri sebagai produk pembersih kulit. Menggosok kulit dengan spon dari oyong mampu menghilangkan sel-sel kulit yang mati serta melancarkan peredaran darah ke kulit, sehingga kulit lebih bersih dan menjadi lebih sehat. Selain itu biji dari oyong juga bisa diolah menjadi bubuk dan digunakan untuk perawatan kulit.