Kandungan Dan Manfaat Semangka

semangka

semangka

Tentunya semua orang sudah mengenal semangka. Semangka memiliki rasa yang manis serta mengandung banyak air sehingga sering menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi rasa haus. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak sekali orang yang menyukai buah semangka

Semangka masih berkerabat dengan labu-labuan, melon serta ketimun. Maka dari itu, tidak mengherankan jika semangka mengandung banyak air. Selain memiliki banyak kandungan air, semangka juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Semangka memiliki nama latin Citrullus lanatus ini memiliki banyak nutrisi yang dapat mencegah tubuh kita terserang penyakit.

Semangka banyak mengandung vitamin A dan betakaroten, vitamin C, lutein serta zeaxanthin yang sangat penting bagi kesehatan organ mata dan bahkan dapat memaksimalkan kesehatan organ mata.

Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti vitamin B6, potasium serta tiamin. Buah semangka termasuk aman untuk dikonsumsi karena rendah sodium, lemak serta kalori.

Ada sebuah penelitian tentang semangka yang dilakukan di University of Kentucky, Amerika, yang menyatakan bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi buah semangka baik yang masih segar maupun yang sudah diolah menjadi jus memiliki kadar kolesterol darah yang lebih rendah. Hal seperti ini terjadi karena semangka juga mengandung senyawa arginin yang berfungsi untuk mengurangi lemak berlebihan dalam tubuh.

Bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet untuk mengurangi berat badan, mengkonsumsi buah semangka bisa dicoba. Sebab, dengan mengkonsumsi buah semangka, selain dapat melunturkan kadar lemak dalam tubuh juga akan membuat perut terasa kenyang dalam waktu lebih lama. Sehingga nantinya akan mengurangi keinginan untuk ngemil makanan yang tidak menyehatkan.

Buah semangka juga bisa kita konsumsi untuk mengurangi resiko terserang kanker dan bahkan dapat membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.

Masih banyak lagi manfaat dari mengkonsumsi buah semangka untuk kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Mencegah penyakit jantung serta kanker
buah semangka

buah semangka

Semangka banyak mengandung lycopene, yaitu suatu senyawa antioksidan yang dikenal mampu melawan penyakit jantung serta kanker prostat. Kandungan lycopene dalam buah semangka dengan tomat hampir sama dan mungkin bahkan lebih banyak.

Namun untuk bisa mendapatkan lycopene dari tomat, anda harus memasaknya terlebih dahulu. Sedangkan pada semangka, anda tidak perlu memasaknya, kandungan lycopene dalam semangka akan langung dilepas begitu anda memakannya.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Buah semangka juga mengandung vitamin C yang penting bagi tubuh kita. Kandungan vitamin C nya akan langung mencukupi setengah kebutuhan vitamin C harian anda. Vitamin C akan sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh kita sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  • Mencegah infeksi

Semangka mengandung betakaroten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A. Selain dapat menjaga kesehatan mata, betakaroten yang terkandung dalam buah semangka juga dapat mencegah terjadinya infeksi.

  • Mempercepat proses penyembuhan

Semangka juga menghasilkan senyawa bernama citulline, yaitu suatu asam amino yang ikut berperan dalam mempercepat proses penyembuhan baik dari penyakit maupun luka serta untuk proses pembelahan sel-sel tubuh. Citrulline banyak terkandung pada daging buah semangka yang berwarna putih. Maka dari itu sebaiknya mulai sekarang konsumsi buah semangka dengan daging buahnya yang berwarna putih juga.

  • Mengurangi stres

Semangka mengandung potasium yang baik untuk kesehatan tubuh. Potasium berguna untuk mengurangi stres setelah melakukan berbagai kegiatan sehari-hari serta memperbaiki mood kita.

  • Baik untuk ibu-ibu yang sedang ngidam

Dalam dua cangkir semangka, terkandung 96 kalori. Kalori yang terkandung dalam semangka cukup rendah. Selain itu dengan banyaknya kandungan air dalam buah semangka akan membuat anda merasa kenyang lebih lama serta dapat menjaga berat badan anda tetap stabil.

  • Meringankan otot pegal
jus semangka

jus semangka

Dalam sebuah penelitian di panyol telah ditemukan bahwa mengkonsumsi jus semangka sebelum berolahraga akan mengurangi dan meringankan rasa pegal serta lelah  setelah berolahraga. Mengkonsumsi semangka akan dapat mengurangi rasa pegal serta lelah, karena adanya kandungan citrulline.

  • Kaya akan air

Semangka merupakan buah yang banyak mengandung air. Dalam satu buah semangka terkandung 91,5% air. Maka dari itu, buah semangka sangat baik sekali untuk dikonsumsi ketika anda membutuhkan banyak cairan. Selain itu, semangka juga mengandung potasium serta sodium yang akan membuat anda terbebas dari bahaya karena dehidrasi.

  • Menetralkan tekanan darah

Banyaknya kandungan air dalam buah semangka sangat baik untuk kesehatan kita. elain mencegah terjadinya dehidrasi, kandungan air dalam buah semangka juga dapat menetralkan tekanan darah. Maka dari itu, buah semangka cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja termasuk orang yang mengidap penyakit hipertensi.

  • Mengurangi resiko terserang stroke

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang baik dalam buah semangka, maka akan mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke. elain mengurangi resiko stroke, mengkonsumsi semangka juga akan mengurangi gangguan kesehatan lain seperti mual-mual, demam serta diare. Caranya cukup dengan mengkonsumsi jus semangka setiap hari secara rutin.

1 comment for “Kandungan Dan Manfaat Semangka

  1. Pingback: Keith

Comments are closed.