Kandungan Dan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

tanaman tomat

tanaman tomat

Tomat, merupakan salah satu jenis buah yang umumnya identik dengan warnanya yang merah. Banyak sekali orang yang tidak asing dengan buah tomat. Tomat umumnya bisa dimakan langsung atau ditambahkan ke dalam berbagai masakan.

Tomat memiliki nama ilmiah Lycopersicum esculentum Mill, dan merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Latin. Bauh tomat memiliki rasa yang sedikit asam dan sering sekali digunakan sebagai bahan campuran dalam berbagai masakan, seperti sup maupun sambal.

Selain bisa langsung dimakan begitu saja, umumnya banyak orang yang mengkonsumsi buah tomat dengan cara dipotong-potong dan ditaburi sedikit gula. Selain itu bisa juga dipotong-potong lalu dimasukkan ke dalam blender dan dibuat jus.

Orang-orang sering mengganggap tomat sebagai salah satu jenis sayuran dan bukan termasuk dalam golongan buah-buahan. Padahal, tomat sebenarnya termasuk dalam golongan buah-buahan walaupun masih ada sebagian orang yang mengganggap bahwa tomat termasuk dalam golongan sayuran.

Tomat, merupakan tumbuhan yang termasuk dalam golongan solanaceae yang awalnya berasal dari daerah Amerika Tengah serta Amerika Selatan. Pohon tomat sendiri tingginya bisa mencapai 1 sampai 3 meter namun cepat sekali mati.

Seperti buah-buahan pada umumnya, tomat terbagi menjadi beberapa jenis, meliputi:

  • Tomat gondol
tomat gondol

tomat gondol

Tomat gondol berbentuk bulat lonjong. Tomat gondol termasuk dalam golongan buah. Biasanya tomat gondol sering dijadikan sebagai bahan pembuatan saus.

  • Tomat granola

Tomat granola memiliki bentuk yang bulat serta pangkal buahnya mendatar. Tomat granola juga termasuk dalam golongan buah karena bisa dikonsumsi secara langsung.

  • Tomat ceri

Tomat ceri berbentuk bulat dan berukuran kecil. Umumnya dalam satu tangkai akan terdapat beberapa buah tomat yang tersusun secara rapi.

  • Tomat sayur

Tomat jenis ini termasuk dalam golongan sayur karena sering dijadikan sebagai bahan campuran dalam memasak sayuran.

Karena tomat termasuk dalam golongan buah-buahan, maka tomat memiliki banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah tomat. Tomat, mengandung banyak vitamin A, B6, C, K, folat, kalium,niacin, magnesium, fosfor serta tembaga. Selain itu, buah tomat mengandung rendah sodium, kalori, lemak jenuh maupun kolesterol.

Maka dari itu, tomat baik sekali untuk kita konsumsi sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah tomat, yaitu:

  • Mencegah kanker

Bagi anda yang ingin terhindari dari bahaya penyakit kanker, seperti kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker ovarium maupun kanker prostat, sebaiknya konsumsilah tomat secara rutin mulai dari sekarang. Tomat mengandung likopen yang merupakan senyawa bersifat antioksidan yang akan menjaga tubuh anda dari bahaya penyakit kanker.

  • Memperlancar serta menyehatkan pencernaan
tomat ceri

tomat ceri

Tomat mengandung banyak serat yang baik sekali untuk menjaga kelancaran serta kesehatan organ-organ pencernaan dalam tubuh kita. Bila anda mulai merasakan sering sakit perut maupun sembelit, sebaiknya cobalah untuk mengkonsumsi tomat.

  • Melindungi kulit

Tomat merupakan sumber dari likopen yang merupakan senyawa bersifat antioksidan yang baik untuk menjaga kerusakan jaringan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari.

  • Memperkuat tulang

Tomat mengandung vitamin K yang baik untuk tulang dengan cara menjaga agar tulang tidak mengalami pengeroposan. Pengeroposan tulang lebih dikenald engan nama osteoporosis.

  • Mencegah diabetes

Tomat mengandung kromium yang dapat menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh kita. Kadar gula darah yang seimbang akan menjauhkan anda dari bahaya munculnya pernyakit diabetes.

  • Menjaga kesehatan mata

Tomat mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Mata yang sehat akan dapat memperbaiki ketajaman daya penglihatan bagi seseorang, selain itu juga akan menjauhkan anda dari baya penyakit mata seperti rabun maupun katarak.

  • Menjaga kesuburan rambut

Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin maka anda akan terhindar dari masalah rambut rontok. Tomat mengandung vitamin A yang juga akan membantu kita untuk menjaga kesuburan rambut.

  • Mencegah penyakit jantung

Penelitian terhadap pria di Eropa menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi tomat memiliki kadar likopen yang tinggi dalam tubuhnya dan jarang sekali terserang penyakit jantung. Selain itu, tomat juga mengandungan asam salisilat yang dapat mencegah terjadinya pengentalan darah.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam tomat akan dapat membantu kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi tomat secara rutin akan membuat daya tahan tubuh kita semakin meningkat sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

  • Menghilangkan jerawat dan komedo
salad sayuran dengan tomat

salad sayuran dengan tomat

Tomat memiliki sifat antiradang serta antibakteri sehingga dapat mencegah terjadinya jerawat serta komedo. Anda bisa mengkonsumsi tomat secara langsung atau dengan cara diblender lalu dioleskan ke wajah secara merata sebagai masker wajah.

  • Menambah nafsu makan

Bila anak anda nafsu makannya kurang, anda bisa memberinya beberapa potong tomat atau segelas jus tomat. Perlahan tapi pasti, nafsu makan anak anda akan semakin bertambah.

  • Menambah stamina

Saat anda merasa lelah setelah bekerja atau melakukan aktivitas dirumah, anda bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi buah tomat. Dengan cara mengkonsumsi buah tomat maka stamina anda akan tetap terjaga.

  • Mengurangi lemak dalam tubuh

Mengkonsumsi tomat secara rutin akan dapat mengurangi lemak yang berlebihan dalam tubuh, sehingga berat badan anda akan tetap terjaga. Maka dari itu, tomat bisa menjadi alternatif makanan yang baik dalam usaha menjaga kestabilan berat badan.

  • Menjaga kesehatan hati

Dengan mengkonsumsi tomat secara teratur akan membuat kesehatan organ hati tetap terjaga. Bila organ hati tetap terjaga kesehatannya maka anda akan terhindar dari bahaya penyakit berbahaya, seperti kanker hati maupun sirosis hati.

1 comment for “Kandungan Dan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

  1. Pingback: Lee

Comments are closed.