Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Labu

Sebagian besar dari masyarakat Indonesia pasti mengenal buah labu, karena biasanya makanan ini disajikan sebagai salah satu bahan makanan dari kolak yang biasanya dijadikan sebagai menu buka puasa.

Labu atau biasa disebut dengan nama waluh merupakan salah satu buah yang bisa disajikan ke dalam berbagai bentuk makanan seperti roti, kue, serta minuman seperti es buah.

Selain daging buah yang terasa lezat dan segar ketika dikonsumsi, biji dari buah labu kuning yang disebut dengan kuaci biasanya juga disukai banyak orang yang biasanya dikonsumsi sambil bersantai.

Kandungan Gizi Buah Labu

Buah labu kuning mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, misalnya beta karoten, protein, lemak, kalori, fosfor, mineral, natrium, kalium, zat besi, seng dan tembaga.

Seringkali perut kita cepat merasa kenyang meskipun baru makan sedikit buah labu kuning termasuk pada saat berbuka puasa.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan kandungan karbohidrat dalam buah labu kuning, yang biasanya akan membuat kita menunda untuk makan nasi setelah berbuka puasa dengan kolak yang terdapat labu di dalamnya.

Adapun buah labu juga mengandung berbagai vitamin yang sangat baik untuk kesehatan seperti vitamin A, C, E, K, niasin, tiamin, zeaxanthin, lutein, asam patoneat, riboflavin, folat, B6 dan pro vitamin A yang sangat melimpah.

Pumpkin Patch

Pumpkin Patch

 

Manfaat Kesehatan Buah Labu

Buah labu yang dijual di pasaran biasanya memiliki berat sekitar 3 hingga 5 kilogram dengan bentuk bulat pipih atau bulat lonjong.

Buah labu yang muda memiliki warna hijau sedangkan buah labu yang lebih tua biasanya memiliki warna kuning pucat.

Warna oranye atau kuning pada daging buah labu menandakan kandungan beta karoten yang ada di dalamnya, dimana sebagian besar dari buah ini didominasi oleh beta karoten.

Karena buah labu kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin, maka pastinya buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan bila dikonsumsi.

kolak labu

Berikut ini adalah manfaat kesehatan buah labu, diantaranya :

1. Merawat dan menyehatkan mata

Ketika usia manusia makin bertambah maka lensa pupil akan semakin menjadi keruh dimana hal ini akan mengganggu daya penglihatan.

Untuk mencegah masalah tersebut sekaligus merawat kesehatan mata anda, maka anda bisa mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, misalnya buah labu.

 

2. Melawan radikal bebas

Hampir setiap orang di jaman yang modern ini memiliki banyak aktivitas di luar ruangan yang menyita waktu dan membuat tubuh sering terkena sinar matahari langsung, sehingga tubuh rentan terkena dampak negatif dari serangan radikal bebas.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengonsunsumsi buah labu karena buah labu mengandung senyawa anti oksidan yang sangat ampuh melawan serangan radikal bebas.

 

3. Terlihat awet muda

Kandungan vitamin E di dalam buah labu bisa membuat kulit anda menjadi lebih kencang sehingga penampilan anda menjadi terlihat lebih awet muda.

 

4. Meminimalisir penyakit degeneratif : Hipertensi

Kandungan kalium pada buah labu bisa mengurangi resiko penyakit hipertensi atau darah tinggi, dimana penyakit ini biasanya juga rentan dialami oleh kaum wanita yang memasuki masa menopause.

 

5. Mengatasi sembelit

Kandungan serat di dalam buah labu bisa membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit ataupun BAB yang disertai dengan darah dan terasa sangat menyakitkan.

 

6. Pertumbuhan tulang dan gigi 

Kandungan fosfor dan kalsium pada buah labu kuning sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi atau anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Hal ini dikarenakan keduanya sangat bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi.

Bukan hanya itu karena para manula juga disarankan untuk mengonsumsi labu sehingga terhindar dari masalah yang berhubungan dengan tulang dan gigi.

 

7. Baik untuk penderita kanker Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Labu

Salah satu menu makanan yang sangat baik untuk penderita kanker adalah buah labu dikarenakan kandungan beta karoten di dalamnya mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker.

 

8. Sebagai zat anti inflamasi

Kandungan beta karoten pada buah labu yang baik untuk kanker, ternyata juga baik sebagai zat anti inflamasi.

Hal ini ternyata mampu mengurangi resiko terjadinya pembengkakan pada tubuh anda.

 

9. Mengurangi resiko stroke

Kebiasaan anda mengonsumsi buah labu kuning juga bermanfaat untuk mengatasi kolestrol jahat anda sebab buah ini mampu mengurangi resiko penyakit stroke.

 

10. Baik untuk penderita Anemia

Bila anda memiliki penyakit anemia maka biasanya hal tersebut dikarenakan anda memiliki aktivitas yang sangat menyita waktu, energi dan pikiran.

Bagi mereka yang sibuk, sering melupakan makan, atau hanya makan dengan menu seadanya seperti hanya sempat menyantap mie instan saja maka bisa saja lama kelamaan anda akan terkena anemia.

Maka salah satu cara untuk mengatasi anemia adalah dengan banyak mengonsumsi waluh atau labu kuning.

Kandungan zat besi 0,8 mg pada buah labu, walaupun tidak terlalu banyak bisa membantu untuk proses pembentukan sel darah merah anda.

 

11. Pengembali energi

Bila selama ini anda memiliki niat untuk menghindari makan nasi maka anda bisa mengonsumsi kolak yang terdapat labu di dalamnya, karena makanan ini bisa menahan lapar untuk beberapa saat.
Bahkan kandungan gula sebesar 2,76 gr pada labu bisa mengembalikan energi anda yang hilang karena aktivitas seharian yang menguras tenaga.

 

12. Sebagai makanan pendamping ASI

Kandungan nutrisi pada buah labu bisa menjadikan buah ini sebagai makanan pendamping ASI, buah ini juga memiliki tekstur yang lembut ketika dicerna oleh saluran pencernaan bayi.

Dengan demikian buah labu aman untuk dikonsumsi oleh bayi yang masih berusia 6 bulan ke atas.

 

13. Membantu sistem imunitas

Tingginya kandungan vitamin C dan adanya proliferasi limfosit limpa pada buah labu yang berfungsi membasmi sel racun hingga sel kanker bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit dari luar.

 

14. Sebagai obat cacing jus labu

Anak-anak sangat beresiko untuk kena penyakit cacingan, apalagi jika sering menghabiskan waktu untuk bermain di luar ruangan dan tidak langsung membersihkan tubuh setelah selesai bermain.

Untuk mengatasi sekaligus mencegah penyakit cacingan, anda bisa memberi anak anda jus labu dan diminum secara teratur hingga penyakit cacingan hilang.

 

15. Menjaga kestabilan gula darah

Kandungan gula pada buah labu termasuk ringan sehingga buah ini bisa membantu menstabilkan kondisi gula bagi mereka yang beresiko tinggi untuk terkena diabetes.

 

16. Menenangkan syaraf

Kandungan magnesium pada buah labu bisa memberikan efek rileks pada syaraf, dengan demikian buah ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang menderita penyakit hipertensi.