Kandungan Gizi Dan Manfaat Jamur Merang

Jamur Merang (Volvariella volvacea) atau biasa disebut sebagai jamur kancing (karena memiliki bentuk seperti kancing pakaian) sebenarnya tidak berbeda jauh dengan jamur-jamur pada umumnya hanya saja belakangan ini semakin banyak budidaya jamur merang baik yang dilakukan oleh perseorangan hingga perusahaan besar, yang biasanya melakukan budidaya tersebut di daerah lereng pegunungan.

Jamur sendiri adalah salah satu bahan makanan yang memiliki nilai gizi dan manfaat kesehatan, asalkan bukan jenis jamur yang beracun.

Ada berbagai jenis enzim pada jamur merang, misalnya saja Tripsin yang berfungsi membantu proses pencernaan.

Selain itu tingginya kandungan vitamin B kompleks beserta riboflavin dengan asam amino yang lengkap membuat jamur ini memiliki unsur-unsur yang bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari ancaman penyakit.

Dari sekian banyak metode budidaya, penggunaan jerami padi merupakan yang paling familiar dimana media ini ditata sedemikian rupa sebagai tempat budidaya jamur merang, tentunya budidaya dari jamur merang harus dilakukan dengan mengontrol supaya tingkat temperatur dan kelembaban tetap terjaga pada tingkat tertentu..

Pada saat ini anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan produk jamur merang yang telah dikemas dan dijual di supermarket atau pasar dengan berbagai merk dan harga yang berbeda-beda.

jamur merang

Adapun Kementrian Industri Thailand melalui Departemen Sains mengeluarkan hasil penelitian yang menyebutkan kandungan gizi pada jamur merang (per 100 gr), diantaranya :

  • Protein 5.94 %,
  • Serat 1,56 %,
  • Abu 1,14 %,
  • Karbohidrat 0,59 %,
  • Lemak 0,17 %,
  • Vitamin C 12,40 mg,
  • Fosfor 17 mg,
  • Vitamin B-1 0,15 mg,
  • Vitamin B-2 0,75 mg,
  • Besi 1,9 mg,
  • Mineral
  • Tambahan asam folat, kalium dan tembaga.

budidaya jamur merang

Manfaat Kesehatan Jamur Merang

Karena jamur merang kaya akan kandungan nutrisi maka pastinya dengan sering mengonsumsi jamur ini maka anda bisa merasakan manfaat kesehatannya.

Adapun beberapa manfaat jamur merang bagi kesehatan antara lain:

  • Kandungan kolesterol rendah

Kandungan serat dan enzim pada jamur merang bisa membantu kelancaran dari sistem pencernaan, selain itu jamur merang juga rendah akan karbohidrat, tidak terdapat lemak jahat dan mengandung banyak protein.

Bahkan tingginya kandungan protein pada jamur merang maka hal ini bisa membakar kolesterol yang berada di saluran pencernaan.

 

  • Baik bagi penderita diabetes

Jamur merang rendah akan karbohidrat dan lemak, serta mengandung insulin alami yang baik bagi penderita penyakit diabetes.

Dengan mengonsumsi jamur merang maka akan membantu meningkatkan terbentuknya insulin dengan jumlah yang ideal, dimana hal ini juga baik untuk menjaga kesehatan organ pankreas, hati dan kelenjar endokrinal yang lainnya.

Bahkan pada jamur merang terdapat antibiotik yang baik dikonsumsi untuk mencegah infeksi akibat luka yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

 

  • Mencegah pertumbuhan sel kanker

Untuk mencegah tumbuhnya sel kanker prostat dan kanker payudara anda bisa mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi jamur merang.

Kandungan asam linoleat yang terkonjugasi serta beta-glukan pada jamur merang bisa memberikan efek karsinogenik.

Kandungan asam linoleat pada jamur merang bisa membantu menurunkan efek hormon estrogen.

Sedangkan dengan terlalu tingginya kandungan hormon estrogen, maka hal ini bisa meningkatkan resiko kanker payudara.

Fungsi beta-glukan pada jamur merang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat.

Sedangkan kandungan selenium pada jamur merang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan ergothioneine pada jamur merang dimana ini adalah sejenis antioksidan yang kuat dan bisa menjaga tubuh dari resiko kesehatan akibat radikal bebas dengan efektif.

Kandungan ergothioneine bisa mencegah mikroba, jamur dan sebagainya, serta bisa mengatasi masalah kulit seperti luka bisul dan borok.

Sedangkan kandungan berbagai vitamin seperti A, B kompleks dan C pada jamur merang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

 

  • Baik untuk diet

Karena pada jamur merang tidak terdapat lemak maka makanan ini disarankan jika anda sedang menjalani program diet.

Kandungan protein yang terdapat pada jamur merang berfungsi untuk membakar lemak, sedangkan tingginya kandungan serat pada jamur merang baik untuk menjaga fungsi organ pencernaan.

 

  • Baik untuk Masa Pertumbuhan

Tingginya kandungan protein pada jamur merang baik digunakan untuk membantu masa pertumbuhan anak.

Berbeda dengan putih telur yang mengandung lemak dan kolesterol, bahkan jamur merang memang sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

 

  • Memperkuat tulang

Jamur merang tinggi akan kandungan kalsium serta vitamin D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, dengan demikian anda bisa mulai mengonsumsi jamur merang jika ingin terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan tulang.

 

  • Mencegah Anemia

Darah membutuhkan zat besi untuk memproduksi darah, sedangkan kekurangan zat besi pada darah akan menimbulkan penyakit anemia atau kekurangan darah.

Dengan rutin mengonsumsi jamur merang maka anda akan terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan kekurangan darah.

 

  • Baik untuk kesehatan jantung

Tingginya kandungan tembaga dan kalium pada jamur merang membuktikan bahwa bahan makanan ini bisa menjadi salah satu sumber mineral tambahan.

Kandungan tembaga pada jamur merang meningkatkan peran anti bakteri dalam menjaga fungsi organ tubuh dari gangguan ataupun ancaman dari luar (penyakit).

Sedangkan tingginya kandungan kalium pada jamur merang membuatnya memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga fungsi pembuluh darah, dengan demikian kesehatan jantung anda akan menjadi lebih terjaga dengan baik.

 

  •  Mengatasi radikal bebas

Selenium serta flavonoid memiliki peranan yang sama-sama penting dalam mengatasi serangan radikal bebas di dalam tubuh.

Alkohol, lemak jahat pada makanan, asap polusi serta radiasi elektromagnetik yang merupakan contoh dari serangan radikal bebas jika tidak dicegah sejak dini bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

 

  • Baik untuk para vegetarian

Jika selama ini anda memiliki pola makan anti hewani (vegetarian) namun maka biasanya anda memiliki keluhan betapa sulitnya mendapatkan sumber makanan nabati namun memiliki kandungan protein yang setara dengan hewani.

Dengan demikian jamur merang merupakan solusi yang tepat bagi anda yang ingin menjaga pola makan vegetarian namun tetap ingin mendapatkan asupan protein yang baik.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Jamur Merang

Tips Tambahan Mengenai Jamur Merang

Sebelum mengolah jamur merang, pastikan bahwa anda telah membersihkan kotorannya kemudian mencucinya dengan menggunakan air bersih.

Kemudian anda bisa merebus jamur merang setidaknya 5 menit hingga air menjadi mendidih.

Setelah terlihat ada buih yang keluar disertai dengan air yang berubah menjadi kecoklatan dan mengeluarkan aroma yang khas maka anda bisa membuang air rebusan tersebut kemudian bilas jamur sebanyak 3 kali dengan menggunakan air dingin, kemudian tiriskan.

Setelah itu disarankan untuk segera mengolah atau memasak jamur karena jamur tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama (jamur bisa layu kemudian membusuk jika dibiarkan).