Kandungan Gizi Dan Manfaat Jamur Shiitake

Jamur Shiitake (lentinula edodes) atau jamur Hioko merupakan salah satu jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi, rasanya disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dan banyak dijual di pasar serta pusat perbelanjaan.

Selain rasanya yang nikmat ternyata jamur Shitake kaya akan gizi, sedangkan di luar negeri seperti Tiongkok, Jepang dan Cina jamur ini sudah lama dikenal sebagai menu makan sehat.

Bahkan sejak 6 ribu tahun yang lalu jamur Shiitake sudah digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional dan dikenal sebagai bahan makanan sekelas kerajaan di negeri Tiongkok.

Pakar nutrisi dari Amerika yaitu Dr. Josh Axe di dalam laman Draxe yang merupakan salah satu laman kesehatan terkenal di dunia menyebutkan bahwa jamur Shiitake kaya akan vitamin B kompleks, selenium, sejumlah besar asam amino essensial dan berbagai senyawa unik yang bermanfaat bagi kesehatan.

kandungan gizi jamur shitake

Berikut ini adalah kandungan gizi dan nutrisi dari jamur Shiitake (per 100 gr) :

Energi yang dihasilkan: 34 kcal

Air: 89.74 gram
Protein: 2.24 gram
Lemak (lipid): 0.49 gram
Karbohidrat: 6.79 gram
Serat: 2.5 gram
Gula: 2.38 gram

Mineral yang Dikandung:

Kalsium / Calsium (Ca): 2 mg (mili gram)
Besi / Ferrum (Fe): 0.41 mg
Magnesium (Mg): 20 mg
Fosfor / Phosphorus (P): 112 mg
Potassium / Kalium, K: 304 mg
Sodium / Natrium (Na): 9 mg
Seng / Zinc (Zn): 1.03 mg

Vitamin yang Dikandung:

Vitamin C, jumlah asam askorbat: 0.015 mg
Thiamin: 0.217 mg
Riboflavin: 0.509 mg
Niacin: 3.877 mg
Vitamin B6: 0.293 mg
Asam Folat, DFE: 13 pg
Vitamin B12: 0.00 pg
Vitamin A: 7013 IU
Vitamin E (alfa-tokoferol): 0.10 mg
Vitamin D (D2 + D3): 0.4 pg
Vitamin D: 18 IU

Informasi dan data di atas dipetik dari dari USDA yaitu Agricultural Research Service, United States Department of Agriculture.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Jamur Shiitake

Manfaat Kesehatan Jamur Shiitake

Jamur Shiitake mengandung banyak gizi dan nutrisi, maka dari itu tidak mengherankan jika harga jamur ini di pasaran termasuk mahal jika dibandingkan dengan jenis jamur yang lain.

Banyak yang menganggap bahwa tekstur jamur Shiitake hampir mirip dengan daging karena kekenyalannya, dan pastinya jamur Shiitake bisa diolah dengan berbagai cara mulai dari ditumis atau direbus, bahkan dijadikan tambahan untuk menu makanan yang lain juga mantap.

Bagi sebagian orang jamur Shiitake merupakan salah satu potensi bisnis yang menguntungkan karena jamur ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan disukai oleh masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas.

Berikut ini adalah manfaat kesehatan jamur Shiitake, diantaranya :

1. Mengandung Banyak Protein

Jamur Shitake tinggi akan kandungan protein, bahkan bisa membantu membentuk otot anda sehingga anda tidak perlu merasa khawatir jika sewaktu-waktu otot anda menjadi kendur.

Dengan demikian bila anda sering mengonsumsi jamur Shiitake maka anda akan mudah membentuk otot anda dan anda tidak akan kesulitan untuk memiliki tubuh yang berisi.
2. Memiliki Kadar Lemak yang Baik

Tidak semua lemak itu buruk bagi kesehatan karena pada dasarnya lemak terbagi menjadi dua jenis, yaitu lemak yang baik dan lemak yang buruk.

Nah, adapun kandungan lemak pada jamur Shiitake merupakan jenis lemak yang baik untuk kesehatan bahkan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
3. Mengandung Banyak Serat Pangan

Karena jamur Shiitake tinggi akan kandungan serat maka jika anda rutin mengonsumsi jamur ini akan membantu menyehatkan saluran pencernaan anda, termasuk dengan sembelit dan susah BAB.

Bukan hanya itu karena jamur Shiitake juga mengandung kalium dan asam amino yang sangat baik untuk metabolisme energi sehingga metabolisme tubuh anda akan menjadi lebih lancar.
4. Menambah Stamina 

menjaga stamina

menjaga stamina

Dengan rutin mengonsumsi jamur Shiitake maka stamina anda akan bertambah, hal ini dikarenakan jamur Shiitake bisa langsung bekerja menuju ke pusat syaraf untuk menjaga fungsi organ tubuh dengan baik.
5. Mengurangi Resiko Kanker

Dengan rutin mengonsumsi jamur Shiitake juga bisa membuat anda terhindar dari resiko mengalami masalah pada pembentukan sel, dengan demikian anda anda akan memiliki resiko yang kecil untuk mengalami pembelahan sel secara abnormal dimana hal ini jika dibiarkan bisa menimbulkan penyakit tumor dan kanker.

Maka dari itu ada baiknya jika anda mencegahnya dengan mengonsumsi menu makanan sehat, misalnya seperti jamur Shiitake apalagi jamur ini juga sangat baik digunakan untuk membantu program diet.
6. Menghilangkan Nyeri Otot

Bilamana selama ini anda sering mengalami masalah otot yaitu nyeri karena akumulasi garam dan lemak yang selama ini menimbun persendian maka ada baiknya anda mulai mengonsumsi jamur Shiitake karena dengan mengonsumsi jamur ini maka masalah yang berkaitan dengan pegal-pegal dan linu akan berkurang dan bahkan akan hilang.
7. Mengandung Zat Besi

Kandungan zat besi pada jamur Shiitake sangat tinggi dan baik untuk kesehatan dimana sel darah bisa terus dihasilkan dan HB selalu berada pada kadar yang terkontrol, dengan demikian anda akan terhindar dari penyakit anemia.
8. Mengobati Pusing

Kekurangan vitamin B bisa menyebabkan mudah pusing dan jika anda sering mengalami hal ini maka anda bisa mengonsumsi jamur Shiitake yang tinggi akan kandungan vitamin B, dengan demikian anda tidak akan mudah lelah dan pusing.
9. Anti Inflamasi

Anda bisa mendapatkan efek anti inflamasi atau anti peradangan dari jamur shitake, sehingga seandainya pada saat ini anda sedang sakit radang maka sangat disarankan untuk mengonsumsi jamur ini supaya kondisi kesehatan segera membaik.
10. Menghilangkan Bekas Luka Jamur Shiitake

Jika anda memiliki bekas luka yang sulit hilang maka seringlah mengonsumsi jamur Shiitake karena jamur ini juga bisa memberikan manfaat menghilangkan bekas luka.
11. Menurunkan berat badan

Dalam setiap 4 buah jamur Shiitake mentah yang berukuran besar hanya terdapat sekitar 1 gr lemak, 26 kalori, 2 gr serat dan sekitar 2 gr protein.

Sedangkan dalam setiap 4 buah jamur Shiitake yang berukuran besar dan telah dimasak atau dikeringkan hanya terdapat 40 kalori, dan serat serta protein yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang mentah.

Dengan demikian jumlah tersebut bisa menunda rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan, sehingga jamur Shiitake sangat disarankan bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.
12. Berbagai manfaat lain jamur Shiitake

Adapun jamur Shiitake masih memiliki berbagai manfaat kesehatan lain, misalnya berfungsi sebagai obat sakit kepala, anti stres, anti depresan, untuk mencegah stroke dan hipertensi.

 

 

 

Resiko mengkonsumsi Jamur Shiitake

Adapun Jamur shiitake mengandung purin sehingga jika anda memiliki masalah yang berhubungan dengan ginjal, sebaiknya tidak mengonsumsi jamur shiitake dalam jumlah yang terlalu banyak.

Zat purin jika terkumpul banyak di dalam tubuh maka bisa memicu penyakit asam urat serta membentuk batu ginjal.

Maka dari itu pastikan terlebih dahulu apakah anda memiliki masalah dengan ginjal atau tidak sebelum mengonsumsi jamur Shiitake.