Kandungan Nutrisi Dan Berbagai Manfaat Dari Jintan Hitam

kandungan nutrisi jintan hitam

kandungan nutrisi jintan hitam

Jintan hitam atau yang sering disebut dengan nama Habbatussauda, memiliki nama ilmiah Nigella sativa Linn. Jintan hitam termasuk dalam golongan rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai obat.

Jintan hitam merupakan rempah berbentuk butiran hitam yang telah dikenal sejak ribuan tahun silam serta banyak digunakan oleh masyarakat Pakistan, India serta Timur tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Jintan hitam dikenal memiliki banyak nama, seperti black caraway, black seed, black cumin, jintan hitam, kaluduru, natura seed dan lain sebagainya.  Jintan hitam telah digunakan dalam pengobatan sejak 2000 sampai 3000 tahun sebelum Masehi.

Bahkan jintan hitam banyak terdapat dalam literature kuno tentang ilmu pengobatan seperti literature Ibnu Sina 980 – 1037 Masehi Al – Antiki, Ibnu Qayyim, Al – Biruni tahun 973 – 1048 Masehi, serta Al – Baghdadi.

Ibnu Sina adalah seorang peneliti jenius dari Timur Tengah dalam bidang ilmu pengobatan. Beliau hidup antara 980 – 1037 Masehi. Beliau meneliti berbagai macam manfaat jintan hitam untuk pengobatan serta untuk kesehatan.

Dioscoredes, ahli pengobatan Yunani kuno juga ikut mencatat berbagai macam manfaat dari Jintan hitam, khususnya untuk masalah seperti sakit kepala serta gangguan saluran pernapasan.

Di Indonesia sendiri, jintan hitam sudah digunakan secara turun temurun sejak jaman nenek moyang sebagai bahan campuran dalam berbagai obat-obatan herbal. Jintan hitam dipercaya mampu memberikan nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan otak serta mampu mengobati kanker.

Hal itu disebabkan oleh kandungan nutrisi, baik itu vitamin, mineral maupun senyawa-senyawa lainnya yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Menurut berbagai penelitian jintan hitam mengandung betakaroten, potassium, kalsium, sodium serta zat besi yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

Berbagai macam manfaat jintan hitam untuk kesehatan, meliputi:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Jintan hitam baik untuk orang-orang yang sedang mengalami gangguan fungsi daya taha tubuh. Daya tahan tubuh yang terganggu membuat seseorang maupun anak-anak mudah sekali terserang penyakit, seperti flu. Jintan hitam dapat digunakan untuk mengobati flu dengan cara memrbaiki daya tahan tubuh sehingga kebal terhadap penyakit.

  • Mengobati alergi serta asma

Jintan hitam mengandung protein kinase C yang berfungsi untuk menghambat pelepasan histamine. Histamine merupakan suatu zat yang diproduksi oleh tubuh sebagai reaksi dari alergi. Para pengidap alergi maupun asma karena alergi dapat disembuhkan dengan menggunakan jintan hitam tanpa mengalami efek samping yang merugikan. Selama melakukan pengobatan dengan menggunakan jintan hitam sebaiknya hindari terkena paparan pemicu dari alergi.

  • Mengobati kanker
biji jintan hitam

biji jintan hitam

Jintan mengandung asam lemak yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu jintan hitam juga memiliki kemampuan untuk menstimulasi produksi sumsum tulang, produksi interferon serta meningkatkan imunitas sel tubuh. Dengan mengkonsumsi jintan hitam maka sel-sel tubuh kita yang masih normal akan tetap terlindungi serta mampu melawan bahkan menghancurkan sel-sel kanker.

  • Menyehatkan serta meningkatkan fungsi otak

Jintan hitam mengandung asam linoleat serta asam linolenat. Asam linoleat adalah asam lemak omega 6, sedangkan asam linolenat adalah asam lemak omega 3. Jadi untuk lebih mudahnya, jintan hitam mengandung omega 6 dan omega 3 yang baik sekali untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan fungsi organ otak. Maka dari itu, jintan hitam baik sekali untuk anak-anak serta orang lanjut usia yang fungsi otaknya sudah mulai menurun.

  • Mengobati masalah gangguan pernapasan

Jintan hitam juga dapat digunakan untuk mengobati masalah gangguan perpasan, seperti asma bronkial, bronchitis, batuk kronis, cepat lelah serta berbagai gangguan pernapasan lainnya.

  • Mengatasi insomnia

Jintan hitam mengandung senyawa saponin yang memiliki fungsi seperti kortikosteroid namun bersifat alami yang mampu mempengaruhi fungsi ginjal, jantung, saraf serta otot tubuh menjadi lebih rileks. Sapion yang terkandung dalam jintan hitam juga dapat membuat tubuh kita lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan, mengurangi stress bahkan melancarkan ASI.

  • Meningkatkan aktifitas hormone

Hormone merupakan zat aktif yang diproduksi oleh kelenjar endokrin. Hormone bekerja untuk mengatur segala fungsi sel maupun jaringan tubuh. Jintan hitam mengandung sterol atau senyawa aktif yang mampu merangsang aktifitas, proses sintesis serta kerja hormone dalam tubuh kita.

  • Menetralkan racun
manfaat jintan hitam untuk kesehatan

manfaat jintan hitam untuk kesehatan

Jintan hitam mampu menetralkan racun dalam tubuh kita. Racun dalam tubuh kita merupakan hasil akhir atau limbah dari proses metabolism tubuh. Penumpukan racun dalam tubuh mampu mengganggu metabolism serta kerja organ tubuh yang vital, seperti ginjal, hati, paru-paru dan lain sebagainya.

Jintan hitam mengandung saponin yang mampu menetralkan serta membersihkan tubuh kita dari racun sehingga baik untuk digunakan sebagai detoksifikasi tubuh.

  • Memperbaiki pencernaan

Jintan hitam mengandung minyak atsiri serta volatile yang mampu memperbaiki pencernaan serta menjaga kesehatan organ-organ pencernaan. Dalam ilmu pengobatan tradisional, minyak atsiri sering digunakan sebagai obat untuk diare.

  • Agen antibakteri alami

Para peneliti di Pakistan menemukan bahwa kandungan minyak volatile dalam jintan hitam mampu membunuh strain bakteri penyebab penyakit kolera serta bakteri E coli. Bahkan hasilnya jauh lebih baik daripada obat antibiotic.

  • Melancarkan ASI

Kombinasi asam lemak tak jenuh yang terkandung di dalam jintan hitam dengan struktur hormonal dalam tubuh ibu-ibu yang sedang menyusui mampu melancarkan air susu ibu. Penemuan ini telah dipublikasikan dalam sebuah literature kesehatan setelah diteliti lebih lanjut di Universitas Potchestroom pada tahun 1989.

  • Nutrisi tambahan bagi ibu hamil serta anak-anak

Ibu hamil memerlukan nutrisi yang baik seperti omega 3, omega 6 serta omega 9 untuk memaksimalkan perkembangan jaringan otak pada janin. Selain itu memberikan jintan hitam pada anak-anak dapat menjadi tambahan nutrisi serta stimulasi system daya tahan tubuhnya.

  • Agen antiradang

Jintan hitam mengandung senyawa thymoquinone yang memiliki sifat antiradang. Jintan hitam dapat digunakan sebagai obat oles untuk mengobati peradangan, baik karena rematik, digigit serangga maupun radang karena jerawat.