Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Bisbul Untuk Kesehatan

manfaat buah bisbul untuk kesehatan

manfaat buah bisbul untuk kesehatan

Buah ini disebut dengan nama bisbul. Bisbul merupakan buah dari tumbuhan yang juga diberi nama bisbul. Bisbul memiliki nama ilmiah Diospyros blancoi. Sebenarnya bisbul masih berkerabat dengan kesemek dan kayu hitam.

Bisbul memiliki banyak nama. Ada yang menyebut bisbul dengan nama buah mentega atau buah lemak, di Jawa disebut sembolo. Orang Filipina menyebutnya tabang, kamagong atau mabolo karena kulit buahnya yang halus seperti beludru. Di Thailand di sebut marit.

Bisbul memiliki kulit luar yang halus seperti beludru berwarna coklat kemerahan yang nantinya akan berubah menjadi merah terang mirip warna apel. Bisbul memiliki kelopak bunga yang tidak rontok dibagian atas buahnya, hampir sama seperti kesemek.

Bisbul memiliki daging buah yang berwarna putih, agak keras dan padat. Daging buahnya memiliki rasa manis asam dan aromanya harum. Aromanya cukup keras dan menyengat, seperti aroma keju dan durian. Tidak sedikit orang yang merasa mual karena aromanya yang sangat menusuk. Bisbul masih satu keluarga dengan eboni atau Ebenaceae. Karena itu pohon bisbul memiliki kayu yang kuat dan berwarna kehitaman. Maka dari itu, terkadang Ebenaceae disebut juga dengan kayu arang.

Sebenarnya bisbul berasal dari Filipina. Di tempat asalnya di Filipina bisbul hidup liar di hutan dan banyak dibudidayakan di pekarangan. Sebab, pohon bisbul memiliki daun yang rimbun. Saat ini bisbul telah menyebar ke berbagai negeri beriklim tropis, seperti di Indonesia.

Buah bisbul bida dimakan langsung dan bisa juga dijadikan bahan dalam pembuatan makanan pencuci mulut maupun minuman. Meskipun aromanya sangat menyengat, banyak orang yang mulai mencoba untuk mengkonsumsi bisbul karena sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Buah bisbul kaya akan vitamin, mineral serta senyawa organic lainnya yang penting sekali bagi kesehatan. Bisbul kaya akan vitamin A, B kompleks dan vitamin C. mineral yang terkandung dalam buah bisbul, meliputi kalium, kalsium dan zat besi. buah bisbul juga kaya akan protein dan serat.

Karena memiliki banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan, maka akan ada banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi buah bisbul, seperti:

  • Menjaga kesehatan jantung

buah bisbul

buah bisbul

Bisbul termasuk dalah satu buah yang kaya akan mineral kalium. Kalium dalam tubuh kita akan berfungsi sebagai vasodilator, yang nantinya akan merenggangkan pembuluh darah, mengurangi stress berlebihan pada system kardiovaskular serta ikut menurunkan tekanan darah. buah bisbul juga kaya akan serat, yang nantinya akan ikut mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh kita. Kalium dan serat akan bekerjasama dalam mencegah terjadinya aterosklerosis, pembekuan darah, hipertensi, serangan jantung serta stroke.

  • Memperbaiki sirkulasi darah

Tingginya kandungan mineral zat besi dalam buah bisbul akan ikut meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh, meningkatkan oksigenasi pada jaringan dan otot tubuh, merangsang pertumbuhan rambut. Mempercepat proses penyembuhan sel-sel tubuh, serta meningkatkan efisiensi metabolism tubuh.

  • Memperbaiki system pernapasan

Di Filipina dan Sri Lanka, bisbul merupakan obat herbal alami yang sering digunakan untuk meredakan batuk, sesak napas serta asma. Kemungkinan hal tersebut disebabkan karena tingginya kandungan vitamin serta mineral, yang nantinya akan meningkatkan system kekebalan tubuh.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Tingginya kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah bisbul, mampu meningkatkan system kekebalan tubuh. Vitamin A dan vitamin C nantinya akan bertindak sebagai agen antioksidan yang akan menghancurkan radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas merupakan hasil akhir dari metabolism tubuh yang mampu bermutasi serta merusak sel-sel yang sehat dalam tubuh kita. Kedua vitamin tersebut nantinya akan mencegah terjadinya penuaan dini, berbagai penyakit kronis, merangsang pertumbuhan fan perkembangan sel tubuh, memperbaiki kesehatan kulit serta meningkatkan kesehatan.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

bisbul thumbBuah bisbul kaya akan serat makanan yang nantinya akan ikut menjaga kesehatan system pencernaan. Mengkonsumsi buah bisbul akan mencegah terjadinya sembelit serta berbagai masalah pada pencernaan yang lainnya. Di tempat asalnya, di Filipina, bisbul sering digunakan sebagai obat untuk mencegah diare maupun disentri.

  • Mencegah gangguan kulit

Mengkonsumsi buah bisbul maupun mengoleskan buah bisbul pada kulit secara langsung, mampu mengurangi terjadinya peradangan maupun iritasi pada kulit. Buah bisbul juga sering digunakan sebagai obat alternative dalam mengobatan luka bakar. Bahkan pasta dan jus buah bisbul juga bisa diterapkan secara langsung pada bagian kulit yang digigit seranggga, ular, maupun binatang berbisa lainnya. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan vitamin C yang nantinya akan mempercepat proses produksi kolagen pada kulit serta memeprcepat proses penyembuhan luka. Selain itu, bisbul juga mampu menetralkan racun.