Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

manfaat buah sawo untuk kesehatan

manfaat buah sawo untuk kesehatan

Buah sawo memiliki nama ilmiah Manilkara zapota, merupakan buah yang tumbuh didaerah tropis serta memiliki rasa yang manis. Buah sawo termasuk buah yang popular, selain pisang, mangga serta nangka.

Buah sawo memiliki daging buah yang lembut dan kaya akan kalori. Daging buah sawo kaya akan kalori karena tersusun dari gula sederhana seperti sukrosa serta fruktosa, sehingga dapat mengisi energy anda yang telah hilang setelah melakukan aktivitas yang berat.

Selain kaya akan gula sederhana, buah sawo juga kaya akan vitamin, mineral serta zat tannin yang memiliki fungsi sebagai zat antioksidan yang baik sekali untuk kesehatan tubuh kita.

Buah sawo dipercaya berasal dari hutan hujan di Amerika Tengah, lalu banyak dibudidayakan di Meksiko dan akhirnya menyebar ke daerah tropis lainnya, seperti Sri Lanka, India, Malaysia dan Indonesia.  Pohon sawo dapat tumbuh dengan cepat, tahan hempasan angina serta tahan panas, sehingga cocok sekali untuk ditanam di tempat yang kering serta dnegan curah hujan yang sedikit.

Dalam bahasa Inggris, sawo disebut dengan nama Sapodilla, Sapota maupun Chikoo. Buah sawo kaya akan mineral kalium, namun relative rendah natrium. Karena banyaknya kalium dalam buah sawo, maka buah ini baik untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Selain itu, buah sawo juga kaya akan vitamin, seperti vitamin A, B2, B3, B6, C serta vitamin E. karena adanya vitamin E, maka mengkonsumsi buah sawo baik sekali untuk menjaga kesehatan kulit serta mencegah penuaan dini.

Namun, meskipun buah sawo mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, sebaiknya jangan berikan buah sawo pada balita, karena getahnya dapat mengganggu saluran pencernaan.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah sawo, meliputi:

  • Mengembalikan energy

Buah sawo termasuk salah satu buah yang tinggi kalori. Buah yang tinggi kalori dapat dikonsumsi untuk mengembalikan energy yang hilang setelah melakukan aktivitas.

  • Kaya akan serat
buah sawo

buah sawo

Buah sawo kaya akan serat alami yang baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Kandungan serat dalam buah sawo akan membantu meringankan sembelit serta melindungi selaput lendir usus besar dari bahaya kanker. Berbagai racun yang tertinggal dalam perut akan dibersihkan dan keluar bersama kotoran.

  • Kaya akan antioksidan

Buah sawo kaya akan tannin yang merupakan suatu zat yang termasuk dalam keluarga polifenol. Tannin memiliki kamampuan untuk menetralisir asam yang muncul setelah proses metabolism protein. Dalam sebuah studi diketahu bahwa tannin mampu menjadi agen antiinflamasi, antibakteri, antivirus serta antiparasit.

  • Baik untuk kesehatan mata

Buah sawo mengandung vitamin A yang penting sekali untuk menjaga kesehatan mata serta menjaga selaput lendir dan kulit agar tetap dalam kondisi sehat. Vitamin A juga dipercaya mampu melindungi kita dari terjadinya kanker paru-paru serta kanker rongga mulut.

  • Baik untuk menjaga kesehatan tubuh

Buah sawo termasuk dalah satu buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C dalam buah sawo akan membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita secara menyeluruh dan tidak mudah terserang penyakit.

  • Membantu proses pembentukan darah merah

Buah sawo juga mengandung asam folat yang baik sekali untuk memperbaiki proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Selain itu asam folat juga baik untuk ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan, untuk menjaga kesehatan kan kondisi janin dalam kandungannya.

  • Efektif dalam menangkal kanker

Buah sawo kaya akan kandungan nutrisi seperti antioksidan, vitamin A, serta serat yang baik sekali untuk mencegah penyakit kanker, khususnya kanker paru-paru, kanker kolon, kanker rongga mulut serta penyakit kanker lainnya.

  • Mencegah anemia

Buah sawo kaya akan asam folat serta zat besi. Asam folat dan zat besi akan bekerjasama dalam tubuh dan mencegah terjadinya anemia. Maka dari itu, untuk mencegah anemia, sebaiknya cobalah untuk mengkonsumsi sawo.

  • Menutrisi serta memperkuat tulang dan gigi
buah sawo segar

buah sawo segar

Buah sawo mengandung kalsium, fosfor serta zat besi yang cukup tinggi. Ketiga nutrisi tersebut akan membantu dalam hal menutrisi serta memperkuat tulang dan gigi. Tulang dan gigi akan tetap sehat meskipun usia anda terus bertambah hanya dengan mengkonsumsi buah sawo.

  • Efektif untuk mengobati serta mencegah batuk

Buah sawo mampu mengobati serta mencegah batuk. Buah sawo dipercaya mampu menghilangkan dahal maupun lendir yang berlebihan pada rongga hidung serta pada saluran pernapasan anda. Kondisi seperti ini juga akan membuat napas anda menjadi lebih lancar.

  • Mencegah terjadinya infeksi

Kandungan vitamin C serta vitamin A dalam buah sawo juga bisa mencegah terjadinya infeksi. Vitamin A baik untuk menjaga kesehatan kulit serta menjaga selaput lendir. Sedangkan vitamin C akan melawan berbagai radikal bebas yang berbahaya serta mencegah terjadinya berbagai macam infeksi.

  • Menjaga sistem metabolisme tubuh

Buah sawo matang yang masih segar merupakan makanan yang kaya nutrisi, seperti  kalium, tembaga, zat besi, asam folat, asam pantotenat serta niasin. Berbagai senyawa tersebut merupakan bagian yang penting bagi kesehatan karena semuanya terlibat dalam berbagai macam proses metabolism tubuh serta sebagai kofaktor enzim dalam tubuh kita.

  • Nutrisi alami untuk kulit

Buah sawo mengandung vitamin A, C serta vitamin E. ketiga vitamin tersebut akan bekerjasama dalam menyehatkan kulit serta membuat anda menjadi tampak awet muda.

Selain itu daun, kulit dan getah dari buah sawo juga bisa digunakan untuk menjaga kesehata, seperti:

  • Daun sawo baik sekali untuk mengobati radang mulut.
  • Kulit buah sawo juga mengandung tannin yang dapat digunakan untuk menghentikan diare, serta untuk mengatasi masalah pada paru-paru.
  • Mengkonsumsi buah sawo juga dapat mengobati diare.
  • Getah dari pohon sawo dapat digunakan sebagai bahan untuk menambal gigi yang berlubang.