Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

manfaat buncis untuk kesehatan

manfaat buncis untuk kesehatan

Buncis memiliki nama ilmiah Phaseolus vulgaris L. Buncis merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimakan. Biji, buah dan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran. Buncis merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan protein.

Buncis diambil dari bahasa Belanda, yaitu boontjes. Buncis dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang sering ditambahkan dalam berbagai jenis masakan di Indonesia. Indonesia sendiri juga termasuk sebagai negara yang yang memproduksi buncis terbesar di dunia bersama dengan China, Argentina, Perancis, Italia, Spanyol, Amerika Serikat dan Belanda.

Buncis dipercaya berasal dari Peru. Buncis menyebar ke seluruh dunia berkat peranan para penjelajah dari Spanyol yang memperkenalkan buncis ke seluruh Eropa hingga akhirnya menyebar sampai ke seluruh dunia.

Buncis merupakan sayuran yang termasuk dalam keluarga Leguminosae. Buncis cocok dibudidayakan dan akan tumbuh dengan baik pada dataran tinggi maupun dataran medium. Tanaman buncis sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu jenis merambat dan jenis yang tegak.

Buncis merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan vitamin, sehingga sangat baik untuk kita konsumsi demi untuk menjaga kesehatan kita. Buncis mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B11, C, K, dan juga serat. Selain itu buncis juga kaya akan mineral penting, seperti magnesium, mangan, molybdenum, potassium, zat besi, fosfor, tembaga serta kalsium.

Buncis mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kita, seperti flavonoid dan karotenoid. Selain itu masih ada senyawa lainnya, seperti beta-karoten, lutein, violaxanthin serta neoxanthin dalam buncis.

Buncis juga memiliki banyak kandungan senyawa yang baik untuk ksehatan kita, seperti saponin, steroida, triterpenoid, trigonelin, asparagine, stigmasterin, arginine, kholin, fasin, tannin, serta asam amino.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi, vitamin serta mineral dalam buncis, maka ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buncis untuk kesehatan kita, meliputi:

  • Mengendalikan kadar gula darah

Buncis merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein. Bila diolah dengan benar maka protein yang terkandung di dalam buncis akan diserap oleh tubuh serta dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Maka dari, buncis merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap diabetes.

  • Menjaga system pencernaan

Kandungan serat dalam buncis sangat baik menjaga system pencernaan. Mengkonsumsi buncis akan mencegah terjadinya sembelit, serta mencegah terjadinya kanker kolon.

  • Menjaga kesehatan jantung
sayuran buncis

sayuran buncis

Serangan jantung mayoritas disebabkan oleh kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh. Untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh maka diperlukan system pencernaan yang baik. Menjaga kadar kolesterol tetap stabil akan baik sekali untuk mencegah terjadinya serangan jantung. Untuk menjaga organ jantung kita tetap sehat, usahakan untuk mengkonsumsi buncis paling tidak empat kali dalam seminggu.

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Dengan adanya berbagai vitamin, seperti vitamin B1, B6 serta vitamin C dalam buncis, nantinya akan ikut berperan dalam menjaga system imunitas tubuh. Dengan meningkatnya system imunitas tubuh, maka kita tidak akan mudah terserang penyakit.

  • Mencegah anemia

Buncis mengandung banyak vitamin B serta zat besi. Vitamin B serta zat besi sangat baik untuk mencegah anemia. Jadi, untuk mencegah terjadinya anemia anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buncis.

  • Meningkatkan metabolism tubuh

Berbagai mineral yang terkandung dalam buncis, seperti kalium, mangan, magnesium serta zat besi akan sangat baik sekali bagi tubuh kita. Sebab, berbagai mineral tersebut penting sekali artinya dalam metabolism tubuh, metabolism tubuh yang semakin meningkat akan membuat tubuh kita semakin sehat.

  • Kaya akan serat

Serat yang terkandung dalam buncis sangat baik untuk kesehatan. Selain dapat menjaga kesehatan organ pencernaan, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol, mencegah obesitas, serta mencegah hipertensi.

  • Baik untuk tulang dan otak

Kandungan vitamin K dalam buncis sangat penting artinya untuk membangun massa tulang dengan cara meningkatkan kerja osteotrofik yanga da di dalam tulang. Selain itu, vitamin K juga mampu mencegah terjadinya kerusakan pada saraf-saraf dan organ otak.

  • Mencegah diabetes

Berbagai senyawa alami dalam buncis akan ikut berperan dalam meningkat produksi hormone insulin dalam pancreas. Hormon insulin berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh kita. Semakin banyak hormone insulin yang diproduksi maka akan semakin rendah kadar gula darah dalam tubuh kita.

  • Tinggi asam folat

kacang buncisBuncis termasuk jenis makanan yang kaya akan asam folat. Asam folat sangat baik bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Asam folat mampu mencegah terjadinya cacat pada bayi dalam kandungan. Selain itu, mengkonsumsi buncis bagi ibu-ibu yang sedang menyusui juga mampu memperlancar produksi ASI.

  • Rendah kalori

Buncis merupakan jenis makanan yang rendah kalori. Dalam 100 gram buncis terdapat 31 kalori saja. Selain itu buncis juga tidak mengandung lemak jenuh, sehingga buncis dapat dikonsumsi oleh siapa saja baik tua maupun muda.

  • Baik untuk mencegah kanker

Kandungan vitamin A dalam buncis sangat baik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh serta mencegah terjadinya kanker. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh banyaknya radikal bebas dalam tubuh kita. Mengkonsumsi buncis mampu melindungi tubuh kita dari serangan radikal bebas.

Sayangnya, dibalik semua manfaat yang bisa kita dapatkan dari buncis untuk kesehatan kita, terdapat beberapa hal yang perlu kita perhatikan baik-baik.

Buncis juga merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi kadar asam oksalat. Kadar asam oksalat yang terlalu tinggi dalam tubuh kita akan dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Tingginya kadar oksalat mampu menyebabkan asam urat . Selain itu, karena tingginya kadar oksalat dalam buncis maka tidak baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang pengidap penyakit ginjal maupun penyakit kantung empedu. Karena kandungan oksalat yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya batu dalam ginjal maupun dalam kantung empedu.

Selain itu, sebaiknya cucilah buncis dalam air mengalir sebelum diolah. Usahakan untuk tidak memasak buncis dalam keadaan terlalu matang atau terlalu lama. Memasak buncis dalam waktu terlalu lama atau terlalu matang akan mengurangi berbagai nutrisi, vitamin serta mineral yang terkandung di dalam buncis.