Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Dari Aprikot Untuk Kesehatan

manfaat aprikot untuk kesehatan

manfaat aprikot untuk kesehatan

Apricot adalah salah satu buah yang umumnya banyak ditemukan di saat musim panas. Di Amerika buah ini di panen pada bulan Mei sampai Agustus.

Apricot pertama kali ditanam di China. Karena adanya perdagangan internasional, maka apricot banyak menyebar ke Eropa melalui Armenia. Maka dari itu, apricot memiliki nama ilmiah Prunus armeniaca. Apricot muncul di Amerika pada abad ke 18. Kondisi cuaca di Amerika tampaknya snagat cocok sekali untuk budidaya apricot.

Apricot masih bersaudara dengan peach, plum, cerry dan buah badam. Ada begitu banyak kandungan nutrisi dalam aprikot, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, E, K, asam folat, lutein, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, potasium, mangan dan juga zinc.

Buah apricot merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan alami. Antioksidan sangat baik sekali untuk kesehatan. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah apricot, meliputi:

  • Baik untuk kesehatan mata

Mengkonsumsi apricot sangat baik untuk kesehatan mata. Konsumsi apricot mampu mencegah terjadinya degenerasi macula. Degenerasi macula merupakan penyebab utama dari hilangnya daya penglihatan pada orang-orang lanjut usia.

Kandungan karotenoid dengan vitamin A serta betakaroten akan mencegah terjadinya degenerasi macula. Selain itu, dnegan adanya lutein akan mengurangi gejala mata kering.

  • Kaya antioksidan
buah apricot

buah apricot

Apricot segar yang sudah matang secara alami merupakan buah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan diperlukan oleh tubuh kita untuk menjanga fungsi alam tubuh. Semakin tinggi antioksidan dalam tubuh, maka racun yang ada dalam tubuh kita akan semakin berkurang. Antioksidan juga mampu menyingkirkan berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada kesehatan.

  • Mencegah kanker

Radikal bebas, sangat berbahaya serta mampu menyerang struktur DNA, sehingga menyebabkan pertumbuhan sel secara abnormal. Radikal bebas mampu menghambat proses pertumbuhan sel secara alami serta mampu merusak dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat. Antioksidan merupakan senjata untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas akan menyebabkan munculnya penyakit kanker. apricot kaya akan antioksidan alami, sehingga mengkonsumsi apricot secara rutin akan mencegah terjadinya kanker.

  • Kaya akan serat

Apricot segar maupun apricot kering merupakan jenis makanan yang kaya serat. Apricot mengandung serat yang mudha larut dalam tubuh, sehingga memudahkan penyerapan berbagai nutrisi penting. Serat larut ikut menjaga kesehatan usus, sehingga anda akan terhindar dari sembelit.

  • Baik untuk jantung

Karena apricot mengandung serat yang mudha larut, maka sangat baik sekali untuk jantung. Kandungan serat yang tinggi dalam tubuh akan mengurangi jumlah LDL sehingga akan menurunkan resiko terjadinya penyakit kardivaskular. Selain itu, apricot juag membantu meningkatkan kadar HDL, yang baik sekali untuk kesehatan tubuh.  Apricot juga mengandung kalium yang mampu memperkuat otot-otot jantung, sehingga jantung dapat bekerja secara normal dan tetap dalam kondisi sehat.

  • Kaya akan kandungan kalium

Berbagai buah keluarga prunus, termasuk parikot merupakan jenis makanan yang kaya akan kalium. Kalium baik sekali untuk tubuh kita. Kalium bergabung dengan garam untuk mengatur tingkat cairan dalam tubuh. Kalium juga diperlukan untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Kekurangan kalium menyebabkan terjadinya hipertensi. Hipertensi sangat erat sekali kaitannya dengan serangan jantung mendadak.

  • Elektrolit alami
aprikot kering

aprikot kering

Tubuh kita membutuhkan elektrolit untuk menggerakan semua fungsinya. Elektorlit diperlukan untuk mengangkut ion serta neuro transmitter dari otka keseluruh jaringan tubuh. Kurangnya elektrolit dalam tubuh akan menyebabkan terjadinya konstraksi otot yang parah. Apricot mengandung kalium. Kalium nantinya akan diubah dalam tubuh untuk mengoptimalkan kadar elektrolit dalam tubuh kita.

  • Menjaga kesehatan kulit

Karena apricot kaya akan kandungan vitamin A, C dan vitamin E, maka mengkonsumsi apricot juga akan menjaga kesehatan kulit anda. Antioksidan dalam apricot akan memperlambat terjadinya proses penuaan dengan cara  memperbanyak produksi sel kulit yang sehat. Kulit anda akan tampak semakin halus dan kencang. Vitamin A juga ikut berperan dalam mencegah terjadinya jerawat serta masalah kulit lainnya.

  • Memperkuat tulang

Apricot kaya akan kandungan kalsium serta kalium. Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan serta perkembangan tulang. Kekurangan kalsium akan menyebabkan gangguan pada tulang, yaitu osteoporosis. Kalsium akan mencegah terjadinya kerapuhan tulang. Selain itu, tulang butuh kalium untuk mempercepat proses penyerapan kalsium. Tanpa adanya kalium yang cukup, maka kalsium bukan didistribusikan ke tulang, melainkan akan didistribusikan ke darah dan dikeluarkan oleh tubuh.

  • Mencegah anemia

Apricot kering justru kaya akan kandungan zat besi non-heme. Zat besi jenis ini diserap oleh tubuh secara perlahan-lahan. Karena apricot juga kaya akan vitamin C, maka penyerapan zat besi non-heme menjadi lebih lancar.  Dengan apricot mengandung zat besi, maka mengkonsumsi apricot akan mencegah terjadinya anemia. Anemia terjadi karena rendahnya sel-sel darah merah.