Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Dari Buah Belimbing


manfaat buah belimbing untuk kesehatan

manfaat buah belimbing untuk kesehatan

Belimbing atau starfruit atau disebut juga dengan nama carambola memiliki nama ilmiah Averrhoa Carambola L. Belimbing diberi nama starfruit karena ketika dipotong memiliki penampang yang berbentuk seperti bintang. Belimbing merupakan tumbuhan daerah tropis.

Banyak ahli biologi yang mengatakan bahwa belimbing merupakan tumbuhan asli dari Indonesia serta Malaysia yang beriklim tropis. Belimbing termasuk jenis buah yang rendah kalori namun kaya akan berbagai nutrisi yang penting untuk menunjang kesehatan kita.

Semua bagian seperti akar, daun, bunga sampai buah belimbing sangat baik untuk kesehatan, sehingga sering dijadikan sebagai bahan dalam ilmu pengobatan tradisional. Namun sayangnya masih belum ada penelitian yang mengungkap manfaat dari daun, bunga serta akar belimbing untuk kesehatan.

Buah belimbing mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, C, E, karbohidrat, protein, lemak, serat, asam folat, niacin, riboflavin, pyridoxine, kalium, sodium, zat besi, magnesium, flavonoid, fosfor, serta seng.

Karena rendahnya kalori yang terkandung dalam buah belimbing, maka buah belimbing sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin mengurangi asupan kalori. Selain itu kandungan vitamin serta mineralnya juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari buah belimbing, meliputi:

  • Kaya serat

Mengkonsumsi buah belimbing segar beserta kulitnya akan mencukupi kebutuhan serat harian bagi tubuh kita. Serat diperlukan untuk mencegah menyerapan LDL atau kolesterol jahat dalam makanan yang ada di dalam usus. Serat juga ikut melindungi selaput lendir dalam usus besar dari adanya paparan racun dengan cara mengikat racun dan bahan kimia yang nantinya dapat menyebabkan kanker usus. Serat juga akan ikut membantu melancarkan kerja system pencernaan, dan mencegah terjadnya sembelit.

  • Tinggi vitamin C

Belimbing termasuk salah satu jenis buah yang tinggi kandungan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang ikut menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara meningkatkan system imunitas tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Mengandung flavonoid

Flavonoid merupakan senyawa yang juga bersifat sebagai antioksidan. Berbagai jenis flavonoid, seperti asam galat, quercetin serta apikatekin. Berbagai senyawa tersebut ikut melindungi tubuh kita dari serangan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Dengan begitu kita akan terhindar dari penyakit kanker.

  • Mengandung vitamin B
jus buah belimbing

jus buah belimbing

Vitamin B merupakan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh serta kesehatan sel-sel tubuh. Berbagai macam vitamin B, seperti riboflavin, asam folat, piridoksin banyak terkandung dalam buah belimbing. Berbagai jenis vitamin B dalam buah belimbing akan menjadi kofaktor berbagai enzim dalam tubuh, menjaga metabolism dan menjalankan fungsi sintesis dalam tubuh kita.

  • Mengandung kalium

Belimbing mengandung berbagai macam mineral yang baik, salah satunya adalah kalium. Kalium merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel serta kestabilan cairan tubuh yang penting artinya dalam hal mengendalikan detak jantung. Selain itu kalium juga ikut mencegah pengaruh buruk dari natrium dalam tubuh kita. Maka dari itu, belimbing cocok sekali untuk menurunkan kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Meningkatkan fungsi enzim

Kandungan riboflavin, piridoksin serta folat dalam buah belimbing ikut membantu dalam cofactor enzim yang nantinya akan meningkatkan kerja enzim serta meningkatkan system metabolism dalam tubuh.

  • Mencegah rambut rontok

Mengkonsumsi belimbing juga dapat mencegah terjadinya rambut rontok. Berbagai nutrisi yang terdapat di dalam buah belimbing, seperti antioksidan, vitamin B dan vitamin C akan ikut menutrisi setiap helai rambut dan membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

  • Melembabkan kulit

Mengkonsumsi belimbing dapat melembabkan kulit serta mengurangi minyak pada kulit. Kulit yang terlalu berminyak akan menyebabkan tumbuhnya jerawat. Buah belimbing mengandung zinc yang nantinya ikut berperan dalam melembabkan kulit serta mengurangi minyak berlebihan pada kulit.

buah belimbing

buah belimbing

Sayangnya, belimbing juga termasuk jenis buah yang kaya akan asam oksalat. Asam oksalat merupakan senyawa anti nutrisi yang mampu mengganggu penyerapan nutrisi lain. Selain itu asam oksalat juga dapat menyebabkan terjadinya pembentukan batu ginjal dan juga dapat memicu penyakit asam urat.

Orang-orang yang mengalami gangguan fungsi ginjal sebaiknya kurangi atau jangan mengkonsumsi buah belimbing karena dapat merusak atau memperparah gangguan pada fungsi ginjal yang dialaminya.

Belimbing juga dapat memberikan reaksi negative apabila dikonsumsi setelah mengkonsumsi obat tertentu yang nantinya justru menyebabkan terjadinya berbagai bahaya bagi kesehatan tubuh. Belimbing juga termasuk buah yang kadar gula sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap diabetes.