Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

manfaat daun salam untuk kesehatan

manfaat daun salam untuk kesehatan

Salam, sebenarnya adalah nama pohon penghasil daun yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan Nusantara. Daun salam, memiliki nama ilmiah Syzygium polyanthum.

Umumnya daun salam digiling atau dijadikan bahan penambah rasa dalam berbagai masakan maupun minuman. Biasanya daun salam digunakan untuk menambah aroma dalam masakan dan bukan untuk dikonsumsi.

Selain untuk menambah aroma dalam suatu masakan, daun salam sering digunakan untuk terapi kesehatan. Ekstrak daun salam sering digunakan dalam aromaterapi, perawatan kulit berbasis herbal serta untuk memperbaiki kondisi pernapasan.

Daun salam mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting sekali untuk kesehatan tubuh kita. Daun salam mengandung vitamin A, C, niacin, asam folat, pyridoxine, riboflavin, sodium, potasium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, fosfor, selenium, mangan serta seng.

Secara tradisional, daun salam sering digunakan untuk mengobati sakit perut. Daun salam juga mampu menghentikan diare. Selain itu daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, kolesterol tinggi, radang lambung, serta gatal-gatal.

Berbagai manfaat daun salam untuk kesehatan kita, meliputi:

  • Antiinflamasi alami

Daun salam mampu digunakan sebagai obat antiinflamasi yang alami. Daun salam mengandung banyak senyawa unik yang disebut parthenolide, yang mampu mengurangi terjadinya inflamasi. Mengoleskan pasta daun salam pada persendian atau bagian tubuh lainnya yang terkena arthritis mampu memperbaiki kondisi dan mengurangi gejala rasa sakit dari arthritis.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Senyawa organic dalam daun salam sangat efektif dalam menyelesaikan masalah pada bagian pencernaan. Selain itu juga mampu menenangkan usus. Enzim yang hanya ditemukan dalam daun salam juga mampu memperlancar pencernaan dalam metabolism protein yang terkadang sulit untuk dicerna.

  • Mencegah kanker
teh daun salam

teh daun salam

Berbagai senyawa organic serta antoksidan alami dalam daun salam, seperti linalool, catechin serta parthenolide, mampu melindungi tubuh anda dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel tubuh yang sehat untuk bermutasi menjadi sel-sel kanker.

  • Detosifikasi racun

Daun salam juga bisa digunakan untuk detoksifikasi racun secara alami. Berbagai racun yang menumpuk dalam saluran pencernaan akan dikeluarkan bersama dengan tinja. Sedangkan racun yang menumpuk dalam ginjal akan dikeluarkan bersama dengan air seni. Selain itu daun salam juga memiliki sifat diuretic alami yang baik untuk membersihkan ginjal.

  • Melancarkan pernapasan

Masukkan beberapa daun salam dalam air lalu rebuslah. Cara seperti mampu melancarkan pernapasan bagi orang yang sedang mengalami sakit flu maupun demam. Hal ini juga mampu melonggarkan pernapasan dan mengeluarkan lendir berlebihan dalam saluran pernapasan.

  • Membersihkan gigi secara alami

Jemur beberapa lembar daun salam sampai kering. Kemudian ditumbuk sampai halus dan dicmapur dengan sedikit air. aduk adonan tersebut sampai perata dan berbentuk seperti pasta. Gunakan pasta daun salam untuk menggosok gigi. Cara seperti ini mampu membuat gigi anda menjadi lebih bersih secara alami.

  • Menjaga kesehatan rambut

Gosokkan 2 sampai 3 helai daun salam pada kulit kepala anda setelah anda keramas. Cara seperti ini mampu membersihkan kulit kepala serta membersihkan ketombe. Selain itu rambut anda juga akan terlihat semakin subur.

  • Obat antinyamuk alami
daun salam

daun salam

Daun salam mengandung senyawa asam laurat. Ambil beberapa lembar daun salam kemudian hancurkan dan beri sedikit minyak. Aduk donan tersebut secara merata sampai menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada kulit anda. Nyamuk tidak akan berani mendekat karena aroma dari pasta daun salam yang sangat menyengat bagi nyamuk.

  • Menjaga kesehatan jantung

Daun salam mengandung senyawa asam caffeic serta rutin yang mampu menjaga serta meningkatkan kesehatan organ jantung. Rutin mampu memeprkuat dinding pembuluh darah pada organ jantung, sedangkan asam caffeic akan membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL dalam system kardiovaskular.

  • Mengurangi stress

Kandungan linalool dalam daun salam mampu menurunkan kadar hormone stress dalam tubuh. Menghirup aroma daun salam akan membuat anda menjadi lebih tenang dan lebih focus.

  • Mencegah diabetes

Daun salam mempu meningkatkan reseptor hormone insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah. Bagi orang-orang yang sudah mengidap diabetes, maka daun salam akan mengontrol kadar gula dalam darah anda.