Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Kacang Hijau

mung bean atau kacang hijau

mung bean atau kacang hijau

Kacang hijau memiliki nama ilmiah Vigna radiata. Kacang hijau termasuk tumbuhan suku polong-polongan atau Fabaceae yang memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kacang hijau merupakan jenis makanan yang tinggi kandungan protein nabati. Bahkan di Indonesia sendiri, kacang hijau menempati urutan ke tiga sebagai tanaman pangan yang banyak dikonsumsi setelah kacang kedelai dan kacang tanah.

Biji kacang hijau sering direbus sampai lunak lalu dimakan sebagai bubur atau langsung dimakan begitu saja. Biji kacang hijau yang sudah matang biasanya digerus dan sering dijadikan bahan isian untuk kue tradisional, roti, bakpau dan lain sebagainya.

Tidak hanya bijinya saja, kecambah kacang hijau juga sering dijadikan sayuran yang sering dikonsumsi oleh orang-orang di kawasan Asia Timur sampai Asia Tenggara dan dikenal dengan nama tauge.

Biji kacang hijau juga sering dijadikan tepung dan dipasaran tepung dari kacang hijau disebut tepung hunkue.  Tepung dari kacang hijau ini juga sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue tradisional yang biasanya berbentuk seperti gel. Tepung hunkue juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal dengan nama soun.

Kacang hijau memiliki banyak manfaat yang baik sekali untuk kesehatan tubuh kita. Kacang hijau memiiki kandungan protein nabati yang relative tinggi serta merupakan sumber mineral yang penting seperti kalsium serta fosfor. Lemak yang ada pada kacang hijau merupakan asam lemak tak jenuh.

Kandungan kalsium serta fosfor dalam kacang hijau sangat penting untuk memperkuat tulang. Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang rendah lemak sehingga baik sekali bagi orang-orang yang ingin menghindari konsumsi makanan yang tinggi lemak.

Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menjadikan makanan maupun minuman yang terbuat dari kacang hijau menjadi tidak mudah berbau.

Lemak yang terkandung dalam kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh serta 27% asam lemak jenuh. Umumnya, kacang-kacangan memang jenis makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh. Asupan lemak tak jenuh sangan penting artinya bagi kesehatan jantung.

kecambah kacang hijau atau tauge

kecambah kacang hijau atau tauge

Kacang hijau juga mengandung vitamin B1 yang bagus sekali untuk pertumbuhan serta vitalitas pria. Maka dari itu, kacang hijau serta berbagai produk turunannya akan sangat baik sekali untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang baru menikah.

Kandungan multi protein dalam kacang hijau sangat penting sekali untuk mengganti sel-sel mati serta membantu proses pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Maka dari itu, wanita yang baru melahirkan serta anak-anak sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau.

Masih banyak manfaat lainnya yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi kacang hijau, meliputi:

  • Mengurangi kolesterol

Bila anda mengidap kolesterol tinggi, maka anda bisa menguranginya dengan cara mengkonsumsi kacang hijau secara rutin. Kacang hijau merupakan jenis makanan yang rendah kolesterol dan banyak mengandung serat yang mudah larut. Serat yang mudah larut mampu menurunkan tekanan darah.

  • Memperlambat pertumbuhan kanker

Kacang hijau maupun jenis kacang-kacangan yang lainnya mengandung zat yang mampu memerangi infeksi virus. Zat ini juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker tertentu, seperti kanker payudara.

  • Mengatur fungsi hormone

Kacang hijau mengandung isoflavon, yang nantinya akan ikut berperan dalam mengatur aktivitas hormonal dalam tubuh. Isoflavon merupakan senyawa yang termasuk dalam kelompok phytoestrogen, sehingga membuat kacang hijau memiliki sifat esterogenik alami. Jadi, mengkonsumsi kacang hijau akan sangat baik untuk wanita yang sudah menopause.

  • Baik untuk pengidap diabetes
bubur kacang hijau

bubur kacang hijau

Kacang hijau merupakan jenis makanan yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga baik untuk dikonsumsi oleh para pengidap diabetes.

Makanan yang indeks glikemiknya rendah akan membuat kadar gula darah menjadi stabil. Orang yang sering mengkonsumsi makanan yang indeks glikemiknya rendah cenderung memiliki tingkat lemak tubuh yang rendah.

  • Sumber asam folat

Kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan yang kaya asam folat.

Asam folat sangat penting bagi kesehatan, khususnya bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Asam folat yang terkandung dalam kacang hijau akan membantu memaksimalkan perkembangan system syaraf dan mencegah terjadinya cacat pada bayi.

  • Sumber thiamin dan riboflavin

Kekurangan thiamin atau vitamin B1 dapat membuat proses metabolism menjadi lambat sehingga proses penyerapan nutrisi menjadi kurang maksimal. Kacang hijau mengandung thiamin serta enzim aktif lainnya yang akan meningkatkan proses penyerapan nutrisi serta metabolism tubuh.

Thiamin serta riboflavin atau vitamin B1 dan vitamin B2 merupakan vitamin yang penting untuk memaksimalkan proses penyerapan protein, menjaga fungsi saraf, mengoptimalkan pertumbuhan, mencegah lelah serta proses pembentukan DNA pada bayi.

  • Lemak baik

Kandungan lemak baik yang terdapat pada kacang hijau akan bermanfaat sebagai cadangan makanan dalam tubuh, menjaga suhu tubub tetap stabil serta melindungi organ-organ tubuh yang penting.

  • Tinggi protein
manfaat kacang hijau untuk kesehatan

manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Kacang hijau dapat dijadikan sebagai sumber protein bagi orang-orang vegetarian. Protein dalam kacang hijau merupakan asam amino lengkap yang dapat diserap oleh tubuh dengan cepat. Protein sangat penting artinya dalam pembentukan sel-sel otot, mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan daya tahan tubuh serta mambuat anda merasa kenyang lebih lama.

  • Kaya akan serat

Kacang hijau juga merupakan jenis makanan yang kaya akan serat. Serat sangat bagi sekali untuk menjaga fungsi organ pencernaan, mencegah terjadinya sembelit dan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular umumnya disebabkan karena tingginya kolesterol. Kandungan serat pada kacang hijau mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh, khususnya kolesterol jahat atau LDL. Turunnya kolesterol jahat atau LDL nantinya akan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung maupun stroke.

  • Mencegah anemia

Kacang hijau juga mengandung zat besi sehingga bisa dikonsumsi untuk mencegah penyakit anemia. Selain itu mengkonsumsi kacang hijau juga bisa membantu keseimbangan hormonal dan system kelenjar serta menjaga metabolism tubuh tetap stabil.