Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Selai Kacang Untuk Kesehatan

manfaat selai kacang untuk kesehatan

manfaat selai kacang untuk kesehatan

Selai kacang merupakan pasta yang terbuat dari kacang. Umumnya selai kacang menggunakan bahan dasar kacang tanah, yang memiliki nama ilmiah Arachis hypogaea.

Kacang tanah diduga merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Amerika. Karena adanya orang-orang dari Spayol, maka kacang tanah mulai menyebar sampai kemana-mana. Kacang tanah relative lebih murah dan mudah didapat dari pada kacang mete, kacang pistachio, kenari maupun almond.

Orang-orang yang mengkonsumsi kacang maupun selai kacang secara teratur umumnya memiliki tubuh yang lebih sehat.

Selai kacang kaya akan protein,  lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal dan juga serat yang baik untuk kesehatan. Selai kacang juga mengandung vitamin A, B-kompleks, C dan vitamin E. Mineral yang terkandung dalam selai kacang, meliputi magnesium, kalsium, zat besi, seng, kalium dan masih banyak lagi.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi dari selai kacang, maka mengkonsumsi selai kacang akan baik sekali untuk menunjang kesehatan, seperti:

  • Kaya akan protein

Selai kacang mengandung banyak sekali protein. Protein ini nantinya akan dipecah menjadi asam amino yang digunakan oleh semua sel dalam tubuh kita untuk memperbaiki dan membangun tubuh kita. Protein juga menjadi bagian terpenting dalam perkembangan sel-sel tubuh.

  • Rendah kolesterol

selai kacang thumbSelai kacang mengandung lemak tak ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenis seperti ini lebih baik untuk dikonsumsi karena tidak akan menyebabkan resiko pada kesehatan. Lemak tak jenuh yang terkandung dalam selai kacang nantinya akan ikut menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL serta mampu meningkatkan produksi kolesterol baik atau HDL.

  • Mencegah terjadinya diabetes tipe 2

Mengkonsumsi selai kacang juga mampu mencegah terjadinya diabetes tipe 2. Kacang tanah mengandung protein dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh mampu meningkatkan efektivitas dan sensitivitas dari insulin dalam tubuh. Ada penelitian yang menemukan bahwa mengkonsumsi selai kacang maupun mengkonsumsi jenis kacang-kacangan yang lainnya juga mampu mencegah dan menurunkan resiko terserang diabetes tipe 2.

  • Kaya akan vitamin

Selai kacang kaya akan vitamin penting. Vitamin A dalam selai kacang mampu menjaga kesehatan mata. Vitamin C mampu meningkatkan system kekebalan tubuh serta menyembuhkan berbagai gangguan pada kesehatan dengan lebih cepat. Selai kacang juga mengandung vitamin E yang dibutuhkan untuk melarutkan struktur asam lemak kompleks serta mencegah penyumbatan lemak pada arteri.

  • Mengandung antioksidan

Selai kacang juga mengandung banyak vitamin B yang bersifat antioksidan, seperti niacin, pyridoxine, riboflavin, asam pantotenat, thiamin dan juga asam folat. Selai kacang juga mengandung senyawa resveratrol yang juga bersifat antioksidan. Resveratrol adlah antioksidan polifenol yang sangat efektif dalam mengendalikan berbagai jenis kanker, penyakit jantung, Alzheimer, infeksi jamur dan virus, serta penyakit degenerative pada saraf.

  • Mencegah kanker

Selai kacang juga mengandung B-sitosterol, salah satu jenis fitosterol yang juga memiliki kemampuan dalam mencegah dan melawan berbagai jenis kanker, seperti kanker kolon, kanker prostat, serta kanker payudara. Selai kacang serta minyak kacang merupakan sumber dari fitosterol.

  • Kaya akan magnesium
selai kacang

selai kacang

Magnesium merupakan salah satu mineral yang penting sekali bagi tubuh kita. Magnesium sangat dibutuhkan dalam berbagai macam reaksi biokimia yang penting sekali bagi kehidupan. Magnesium juga ikut berperan dalam menjaga system kekebalan tubuh, menjaga kesehatan otot serta menjaga kesehatan tulang. Selain itu magnesium juga ikut membantu dalam mengatur kadar gula dalam darah serta menjaga kestabilan tekanan darah.

  • Kaya akan kalium

Selai kacang juga kaya akan kandungan mineral kalium. Kalium bertindak sebagai elektrolit yang nantinya akan menjaga kestabilan cairan dalam tubuh. Natrium mampu memberikan tekanan yang signifikan pada system kardiovaskular sehingga menyebabkan munculnya hipertensi. Sementara kalium tidak akan memberikan tekanan apapun pada system kardiovaskular, sehingga peredaran darah dalam tubuh kita akan lebih lancar. Nantinya kalium juga akan ikut menjaga kesehatan organ jantung kita.

  • Mencegah batu empedu

Batu empedu merupakan gangguan kesehatan yang kebanyakan disebabkan oleh berat badan berlebihan, diet ketat serta obat-obatan jenis tertentu. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi selai kacang secara teratur mampu mencegah serta mengurangi resiko terserang batu empedu. Kebanyakan batu empedu disebabkan karena terlalu tingginya kadar kolesterol dalam cairan empedu yang akhirnya menjadi batu dalam empedu.

  • Kaya akan serat

Kacang maupun selai kacang sama-sama kaya akan serat. Serat merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. kurang serat dapat menyebabkan banyak masalah pada kesehatan, seperti sembelit, kolesterol, diabetes serta berbagai macam penyakit jantung.

Meskipun selai kacang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Jika anda mengidap alergi terhadap kacang, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengkonsumsi selai kacang.

Gejala dari alergi kacang, meiputi diare, muntah, sakit perut, kejang-kejang, asma dan juga gatal-gatal pada kulit. Bila tidak segera ditangani nantinya akan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.