Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Terung Untuk Kesehatan

tanaman terung

tanaman terung

Terung memiliki nama ilmiah Solanum melongena. Terong sebenarnya berasal dari India, namun sekarang banyak ditanam dan dibudidayakan dimana-mana.

Terung memiliki beberapa varietas yang menyebar di seluruh dunia. Terung banyak digunakan dalam berbagai macam masakan. Di tempat asalnya, yaitu di India, terung dianggap sebagai rajanya sayuran. Karena terung dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dalam kuliner India.

Di India, terung sering dimasukkan dalam sup, semur, saus maupun ditumis. Terung memberikan aroma serta kelezatan yang berbeda dalam masakan. Selain itu juga sangat menyehatkan.

Terung kaya akan vitamin, mineral serta berbagai macam nutrisi penting lainnya yang dapat menunjang kesehatan tubuh kita. Terung kaya akan vitamin B1, B3, B6, B9, C serta vitamin K. Sedangkan kandungan mineral dalam terung, meliputi magnesium, fosfor, tembaga, kalium dan juga mangan. Selain itu, terung kaya akan serat, tanpa lemak jenuh serta bebas dari kolesterol.

Dengan begitu banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung dalam terung, maka akan ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari terung untuk kesehatan kita, seperti:

  • Menjaga system pencernaan

Terung kaya akan kandungan serat pangan yang baik dan sangat diperlukan untuk diet yang seimbang. Serat penting artinya dalam menjaga kesehatan system pencernaan serta untuk mengatur gerakan peristaltic usus. Serat akan memperbaiki kinerja usus dan membuat system pencernaan kita dapat bekerja dengan lancar, mengatur otot-otot halus dalam usus untuk menggerakkan makanan dengan lebih baik. Serat juga ikut merangsang kerja cairan asam lambung yang nantinya ikut berperan dalam proses pengolahan makanan serta penyerapan nutrisi.

  • Menjaga berat badan
manfaat terung untuk kesehatan

manfaat terung untuk kesehatan

Terong bebas lemak jenuh serta kolesterol. Terung juga kaya akan serat yang akan membuat kita merasa lebih cepat kenyang, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja, khususnya yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan seratnya juga mampu menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormone yang mengatur rasa lapar. Jadi, mengkonsumsi terung akan membuat kita tidak makan secara berlebihan, sehingga berat badan pun akan menjadi normal.

  • Mencegah kanker

Terung juga kaya akan antioksidan alami, yang nantinya akan membuat kita lebih sehat. Terung mengandung vitamin C yang merupakan bagian penting dalam menjaga system kekebalan tubuh, karena mampu merangsnag produksi serta aktivitas sel darah putih. Terung juga mengandung mangan yang bersifat antioksidan. Kandungan senyawa nasunin dan asam chlorogenic juga bersifat antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas dalam tubuh, antivirus serta antibakteri.  Kandungan antioksidan yang tinggi dalam tubuh akan memastikan organ tubuh kita tetap terlindungi dari infeksi serta penyakit berbahaya, seperti kanker maupun penyakit jantung.

  • Mencegah Alzheimer

Senyawa nasunin dalam terung mampu menghambat radikal bebas yang ada di dalam tubuh maupun dalam otak. Radikal bebas mampu menyebabkan terjadinya degenerasi saraf serta menyebabkan munculnya penyakit Alzheimer maupun demensia. Maka dari itu, bila anda mengalami gangguan fungsi kognitif, cobalah untuk mengkonsumsi terung.

  • Menjaga kesehatan tulang

Terung mengandung senyawa fenolik yang memberikan warna ungu. Senyawa fenolik dalam terung ternyata sangat berkaitan dengan penyakit osteoporosis, karena mampu memperkuat tulang serta meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu terung juga mengandung kalsium serta zat besi yang juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan serta kekuatan tulang. Kandungan kalium dalam terung juga akan membantu penyerapan kalsium dalam tulang. Maka dari itu, untuk mendapatkan tulang yang sehat cobalah untuk mengkonsumsi terung.

  • Mencegah anemia

Kekurangan zat besi mampu menganggu kesehatan tubuh kita secara keseluruhan serta menyebabkan anemia. Anemia kebanyakan ditandai dengan gejala sakit kepala, migraine, tubuh terasa lemah, cepat lelah, depresi serta gangguan kognitif jangka panjang. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi mampu memerangi terjadinya anemia. Selain zat besi, sel darah merah juga membutuhkan asupan tembaga untuk kelancaran proses produksi sel darah merah. Terung mengandung zat besi serta tembaga yang nantinya akan mencegah terjadinya anemia. Mengkonsumsi terung juga akan memberikan energy serta mengurangi stress dan kelelahan.

  • Menjaga kesehatan jantung

masakan dari terungKandungan serat dalam terung juga mampu menjaga kesehatan jantung. Serat akan membantu mengurangi kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. Jadi, kadar kolesterol dalam tubuh kita akan tetap terjaga dengan baik bila kita mengkonsumsi terung. Mengurangi kadar LDL dalam tubuh mampu mencegah terjadinya atherosclerosis, serangan jantung, serta stroke. Selain itu, terung juga mengandung bioflavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi stress pada system kardiovaskular, serta meningkatkan kesehatan dan daya tahan organ jantung.

  • Mengatur kadar gula

Kandungan serat yang tinggi dalam terung mampu menjaga kadar gula dalam darah kita. Makanan seperti ini akan sangat baik sekali untuk orang-orang yang mengidap diabetes, maupun mencegah terjadinya penyakit diabetes. Serat juga ikut mengatur aktivitas glukosa serta insulin dalam tubuh.  Kadar insulin yang stabil dalam tubuh akan menghambat terjadinya lonjakan atau turunnya kadar gula dalam darah.

  • Baik untuk ibu hamil

Terung baik sekali untuk ibu hamil, karena adanya kandungan asam folat di dalamnya. Asam folat nantinya akan melindungi bayi dari cacat tabung saraf. mengkonsumsi terung di masa kehamilan, akan melindungi bayi dari terjadinya cacat sejak lahir.

Meskipun terung sangat baik sekali bagi kesehatan, sebaiknya tetap waspada dalam mengkonsumsi terung. Terung disinyalir mampu menyebabkan reaksi alergi. Sebaiknya jangan konsumsi terung secara berlebihan serta konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli.

Selain itu, masih banyak kesalahan dalam mengolah terung. Sebaiknya terung jangan diolah dengan cara digoreng. Menggoreng terung akan membuat terung mengandung lemak, yang tentunya menjadi sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Sebaiknya terung diolah dengan cara dibakar sebentar atau dipanggang.