Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Udang Untuk Kesehatan

manfaat udang untuk kesehatan

manfaat udang untuk kesehatan

Udang merupakan salah satu jenis makanan yang banyak dikonsumsi dan dibudidayakan di seluruh dunia. Udang banyak ditemukan di tambak udang maupu di alam liar. Udang ada yang berukuran kecil sekitar 1 sampai 3 cm, namun ada juga yang ukuran tubuhnya mencapai 25 cm.

Tanpa kita sadari, sebenarnya udang mampu memberikan manfaat untuk kesehatan. Udang merupakan makanan yang popular, karena sama sekali tidak mengandung karbohidrat dan rendah kalori. Udang kaya akan protein dan termasuk rendah lemak.

Selain itu, ada banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam udang. Udang mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, D serta vitamin E. Kandungan mineral dalam udang, meliputi zat besi, kalsium, natrium, fosfor, seng, selenium, kalium serta magnesium. Selain itu, udang juga bisa dijadikan sumber yodium, karena udang kebanyakan mengandung yodium.

Dengan begitu banyaknya vitamin dan mineral dalam udang, maka mengkonsumsi udang dapat menjaga kesehatan kita. Berbagai manfaat dari udang untuk kesehatan kita, meliputi:

  • Menjaga berat badan

Udang kaya akan protein dan juga mengandung vitamin D. Selain itu, udang tidak mengandung karbohidrat, sehingga baik sekali untuk dikonsumsi orang yang sedang menjaga berat badannya tetap normal. Udang juga mengandung seng yang baik untuk meningkatkan produksi leptin.leptin merupakan hormone yang bertugas untuk menyimpan lemak, menjaga nafsu makan serta mengatur energy dalam tubuh. Meningkatkan hormone leptin akan membuat nafsu makan seseorang tetap terjaga, sehingga berat badan akan tetap dalam kisaran normal.

  • Mempercepat aktivitas tiroid

Udang kaya akan yodium yang dapat mempercepat kerja kelenjar tiroid. Yodium juga ikut berperan dalam mengendalikan pengeluaran energy, serta ikut mencegah peningkatan berat badan seseorang.

  • Mencegah penuaan dini

Sinar matahari merupakan penyebab utama dari penuaan dini pada kulit. Sinar ultraviolet akan menyebabkan munculnya keriput, bintik-bintik serta kulit terbakar. Karena udang mengandung vitamin D maka mengkonsumsi udang mampu mencegah munculnya penuaan dini. Selain itu udang juga mengandung vitamin E yang ikut menjaga kesehatan kulit. Udang juga mengandung antioksidan jenis karotenoid, yaitu astanxanthin yang nantinya mampu mencegah tanda-tanda penuaan kulit.

  • Mencegah degenerasi macula

Dalam sebuah penelitian, udang mengandung senyawa heparin yang mampu mencegah degenerasi macula. Degenerasi macula bisa disebabkan karena factor usia. Kandungan astaxanthin juga mampu mencegah terjadinya mata lelah, khususnya bagi anda yang menghabiskan banyak waktu bekerja di depan computer.

  • Mencegah rambut rontok
udang kupas

udang kupas

Kandungan seng dalam udang akan ikut mencegah rambut rontok. Seng ikut berperan dalam menjaga serta dalam proses pembuatan sel-sel baru, termasuk sel kulit maupun rambut. Bila anda mengalami rambut rontok dalam jumlah yang berlebihan, anda bisa mencoba mengkonsumsi udang.

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Fermentasi udang atau yang popular dengan nama terasi, ternyata mengandung enzim fibrinolitik yang dapat digunakan untuk terapi trombolitik. Terapi trombolitik adalah memecahkan gumpalan darah yang sangat berbahaya dalam pembuluh darah. mengkonsumsi terasi udang mampu mencegah berbagai penyakit kardiovaskular. Selain itu, udang juga mengandung omega 3 yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat yang nantinya bisa merusak aliran darah. Hal seperti ini nantinya akan mencegah terjadinya serangan jantung maupun stroke.

  • Ikut menjaga kesehatan tulang

Protein serta berbagai mineral, seperti fosfor dan magnesium yang terkandung dalam udang, mampu mencegah terjadinya degenerasi tulang. Jika seseorang kekurangan asupan protein, maka kualitas, kekuatan serta massa keseluruhan tulang dalam tubuhnya akan berkurang. Hal seperti ini nantinya akan memicu terjadinya osteoporosis. Mengkonsumsi udang mampu ikut menjaga tulang anda tetap sehat.

  • Menjaga kesehatan otak

Udang mengandung zat besi yang merupakan mineral penting dalam proses pengikatan oksigen dalam hemoglobin. Semakin banyak oksigen yang terikat dalam hemoglobin, akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Banyaknya kadar oksigen yang masuk ke otot kan meningkatkan kekuatan pada otot. Sedangkan banyaknya kadar oksigen dalam otak, akan meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. Kandungan astaxanthin dalam udang juga ikut membantu kerja memori, menjaga kesehatan sel-sel otak serta mencegah terjadinya radang otak. Kandungan yodium dalam udang juga mampu memperbaiki hormone tiroid, yang nantinya akan ikut menjaga perkembangan otak pada janin dan bayi.

  • Mencegah kanker

Kandungan astaxanthin dalam udang juga mampu mencegah terjadinya berbagai jenis kanker. selain itu, udnag juga mengandung selenium yang nantinya ikut mencegah munculnya sel-sel kanker, seperti kanker prostat maupun kanker paru-paru.

  • Mengurangi nyeri saat menstruasi

Udang mengandung asam lemak omega 3 yang nantinya ikut mengurangi munculnya nyeri saat menstruasi pada wanita. Selain itu, omega 3 nantinya ikut meningkatkan aliran darah sehat pada organ reproduksi dengan cara mengurangi kolesterol dalam aliran darah.

Selain banyak mengandung manfaat, sebaiknya jangan konsumsi udang secara berlebihan. Ada beberapa resiko kesehatan bila anda mengkonsumsi udang., seperti:

  • Mercuri
terasi udang

terasi udang

Seperti makanan laut lainnya, udang disinyalir mengandung merkuri yang snagat berbahaya bagi kesehatan. Keracunan merkuri mampu menyebabkan terjadinya masalah pada penglihatan serta mengganggu pertumbuhan janin. Maka dari itu, sebaiknya jangan konsumsi odang secara berlebihan.

  • Purin

Sebaiknya konsumsi udang dengan bijak. Udang disinyalir mengandung purin. Purin merupalan mineral alami yang juga dibutuhkan dalam tubuh kita, namun terlalu banyak purin akan menyebabkan penyakit gout. Ourin akan diurai menjadi asam urat dalam tubuh kita. Tingginya kadar asam urat akan menyebabkan gout. Udnag disinyalir kaya akan purin. Maka dari itu jangan konsumsi udang secara berlebihan.

  • Alergi makanan

Beberapa jenis makanan laut, seperti udang ikan maupun kepiting, mampu memicu reaksi alergi. Bila anda memang alergi mengkonsumsi makanan laut, sebaiknya jangan mengkonsumsi udang. Sebaiknya konsumsi udang jangan terlalu banyak.