Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Wortel

manfaat wortel untuk kesehatan

manfaat wortel untuk kesehatan

Wortel, merupakan salah satu sayuran yang tentunya tidak asing lagi bagi semua orang yang didunia. Semua orang pasti bisa langsung mengenali sayuran yang satu ini, karena wortel memiliki bentuk serta warnanya yang khas.

Ada begitu banyak cara untuk mengkonsumsi wortel. Biasanya, wortel dipotong kecil-kecil sebagai bahan tambahan dalam memasak sup maupun bahan isian kue. Mengkonsumsi wortel yang masih segar juga baik bagi kesehatan. Sayangnya, mengkonsumsi wortel mentah hanya memberikan sedikit nutrisi. Nutrisi dari wortel justru menjadi semakin bertambah bila dimasak, asalkan tidak dimasak terlalu lama.

Mengolah wortel menjadi jus wortel dan kemudian meminumnya, akan memberikan manfaat yang lebih besar. Karena dengan cara di jus hampir seluruh nutrisi yang penting dalam wortel akan masuk ke dalam tubuh anda.

Wortel kaya akan kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, serta vitamin C. Sedangkan kandungan mineral yang ada didalam wortel, meliputi zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, sodium serta kalium.

Kebanyakan orang-orang mengenal wortel sebagai sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan organ mata. Padahal, wortel juga memiliki banyak manfaat yang lain bagi kesehatan, selain untuk menjaga kesehatan mata.

Dengan begitu banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung di dalam wortel, maka wortel merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Bahkan wortel sering dikatakan sebagai rajanya sayuran.

Dengan begitu banyaknya vitamin dan mineral dalam wortel, maka akan ada begitu banyak manfaat dari mengkonsumsi wortel bagi kesehatan tubuh kita, meliputi:

  • Menjaga kesehatan mata

Wortel merupakan sumber dari betakaroten. Betakaroten nantinya akan diubah menjadi vitamin A di dalam organ hati. Maka dari itu, seseorang yang suka mengkonsumsi wortel cenderung jarang mengalami masalah pada organ matanya, karena kesehatan organ matanya selalu terjaga dengan baik.

  • Mencegah kanker
jus wortel

jus wortel

Wortel merupakan salah satu jenis makanan yang efektif untuk mencegah penyakit kanker. Berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker usus besar maupun kanker payudara bisa dicegah dengan mengkonsumsi wortel secara rutin.

Tanpa kita sadari, wortel mengandung senyawa falcarinol dan falcarindiol yang memiliki sifat antikanker. Kedua senyawa itulah yang nantinya akan memberantas sel-sel kanker dari dalam tubuh kita.

  • Menyehatkan organ jantung

Berbagai kandungan nutrisi dalam wortel, seperti betakaroten, alfa karoten, dan lutein membuat wortel memiliki kemampuan dalam menyehatkan organ jantung. Dengan mengkonsumsi wortel secara rutin, nantinya akan membuat anda terhindar dari berbagai gangguan maupun serangan jantung.

  • Menyehatkan serta memperkuat gigi dan tulang

Wortel bukan hanya menyehatkan mata, namun juga bisa menyehatkan serta memperkuat gigi dan tulang. Wortel juga mengandung mineral kalsium yang sangat baik untuk kesehatan serta memperkuat gigi dan tulang.

  • Menjaga kesehatan rongga mulut

Mengkonsumsi jus wortel juga dapat mengurangi kadar keasaman rongga mulut. Dengan berkurangnya kadar keasaman rongga mulut, maka kita akan terhindar dari masalah seperti bau mulut. Selain masalah bau mulut, jus wortel juga mampu menjaga kebersihan gigi serta mampu mengurangi plak gigi.

  • Mencegah stroke

Mengkonsumsi wortel secara rutin juga mampu mencegah penyakit stroke. Sepertinya hal ini berkaitan dengan adanya kandungan kalium dalam wortel yang mampu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

  • Menjaga kesehatan kulit
sayuran wortel

sayuran wortel

Dengan tingginya kandungan betakaroten dalam wortel, nantinya akan ikut membantu anda dalam hal memperlambat penuaan sel, termasuk sel-sel kulit. Jadi, dengan mengkonsumsi wortel secara rutin akan memperlambat penuaan sel sehingga anda akan tetap awet muda serta kulit kita akan tetap sehat.

  • Membersihkan racun dalam tubuh

Kandungan vitamin A dalam wortel mampu membersihkan racun yang menumpuk dalam organ usus besar serta empedu. Bahkan bukan hanya racun saja. Penumpukan lemak yang berlebihan dalam organ hati juga akan ikut dibersihkan.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Wortel juga mengandung serat pangan yang tinggi, sehingga sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan serta kelancaran system pencernaan kita. Serta juga baik untuk dikonsumsi saat diet, karena serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dan ternyata sejak jaman dulu, wortel dipercaya sebagai obat alami dari gangguan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.