Kandungan Nutrisi Manfaat Biji Labu Untuk Kesehatan

manfaat biji labu untuk kesehatan

manfaat biji labu untuk kesehatan

Biji labu merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari berbagai macam buah labu. Kebanyakan biji labu diolah dengan cara dipanggang. Biji labu merupakan camilan yang menyehatkan.

Labu secara tradisional sangat berhubungan dengan Amerika Tengah, Meksiko, Eropa sampai Rusia. Maka dari itu, biji labu menjadi camilan yang sangat popular dimana-mana, sama seperti biji bunga matahari.

Biji labu mengandung banyak sekali nutrisi yang baik sekali untuk kesehatan. Biji labu mengandung vitamin A dan vitamin B kompleks.  Selain itu, biji labu juga kaya akan akan mineral penting, seperti mangan, magnesium, fosfor, tembaga, tryptophan, seng, serta besi. Biji labu juga mengandung protein serta pitosterol yang merupakan senyawa organic yang mampu menjaga kesehatan tubuh kita.

Dengan begitu kandungan nutrisi dalam biji labu, maka mengkonsumsi biji labu akan ikut menjaga kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Mengandung antioksidan alami

Kanker, merupakan salah satu penyakit yang sangat serius dan sangat menakutkan. Banyak manusia yang mencari cara untuk mencegah penyakit kanker. Ekstrak biji labu mengandung berbagai senyawa yang bersifat anti-kanker. Biji labu mengandung senyawa fenolik yang mampu mencegah munculnya radikal bebas dalam tubuh, yang mampu menyebabkan kanker. Biji labu juga mampu mencegah pembengkakan prostat, karena memiliki sifat diuretic yang alami. Prostat yang sehat akan terhindari dari kanker.

  • Mencegah parasite

Biji labu juga dipercaya memiliki sifat anti-parasit. Biji labu telah digunakan sejak jaman dahulu untuk pengobatan cacing maupun parasite berbahaya dalam tubuh. Biji labu merupakan camilan yang bagus untuk mencegah cacingan pada anak-anak serta  akan memberikan sejumlah protein nabati yang baik untuk pertumbuhan mereka.

  • Mencegah peradangan
manfaat biji labu

manfaat biji labu

Biji labu memiliki sifat anti-radang yang baik sekali untuk orang-orang yang mengidap arthritis maupun peradangan lainnya. Peradangan bisa terjadi karena kekurangan vitamin, mineral maupun protein. Arthritis mampu melemahkan tubuh. Sehingga, dengan menambahkan asupan protein akan mencegah terjadinya peradangan karena arthritis. Protein yang terkandung dalam biji labu akan menjaga kesehatan jaringan serta memperbaiki kerusakan pada jaringan tubuh.

  • Mencegah batu ginjal

Biji labu juga memiliki sifat diuretic. Berbagai racun dalam tubuh akan berkurang, karena dikeluarkan melalui urin. Selain itu, biji labu juga mengandung antioksidan yang merangsang kerja organ hati maupun ginjal. Berbagai racun serta asam urat akan dikeluarkan dari dalam ginjal, sehingga tidak sampai menumpuk dan menjadi batu ginjal. Karena itu, biji labu bisa dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk detoksifikasi tubuh.

  • Meningkatkan metabolism

Protein merupakan asupan yang snagat penting untuk meningkatkan metabolism. Protein dalam tubuh kita nantinya akan dipecah menjadi berbagai macam asam amino yang diperlukan untuk proses enzimatik serta meningkatkan proses metabolsime tubuh. Tanpa protein, maka tubuh kita menjadi cepat lelah, lemah, dan lesu, sehingga kerja tubuh kita menjadi cenderung lamban.

  • Mencegah depresi serta insomnia

Bila anda merasa stress berkepanjangan, anda bisa mengkonsumsi 1 sampai 2 genggam biji labu. Cara seperti ini mampu mengurangi stress, depresi serta mampu mencegah insomnia. Biji labu kaya akan magnesium serta tryptophan. Keduanya sangat berkaitan dengan memperbaiki mood serta memberikan perasaan lebih tenang. Cobalah untuk mengkonsumsi biji labu sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

  • Menjaga kesehatan tulang

biji labu thumbBiji labu juga dapat dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis. Biji labu mengandung seng, kalsium, serta tembaga yang sangan diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang. Kandungan magnesiumnya akan mempercepat proses penyerapan kalsium dalam tulang. Berbagai penelitiang telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi biji labu secara rutin mampu mengurangi kelemahan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Mengurangi kolesterol

Senyawa pitosterol yang terkandung dalam biji labu mampu mengurnagi kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh, mencegah pemebkuan darah serta mencegah aterosklerosis. Dengan begitu, anada akan terhindar dari bahaya serangan jantung maupun stroke.

  • Meningkatkan sel darah merah

Mengkonsumsi biji labu, mampu meningkatkan sel darah merah. Biji labu mengandung tembaga yang memiliki yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Meningkatnya sel darah merah dalam tubuh, akan meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. Selain itu, meningkatnya sel darah merah akan menjaga natrium dalam tubuh selalu rendah. Hal ini nantinya akan ikut meningkatkan kesehatan jantung, karena tekanan darah tetap stabil.