Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

manfaat bawang merah untuk kesehatan

manfaat bawang merah untuk kesehatan

Bawang merah memiliki nama ilmiah Allium cepa. Bawang merah merupakan sejenis tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masakan di dunia khususnya di Asia Tenggara. Orang Jawa mengenal bawang merah sebagai brambang.

Bagian yang sering digunakan adalah umbi bawang merah, meskipun ada sebagian masakan yang menggunakan tangkai bunga serta daunnya sebagai bumbu penyedap masakan. Bawang merah diduga berasal dari daerah Asia Tengah serta Asia Tenggara.

Bawang merah memiliki banyak manfaat dalam bidang pengobatan. Orang Indian menggunakan bawang merah liar untuk mengobati penyakit pilek, asma, batuk serta untuk mengusir serangga. Sedangkan dalam ilmu pengobatan ala China, bawang merah digunakan dalam mengobati batuk, infeksi bakteri, sakit tenggorokan serta masalah gangguan pernapasan.

Bawang merah memiliki manfaat yang sangat fenomenal di dunia kedokteran karena memiliki kemampuan yang istimewa dalam hal mencegah kanker serta berbagai penyakit lain yang berbahaya. Bawang merah juga dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan yang ampuh dalam membasmi radikal bebas dalam tubuh.

Bawang merah juga dikenal sebagai jenis makanan yang padat nutrisi serta rendah lemak. Pilihlah bawang merah yang bersih, segar serta keras, karena berbagai nutrisinya masih terjaga dengan baik.

Selain mengandung antioksidan, bawang merah juga mengandung APDS atau allyl propyl di sulphide. APDS merupakan suatu senyawa yang berfungsi untuk menurunkan aktivitas gula darah sehingga dapat mengurangi bahaya komplikasi dari penyakit diabetes. APDS bekerja dengan cara meningkatkan metabolism hati dalam mencerna gula serta meningkatkan hormone insulin.

Bawang merah mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan kita, seperti vitamin B, C, karbohidrat, protein, air, serat, kalsium, dan protein.Selain itu, bawang merah juga banyak mengandung mineral, seperti riboflavin, thiamin, niacin, asam pantotenat, folat, zat besi, mangan, fosfor, sulfur serta magnesium.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, bawang merah tidak kalah dengan yang sama-sama ampuh dalam menangkal berbagai penyakit serta menjaga kesehatan tubuh.

Berbagai manfaat dari bawang merah untuk kesehatan, meliputi:

  • Pencegahan kanker

Bawang merah termasuk dalam keluarga sayuran allium yang sangat berhubungan dengan kanker, khususnya kanker lambung serta kanker kolorektal. Bawang merah kaya akan sulfur. Meskipun mekanisme serta cara kerja dari bawang merah dalam pencegahan kanker masih belum bisa diketahui secara pasti, namun dari beberapa penelitian telah diketahui bahwa bawang merah  mampu menghambat pertumbuhan kanker serta perubahan sel tubuh.

Bawang merah juga dipercaya sebagai sumber vitamin C yang bersifat antioksidan alami yang mampu membantu dalam hal memerangi terbentuknya radikal bebas sebagai penyebab kanker.

  • Mengendalikan kadar gula darah

Mengkonsumsi bawnag merah mampu mengurangi kadar gula darah berlebihan. Bawang merah mengandung APDS serta kromium yang mampu peningkatkan produksi insulin. Insulin merupakan hormone yang berfungsi untuk penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh.

  • Mencegah pembekuan darah

Bawang merah mengandung zat anti pembekuan darah. bawang merha yang juga kaya akan sulfur sangat berkhasiat dalam mencegah terjadinya pembekuan darah.

  • Membantu system pencernaan

Bawang merah mengandung serat pangan yang dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, bawang merah juga mengandung prebiotic yang merangsang pertumbuhan bakteri menguntungkan atau bakteri probiotik dalam system pencernaan.

  • Mengurangi alergi

Bawang merah juga kaya akan kandungan quercetin. Quercetin merupakan suatu senyawa yang bersifat antioksidan yang juga dikenal sebagai agen antiinflamasi serta agen antialergi.

  • Menjaga kesehatan otak
bawang merah segar

bawang merah segar

Bawang merah mengandung banyak vitamin B kompleks, seperti asam folat, asam pantotenat, piridoksin serta thiamin yang merupakan nutrisi penting dalam menjaga kesehatan otak serta mampu mencegah terjadinya gangguan neurologis.

  • Memperkuat tulang dan gigi

Bawnag merah mengandung banyak senyawa penting yang baik untuk memperkuat serta menjaga kepadatan tulang dan gigi, seperti kalsium, fosfor serta magnesium.

  • Memperkuat daya tahan tubuh

Bawang merah kaya akan vitamin C, quercetin serta mangan yang juga memiliki kemampuan dalam menyembuhkan demam serta influenza.

  • Mengurangi resiko hipertensi

Bawang merah mengandung senyawa yang disebut allicin. Allicin mampu menjaga kelenturan pembuluh darah untuk pempertahankan tekanan darah tetap dalam keadaan normal.

  • Mencegah kelebihan homosistein

Kandungan folat dalam bawng merah dapat mencegah kelebihan homosistein. Kelebihan homosistein akan mencegah darah serta nutrisi lain mencapai organ otak. Homosistein akan meningkatkan produksi hormone serotonin, norepinephrine serta dopamine, yang bekerja untuk mengatur mood, tidur serta nafsu makan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Berbagai kandungan dalam bawang merah mampu menurunkan kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Tekanan darah juga ikut terkendali serta mencegah terjadinya penyumbatan arteri, sehingga organ jantung menjadi tetap sehat.

  • Mengatasi perut kembung

Anak-anak mudah sekali masuk angin serta kembung. Untuk mengatasinya ambilah bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon maupun minyak kayu putih lalu balurkan kepusar anak anda.

  • Meredakan batuk

shallots--1Cuaca dingin mampu menyebabkan batuk pada anak-anak. Anda bisa menyembuhkan batuk pada anak dengan menggunakan parutan bawang merah dan tambahkan sedikit minyak telon. Balurkan parutan bawang merah dengan minyak telon tadi pada punggung anak anda, sambil diurut sedikit.

  • Antibakteri

Kandungan minyak dalam bawang merah mampu membunuh bakteri. Berbagai penyakit seperti radang pada torak maupun radang kerongkongan terkadang disebabkan oleh bakteri.  Selain itu, bawnag merah juga bisa membunuh bakteri penyebab difteri, disentri serta TBC. Cukup dengan cara menghirup aromanya atau mengkonsumsi bawang merah secara langsung.

  • Menghilangkan rasa perih pada luka

Ketika kita mengalami luka, seperti jatuh, pasti di bagian luka tadi akan terasa perih. Anda bisa mengurangi rasa perihnya dengan menggunakan bawang merah. Ambil bawang merah kemudian haluskan dan campur dengan air. Peras bawang merah halus tadi lalu gunakan untuk membersihkan luka.

  • Menyembuhkan cacingan

Ada cara yang alami untuk menyembuhkan cacingan pada anak. Potong bawang merah menjadi kecil-kecil lalu campur dengan air hangat dan simpan selama semalam. Beri sedikit madu lalu berikan pada anak anda. Cara seperti ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit cacingan pada anak-anak.

bawang merah cincang

bawang merah cincang

Meskipun bawang merah sangat baik untuk kesehatan, sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu berlebihan. Bawang merah dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang. Bawang merah maupun bawang putih dapat menyebabkan gas berlebihan serta kembung.

Mengkonsumsi bawang dalam keadaan mentah, mampu memperburuk mulas khususnya pada orang-orang yang mengidap penyakit maag kronis.

Mengkonsumsi bawang merah maupun bawang putih mampu mengganggu fungsi dari obat pengencer darah. Selain juga bawang merah juga mampu meningkatkan intoleransi makanan maupun alergi. Namun kasusnya jarang sekali terjadi.