Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan

manfaat bengkuang untuk kesehatan

manfaat bengkuang untuk kesehatan

Bengkuang memiliki nama ilmiah Pachyrhizus erosus. Bengkuang merupakan tanaman merambat tahunan yang dapat tumbuh di iklim tropis maupun di iklim semitropis.

Bengkuang adalah tanaman umbi-umbian yang banyak tumbuh di Asia Selatan, Asia Timur, Asia Pasifik, Amerika Selatan serta Amerika Tengah. Bengkuang merupakan makanan sumber protein serta banyak digunakan dalam industry makanan.

Umbi akar dari bengkuang sering digunakan sebagai sayuran atau bisa dikonsumsi secara langsung. Umbi bengkuang memiliki rasa yang renyah serta menyegarkan karena kandungan airnya cukup banyak. Di Indonesia sendiri, bengkuang biasnaya dimakan dalam bentuk mentah sebagai buah atau sebagai salah satu bahan rujak.

Tidak seperti umbi akar lainnya, seperti kentang maupun ubi jalar yang kulit umbinya bisa dimakan, kulit bengkuang tidak bisa dimakan.  Daging umbi bengkuang berwarna putih dan memiliki rasa yang manis. Ras amanis pada umbi bengkuang berasal dari senyawa oligosakarida yang disebut juga dengan nama inulin.

Bengkuang memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan kita. Berbagai nutrisi tersebut, seperti vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, lemak, karbohidrat, fosfor serta zat besi.

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang terkandung dalam bengkuang, maka kita bisa menggunakan bengkuang untuk menjaga kesehatan maupun mengobati penyakit, seperti:

  • Pengobatan biang keringat

Potong ubi jalar dengan bengkuang lalu diparut sampai halus. Tambahkan sedikit air pada parutan ubi jalar dengan bengkuang tadi lalu peraslah seperti membuat santan. Biarkan air perasan tadi selama beberapa menit sampai ampasnya mengendap. Lalu ambil endapan ampas tadi dan biarkan mengering. Setelah kering akan berbentuk seperti tepung, lalu balurkan pada bagian tubuh yang terkena biang keringat. Lakukanlah secara rutin setiap malam.

  • Mampu menghambat penuaan dini

Bengkuang memiliki senyawa isoflavon yang mampu menghambat penuaan dini, sama seperti kacang kedelai. Selain untuk menghambat penuaan dini, kandungan isoflavon dalam bengkuang juga dapat digunakan untuk mencegah kanker prostat bagi kaum pria.

  • Menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat

bengkuangBengkuang bisa menghilangkan noda hitam serta bekas jerawat di wajah. Caranya parutlah satu buah bengkuang atau di blender, kemudian gunakan parutan atau jus bengkuang untuk masker wajah.

  • Baik untuk tua dan muda

Bengkuang termasuk makanan yang rendah kalori, sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Selain itu bengkuang juga kaya akan serat dan antioksidan yang baik sekali untuk kesehatan.

  • Baik untuk pengidap diabetes

Bengkuang merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan serat. Bengkuang juga mengandung inulin yang merupakan jenis karbohidrat yang tidak mengandung kalori sama sekali. Maka dari itu, bengkuang merupakan sumber makanan yang manis namun baik untuk pengidap diabetes.

  • Mengandung vitamin C

Meskipun bengkuang memiliki rasa yang manis, namun bengkuang juga mengandung vitamin C yang penting bagi kesehatan kita. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat larut dalam air, yang nantinya akan membantu mengikat radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh kita. Mengkonsumsi bengkuang akan melindungi kita dari kanker, peradangan maupun berbagai penyakit karena virus.

  • Baik untuk orang yang mengidap maag

Bengkuang juga kaya akan senyawa alkali yang mampu menstabilkan kadar asam lambung. Sebaiknya konsumsi bengkuang dalam keadaan segar dan tidak dicampur dengan zat yang lain seperti sambal maupun garam, agar manfaatnya lebih optimal.

  • Baik untuk tulang dan gigi

Mengkonsumsi bengkuang akan sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bengkuang mengandung fosfor serta kalsium yang baik sekali untuk kesehatan tulang dan gigi.

  • Mengobati sariawan serta mengurangi kolesterol

Kandungan vitamin C dalam bengkuang mampu menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan serta menjauhkan kita dari masalah seperti sariawan yang mengganggu. Umumnya anak-anak mudah sekali terserang sariawan karena kekurangan vitamin C. Selain itu bengkuang juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh kita.

  • Menjaga system pencernaan
buah bengkuang

buah bengkuang

Inulin dalam bengkuang memiliki sifat sebagai serat makanan. Serat sangat penting sekali untuk memperlancar fungsi usus serta menjaga kesehatan system pencernaan dalam tubuh kita. Inulin mampu memperlancar kerja organ pencernaan serta mencegah sembelit.

  • Mencegah beri-beri

Penyakit beri-beri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh karena kurangnya asupan vitamin B1.  Bengkuang merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin B1. Jadi dengan mengkonsumsi bengkuang maka akan menjauhkan anda dari penyakit beri-beri.

  • Mencegah wasir

Kandungan serat dalam bengkuang sangat baik sekali bagi organ pencernaan. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk segar, mengkonsumsi jus bengkuang dipercaya mampu mencegah terjadinya wasir. Bahkan mengkonsumsi jus bengkuang juga mampu mengobati wasir.

  • Menurunkan demam

Dalam metode pengobatan ala China, bengkuang dipercaya memiliki sifat mendinginkan sehingga dapat digunakan untuk menurunkan demam tinggi. Minum jus bengkuang setiap pagi dan sore hari bila anda atau anak anda atau anggota keluarga anda mengalami demam.