Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Pamelo Untuk Kesehatan

manfaat pamelo untuk kesehatan

manfaat pamelo untuk kesehatan

Buah pamelo atau yang lebih dikenal dengan nama jeruk bali memiliki nama ilmiah Citrus maxima. Pamelo sendiri memiliki ciri khas, yaitu berukuran besar, memiliki rasa yang segar, serta tahan lama saat disimpan.

Sebenarnya buah ini tidak ada hubungan apa-apa dengan pulau Bali, maka dari itu menteri pertanian Indonesia menyarankan agar buah ini diberi nama Pamelo. Umumnya pamelo memiliki kulit yang berwarna hijau sampai kekuningan dengan daging buah yang memiliki warna bervariasi, seperti putih, kuning, putih kemerahan, merah, sampai merah tua. Selain itu, buah pamelo memiliki banyak air serta bijinya cenderung sedikit.

Buah pamelo sangat baik untuk kesehatan karena memiliki banyak vitamin dan mineral yang penting sekali untuk menunjang kesehatan.  Pamelo mengandung vitamin A, B1, B2, B6 serta vitamin C. sedangkan kandungan mineralnya meliputi kalsium, magnesium, fosfor, potassium, kalium serta zat besi. Selain kaya akan vitamin dan mineral, bauh pamelo juga mengandung banyak senyawa pectin, flavonoid serta likopen.

Tinggi kandungan vitamin C dalam buah pamelo menjadikan buah ini sebagai sumber antioksidan alami untuk tubuh. Sedangkan kandungan kalium serta bioflavonoid yang tinggi dalam buah pamelo membuat buah ini baik untuk mencegah berbagai macam kanker khususnya kanker prostat.

Menkonsumsi buah pamelo akan sangat baik untuk kesehatan, seperti:

  • Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih karena serangan bakteri dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi buah pamelo. Infeksi saluran kemih dapat mengganggu fungsi saluran kemih serta menganggu kelancaran urin. Infeksi saluran kemih sering dialami oleh ibu hamil. Vitamin C yang terkandung dalam buah pamelo akan ikut meningkatkan kadar asma dalam urin serta mengurangi perkembangan bakteri dalam saluran kemih.

  • Mempercepat proses penyembuhan

Mengkonsumsi buah pamelo akan mempercepat proses penyembuhan serta memeprkuat jaringan kulit yang terluka dengan cara menggantikan jaringan yang telah mati dengan jaringan yang sehat. Berbagai enzim dalam buah pamelo akan mempercepat pembentukan kolagen, yaitu suatu protein yang membentengi kulit serta mempercepat penyembuhan luka.

  • Menyehatkan gusi
buah pomelo

buah pomelo

Gusi yang longgar serta pendarahan pada gusi merupakan gejala kekurangan vitamin C. Kolagen tidak hanya berguna untuk kulit saja, namun juga penting artinya bagi kesehatan gusi dan gigi. Mengkonsumsi buah pamelo akan memperkuat gusi serta mencegah masalah pada gusi.

  • Menjaga kesehatan jantung

Buah pamelo memiliki kandungan kalium yang tinggi serta vitamin C yang nantinya akan ikut berperan dalam mendukung kesehatan organ jantung. Kalium juga ikut menjaga tekanan darah. dengan banyaknya senyawa pectin dalam buah pamelo, maka mengkonsumsi jus pamelo akan ikut membersihkan penumpukan lemak pada arteri atau arteriosclerosis. Pamelo juga ikut berperan dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Mencegah anemia

Tanpa kita sadari, vitamin C ternyata juga ikut berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia atau kurangnya darah dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C akan ikut berperan dalam mencegah berkurangnya zat besi serta meningkatkan peredaran darah.

  • Mencegah penyakit flu

Mengkonsumsi buah pamelo segar maupun jus pamelo akan mencegah terjadinya penumpukan racun serta sel radikal bebas dalam tubuh kita. Terlalu banyak radikal bebas akan menyebabkan berbagai penyakit, seperti flu, batuk, asma, alergi serta infeksi bakteri. Vitamin C merupakan vitamin yang mampu merangsang antibody serta sel-sel kekebalan tubuh untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri maupun virus penyebab flu.

  • Mencegah kanker

Kulit buah pamelo yang berwarna putih mengandung bioflavonoid  yang mampu mencegah dan memerangi sel kanker, seperti kanker usus, kanker pancreas serta kanker payudara. Hal seperti ini akan mencegah penyebaran sel kanker serta mencegah terjadinya kelebihan esterogen. Selain itu, kulit buah pamelo yang berwarna putih juga kaya akan serat sehingga dapat mencegah terjadinya kanker kolon.

  • Mencegah penuaan dini
jus pamelo

jus pamelo

Seperti buah jeruk yang lainnya, pamelo mengandung spermadine yang nantinya akan ikut melindungi sel dari proses yang berkaitan dengan penuaan serta kerusakan sel. Hal seperti ini akan mengurangi keriput serta berbagai tanda penuaan dini lainnya, sehingga kulit menjadi tampak lebih muda serta lebih elastis.

  • Menjaga berat badan

Serat sangat penting artinya untuk menurunkan berat badan. Makanan yang kaya akan serat akan membuat perut kita lebih cepat kenyang serta mengurangi rasa lapar. Serat juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dikunyah serta mengurangi resiko makan lebih banyak. Pamelo juga ikut membantu membakar lemak, mengurangi pati serta gula dalam tubuh.

  • Mencegah osteoporosis

Osteoporosis mampu mempengaruhi bentuk tubuh, gerakan tubuh serta fleksibilitas tubuh. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium akan mendorong pertumbuhan tulang yang baru. Buah pamelo juga mampu meningkatkan kesehatan tulang serta mengurangi potensi terjadinya kerapuhan tulang.

  • Membantu sistem pencernaan

Kandungan vitamin C dalam buah pamelo juga ikut berperan dalam meningkatkan system pencernaan. Meskipun buah pamelo kaya akan asam askorbat, namun justru menghasilkan reaksi alkali saat dicerna. Pamelo juga kaya akan serat pangan yang akan membantu dalam hal menjaga kesehatan usus serta mencegah wasir.

  • Mengurangi kelelahan adrenal

Mengkonsumsi pamelo juga dapat mengurangi kelelahan adrenal, yaitu suatu kondisi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut baik pada wanita maupun pria. Kelenjar adrenal diperlukan untuk menjaga keseimbangan hormone dalam tubuh serta ikut membantu proses pertumbuhan rambut.