Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

manfaat pepaya untuk kesehatan

manfaat pepaya untuk kesehatan

Pepaya memiliki nama ilmiah Carica pepaya dan termasuk dalam keluarga Caricaceae. Pepaya sebenarnya berasal di Meksiko, namun sekarang sudah banyak tersebar dan dibudidayakan di mana-mana termasuk di Indonesia.

Buah pepaya yang sudah matang berwarna merah ada juga yang berwarna orange. Buah pepaya memiliki rasa yang manis serta banyak mengandung air.

Buah pepaya termasuk buah yang mudah didapat serta harganya relative murah. Meskipun harganya relative terjangkau, namun buah pepaya sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Pepaya rendah lemak serta tidak mengandung kolesterol, namun ada begitu banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Pepaya mengandung karbohidrat dan juga serat yang baik untuk menjaga kesehatan system pencernaan.

Pepaya banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E serta vitamin K. Selain itu pepaya juga mengandung banyak mineral penting, seperti kalsium, zat besi, fosfor, magnesium serta zinc. Nurisi lain yang juga terkanding dalam pepaya, meliputi kalium, betakaroten, beta crypto-xanthin serta lutein.

Dengan adanya begitu banyak vitamin, mineral serta nutrisi lain yang penting bagi tubuh kita, maka mengkonsumsi pepaya akan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi pepaya, meliputi:

  • Mencegah gangguan pencernaan

Pepaya banyak mengandung enzim yang bernama papain dan juga serat yang nantinya akan membantu mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan, seperti masalah pada lambung, susah buang air besar bahkan mampu mencegah terjadinya wasir.  Dalam sebuah penelitian terhadap pepaya, ternyata kandungan papain dalam pepaya mampu membunuh parasite yang menganggukerja system pencernaan dalam usus.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan adanya kandungan vitamin C dalam pepaya, maka mengkonsumsi pepaya akan memperbaiki serta meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, maka tubuh kita akan terhindar dari serangan penyakit, seperti flu, batuk, pilek bahkan kanker. selain itu, pepaya juga mengandung betakaroten yang nantinya juga ikut perperan dalam meningkatkan system kekebalan tubuh.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Kita sering membuang biji pepaya ketika mengupas serta akan mengkonsumsi pepaya. Ternyata, biji pepaya juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan. Biji pepaya disinyalir mengandung nutrisi seperti flavonoid serta phenotic. Kedua nutrisi tersebut merupakan zat aktif yang ikut berperan dalam menjaga kesehatan ginjal.  Caranya ambil biji pepaya, kemudian keringkan. Setelah kering lalu ditumbuk hingga halus kemudian diminum. Bisa juga dengan memakan langsung biji pepaya.

  • Mencegah serangan jantung maupun stroke
buah pepaya

buah pepaya

Pepaya kaya akan antioksidan yang mampu mencegah tejadinya oksidasi kolesterol serta mampu menurunkan resiko terjadi berbagai penyakit kardivaskular seperti serangan jantung maupun stroke.

  • Mencegah hipertensi

Pepaya kaya akan kandungan kalium yang sangat baik untuk mengontrol kadar natrium dalam tubuh. Dengan kadar natrium yang selalu terkontrol, maka tekanan darah akan tetap terjaga dan terhindar dari terjadinya hipertensi. Selain mencegah terjadinya hipertensi, kalium juga mampu meningkatkan kewaspadaan mental.

  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Karena tingginya akndungan vitamin C dalam buah pepaya, maka buah pepaya bisa digunakan untuk memeprcepat proses penyembuhan luka. Ambil daging pepaya yang sudah matang lalu oleskan pada bagian yang terluka. Selain mempercepat proses penyembuhan, cara seperti ini juga dapat mencegah timbulnya infeksi.

  • Menjaga kesehatan mata

Bila anda merasa memiliki masalah dengan mata anda, cobalah untuk mengkonsumsi pepaya secara rutin. Buah pepaya mengandung betakaroten yang nantinya akan dirubah menjadi vitamin A. vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

  • Mencegah kanker usus

Serat dalam buah pepaya mampu mengikat berbagai racun dalam usus besar serta mengeluarkannya melalui kotoran. Dengan begitu, mengkonsumsi buah pepaya akan membuat usus besar tetap dalam kondisi sehat. Usus besar yang sehat akan membuat anda terhindari dari penyakit kanker usus.

  • Mencegah penuaan dini
jus pepaya, jambu dan jeruk

jus pepaya, jambu dan jeruk

Pepaya mengandung vitamin A, C dan E yang merupakan zat antioksidan alami yang memiliki memampuan dalam menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, baik itu masalah kesehatan tubuh maupun masalah kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi pepaya, maka kesehatan kulit anda juga ikut terjaga, sehingga anda akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, seperti flek hitam, keriput maupun masalah seperti kulit kering.

  • Memiliki efek menenangkan

Pepaya uga mengandung enzim arginine yang mampu memperlancar peredaran darah keseluruh tubuh. Arginine juga ikut mendorong asam nitrat untuk membuat otot-otot dalam tubuh menjadi lebih tenang, sehingga peredaran darah menjadi semakin lancar.

  • Antiinflamasi

Kandungan papain maupun chymopapain yang ada dalam buah pepaya mampu meredakan inflamasi atau peradangan.