Kandungan Serta Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

pisang

pisang

Pisang yang memiliki nama ilmiah Musa paradisiaca, merupakan buah yang sangat populer di masyarakat. Selain mudah untuk didapat, pisang juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Pisang adalah buah dari pohon jenis Terna atau pohon yang batangnya tidak berkayu dan lunak dari suku Musaceae. Buah dari pohon ini tampak dalam bentuk sisir yang setiap sisirnya terdiri dari 10 atau 20 buah pisang.

Buah pisang merupakan buah yang memiliki banyak nutrisi yang hampir sempurna karena mengandung air, gula lemak, protein, vitamin seta mineral. Dengan tingginya nilai nutrisi yang dimiliki oleh buah pisang, maka buah pisang menjadi jenis makanan yang penting bagi banyak orang.

Konon, buah pisang berasal dari asia tenggara yang akhirnya menyebar ke benua bagian barat. Dan Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil pisang terbanyak di dunia

buah pisang

buah pisang

Hampir semua jenis pisang memiliki warna kulit yang kuning ketika sudah matang, walaupun ada beberapa yang berwarna jingga, hijau, merah, ungu maupun hitam. Buah pisang merupakan sumber karbohidrat serta mineral seperti kalium.

Berdasarkan cara konsumsi buahnya, pisang dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu pisang meja serta pisang olahan. Pisang meja adalah pisang yang bisa dikonsumsi dalam bentung segar setelah buahnya matang, seperti pisang raja, pisang susu, pisang seribu serta sunripe. Sedangkan pisang olahan adalah pisang yang harus diolah dulu seperti digorengm dibakar, direbus maupun dikolak. Jenis pisang olahan adalah pisang kepok, pisang kapas, pisang tanduk serta pisang uli.

Selain diolah dengan cara digoreng maupun direbus, pisang olahan juga bisa diolah menjadi berbagai macam produk seperti kue, sale dan bahkan arak seperti yang ada di Amerika Latin.

carblovers-banana-400x400

manfaat buah pisang untuk kesehatan

Selain memberikan banyak nutrisi yang lebih tinggi dari buah apel, buah pisang mampu menyediakan cadangan energi dengan cepat jika dibutuhkan. Termasuk ketika organ otak mengalami keletihan. Ada juga berbagai jenis makanan ringan yang terbuat dari pisang, sepeti pisang sale, pisang molen, kripik pisang maupun epe.

Di dalam buah pisang terkandung berbagai macam mineral yang penting untuk tubuh kita, seperti magnesium, kalium, fosfor, kalsium dan juga besi. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin, seperti vitamin A, B6, B kompleks, C serta serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi organ otak.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang, maka buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Ada begitu banyak manfaat yang kita peroleh dengan cara mengkonsumsi buah pisang, meliputi:

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Buah pisang mengandung vitamin A, B serta vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga dengan mengkonsumsi uah pisang secara rutin akan mencegah munculnya berbagai jenis penyakit.

  • Mencegah hipertensi

Kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang memiliki kemampuan untuk mengatur keseimbangan cairan serta elektrolit dalam tubuh sehingga tekanan darah jadi lebih terkendali. Selain itu kandungan seratnya juta mampu mengikat lemak serta mencegah terjadinya timbunan plak pada pembuluh darah yang mengakibatkan hipertensi.

  • Mencegah penyakit jantung

Vitamin C serta flavonoid dalam buah pisang bersidat sebagai antioksidan yang dapat mencegah oksidasi lemak yang menyebabkan penyakit jantung. Kalium juga merupakan tonik yang bagi bagi organ jantung. Serta pektin juga ikut berperan dalam menurunkan kolesterol sehingga kita terhindar dari penyakit jantung.

  • Menjaga kesehatan janin

Ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang karena buah pisang mengandung asam folat yang mudah diserap oleh janin. Asam folat sangat dibutuhkan untuk kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru serta mencegah terjadinya cacat bawaan pada janin tersebut nantinya. Selain itu, mengkonsumsi buah pisang saat masa kemilan juga dapat mengurangi morning sick atau muntah-muntah di pagi hari yang biasa terjadi pada ibu-ibu yang sedang hamil.

  • Mengatasi kurang darah

Kondisi kurang darah atau anemia disebabkan oleh kurangnya zat besi. Buah pisang mengandung zat besi yang baik untuk mengatasi kurang darah. Dengan mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari secara rutin, maka anda akan terbebas dari masalah kurang darah.

  • Mencegah gangguan pencernaan

Pisang memiliki sifat antasida serta mudah untuk dicerna sehingga baik untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit gangguan asam lambung. Penelitian terhadap hewan percobaan di Inggris telah menemukan bahwa hewan yang diberi makan berupa buah pisang memiliki dinding lambung yang lebih kuat. Dalam hal ini, pilihlah pisang yang rasanya manis seperti pisang raja. Serat yang terdpaat pada pisang  raja dapat melancarkan buang air besar. Citamin B6 yang terkandung dalam buah pisang juga baik untuk meredakan gejala diare.

  • Mengurangi berat badan

Karbohidrat kompleks yang terdapat pada buah pisang tidak akan menaikkan kadar gula dalam tubuh secara drastis. Selain itu juga rendah lemak sehingga aman untuk dikonsumsi dalam hal mengurangi berat badan. Pisang yang langsung dimakan tanpa diolah menjadi pisang goreng, kolak dan lain sebagainya dapat mengurangi berat badan. Serat dalam buah pisang jugaa ikut berperan dalam mengurangi berat badan berlebihan.

2 comments for “Kandungan Serta Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

  1. Pingback: Julian
  2. Pingback: ricky

Comments are closed.