Kebaikan Dan Keburukan Terlalu Sering Minum Air Perasan Lemon

lemon

lemon

Lemon biasanya sering digunakan sebagai hiasan pada sebuah minuman. Hiasan minuman berupa irisan lemon akan lebih baik bila diperas ke dalam minuman yang anda pesan. Ada beberapa jenis penyakit tertentu yang bisa diobati dengan kandungan vitamin maupun mineral yang terdapat pada air perasan lemon.

Selain itu, lemon juga memiliki efek antiseptik yang berguna untuk membersihkan organ-organ dalam tubuh kita dari serangan berbagai macam mikroba maupun radikal bebas.

Bila anda mulai merasa bosan untuk minum yang itu-itu saja, anda bisa mencoba untuk minum air perasan lemon yang dicampur dengan air hangat. Selain memiliki rasa yang lebih segar, air lemon akan ikut membantu dalam menjaga kesehatan tubuh anda.

air lemon

air lemon

Seperti yang kita ketahui bersama, air putih merupakan minuman yang paling baik untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Namun, jika anda menginginkan sesuatu yang berbeda serta lebih menguntungkan, air lemon bisa jadi sebuah pilihan yang sempurna.

Namun, sebaiknya gunakan air perasan yang berasal dari lemon segar. Air perasan lemon yang sudah melewati proses pasteurisasi atau proses pengemasan tidak memiliki khasiat yang baik untuk tubuh kita. Maka dari itu, hindari menggunakan air lemon dalam bentuk kemasan atau minuman sari lemon dalam kemasan.

Berbagai manfaat dari air perasan lemon yang masih segar untuk kesehtan tubuh kita, meliputi:

  • Membersihkan tubuh

Seorang pakar kesehatan bernama Jethro Kloss dalam bukunya yang berjudul ” Back to Eden” menjelaskan secara terperinci bahwa perasan air lemon sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Menurutnya, air perasan lemon dpat mencegah terjadinya penumpukan bakteri dalam tubuh. Dengan begitu, air perasan lemon juga memiliki kemampuan untuk menjaga tubuh kita dari serangan penyakit serta membersihkan semua racun yang terdapat di dalam tubuh kita.

Selain itu, Dr. Gillian McKeith juga menyatakan bahwa mengkonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan air perasan lemon setiap pagi secara rutin akan membersihkan berbagai lendir dalam tubuh kita. Untuk hasil yang lebih baik, sebelum tidur kita juga perlu melakukan hal yang sama, yaitu mengkonsumsi air hangat yang dicampur dengan air lemon.

  • Membantu sistem pencernaan

Air perasan lemon memiliki kemampuan untuk meredakan berbagai gangguan pencernaan, seperti mulas, kram perut maupun kembung. Mengkonsumsi air perasan lemon secara rutin akan membersihkan usus serta mencegah terjadinya sembelit maupun diare. Bahkan, satu sendok teh air perasan lemon yang dicampur dalam setengah gelas air dapat meredakan mulas. Sebaiknya gunakan air hangat.

Menurut Ann Heustad dalam sebuah artikel yang berjudul The Amazing Health Benefits of Drinking Lemon Water, air perasan dari 3 sampai 4 buah lemon dapat menghilangkan rasa sakit serta darah yang berlebih ketika menstruasi.

  • Merangsang kerja organ hati
air lemon dan limau

air lemon dan limau

Air perasan lemon dapat membantu melarutkan asam urat serta berbagai macam racun dalam organ hati. Air lemon juga dapat meluruhkan batu empedu serta meringankan gejala demam karena malaria.

Dengan tingginya kandungan kalium dalam air perasan lemon, maka akan sangat membantu dalam menyembuhkan penyakit biliousness, yaitu suatu penyakit berupa gangguan pada organ hati yang menyebabkan rasa pusing, muntah, sembelit serta berkurangnya nafsu makan.

  • Menjaga kesehatan kulit

Air dapat membantu kita dalam proses membuang racun. Vitamin C yang terkandung dalam air perasan lemon akan membatu proses pengeluaran racun yang ada dalam tubuh serta dapat mengurangi kerutan pada wajah.

  • Menstabilkan pH tubuh

Rasa air perasan lemon sangat asam bila kita minum secara langsung. Bila kita campur dengan air hangat, maka rasa asamnya akan berkurang. Dengan mengkonsumsi air perasan lemon maka pH dalam tubuh kita akan tetap stabil. Tubuh yng memiliki pH stabil akan mencegah kita terserang berbagai macam virus maupun bakteri jahat.

  • Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi air perasan lemon juga dapat menurunkan berat badan yang berlebih. Dengan mengkonsumsi air perasan lemon secara rutin, maka metabolisme dalam tubuh kita akan semakin meningkat. Dengan sistem metabolisme yang baik, maka penyerapan vitamin dan mineral serta proses pengeluaran toksin menjadi lebih optimal.

  • Membuat napas lebih segar

Salah satu keuntungan lain yang bisa anda dapat dari minum air perasan lemon adalah membuat napas lebih segar. Cobalah untuk minum segelas air perasan lemon yang sudah dicampur dengan air hangat setelah anda makan maupun setelah merokok. Setelah makan maupun setelah merokok akan membuat mulut anda menjadi kering sehingga membuat napas menjadi asam. Untuk mengurangi bau napas yang tak sedap anda bisa mengkonsumsi air perasan lemon.

  • Meningkatkan kerja otak

lemon-wayerAir perasan lemon mengandung kalium yang baik sekali untuk tubuh kita. Kadar kalium yang rendah dalam tubuh akan menyebabkan lupa, depresi serta fungsi otak menjadi lemah. Jadi dengan mengkonsumsi air perasan lemon secara rutin setiap hari akan ikut membantu dalam meningkatkan kerja otak.

  • Mencegah masalah pernapasan

Bila anda mengalami gangguan pernapasan seperti asma maupun infeksi, air perasan lemon akan sangat baik untuk anda. Air lemon bersifat antibakteri serta dapat membantu dalam mencegah infeksi dada dan juga dapat mengurangi batuk.  Air lemon juga merupakan obat alami anti alergi.

Namun, selain memiliki banyak kebaikan, air perasan lemon juga bisa berakibat buruk pada kesehatan. Seperti yang kita ketahui bersama, apapun yang menyehatkan akan dapat berakibat buruk pada kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Mengkonsumsi air perasan lemon baik sekali untuk menjaga tubuh kita tetap sehat, namun sebaiknya jangan mengkonsumsi air perasan lemon terlalu berlebihan.

Ada berbagai macam keburukan yang disebabkan karena mengkonsumsi air perasan lemon terlalu berlebihan.

  • Kerusakan gigi

Air perasan lemon memiliki rasa asam. Kontak antara gigi dengan rasa asam dalam jangka waktu yang lama akan membuat lapisan gigi mengalami kerusakan serta dapat membuat gigi menjdi semakin sensitif, khususnya jika mengkonsumsi sesiatu yang dingin maupun panas. Untuk mencegah kerusakan gigi, anda bisa mencoba untuk minum air perasan lemon dengan menggunakan sedotan, sehingga dapat mengurangi kontak langsung antara air perasan lemon dengan gigi.

  • Meningkatkan asam lambung

Mengkonsumsi air perasan lemon secara berlebihan dapat meningkatkan asam lambung. Asam lambung umumnya ditandai dengan adanya rasa panas seperti terbakar pada bagian dada karena asam lambung yang naik menuju ke kerongkongan.

  • Sering buang air kecil serta dehidrasi

Air perasan lemon juga memiliki efek diuretik atau melancarkan air seni. Lemon, mengandung vitamin C dosis tinggi yang biasa disebut asam askorbat. Asam askorbat akan meningkatkan produksi urin dalam organ ginjal sehingga membuat anda merasa selalu ingin buang air kecil. Karena anda terlalu sering buang air kecil, maka pada akhirnya anda akan mengalami dehidrasi atau kehabisan cairan dalam tubuh.

1 comment for “Kebaikan Dan Keburukan Terlalu Sering Minum Air Perasan Lemon

  1. Pingback: herman

Comments are closed.